Frekuensi GTV Terbaru

Inilah Frekuensi GTV Terbaru Digital Satelit 2020

Sponsor

Frekuensi GTV terbaru pada satelit bisa kamu tonton dengan memakai perangkat antena parabola, beserta set top box rekomendasi.

Apakah kamu sedang mencari channel GTV? Mungkin sebagian pemirsa yang memasang parabola di rumah, sudah tidak dapat menonton stasiun televisi GTV lagi. Hal ini terjadi karena siaran ini sudah beralih dari FTA ke FTV.

Free To View sendiri merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk transmisi audio dan video yang dienkripsi. Sehingga hanya bisa di buka melalui modul receiver khusus dari pihak provider.

Jadi, tidak heran jika GTV sudah menghilang dari siaran televisi gratis di satelit. Nah, kamu masih bisa mendapat channel GTV bebas biaya bulanan, melalui parabola dengan STB K-Vision atau Nex Parabola. Yuk, simak penjelasannya.

Tentang GTV

Tentang GTV

GTV singkatan dari Global Televisi, merupakan salah satu stasiun televisi swasta nasional yang populer. Secara resmi mengudara pada bulan Oktober tahun 2001 dan langsung On Air selama 24 jam non stop.

Channel ini hadir di hadapan pemirsa Indonesia dengan target penonton di kalangan yang berjiwa muda seperti anak- anak, remaja dan keluarga di rumah.

GTV mempunyai visi menjadi stasiun televisi nasional yang berkelas dan layak di tonton bagi seluruh anggota keluarga. Dengan menghadirkan program - program yang memperhatikan keseimbangan antara faktor bisnis dan tanggung jawab sosial.

Mulai pada bulan juli tahun 2019, GTV menghentikan tayangan gratis untuk pengguna tv satelit, bersama dengan stasiun televisi lain yang bernaung dalam MNC Group yaitu RCTI dan MNC TV.

Acara Unggulan GTV

Acara Unggulan GTV

Tahukah kamu, GTV sebenarnya identik dengan acara kartun Spongebob dan Naruto, yang banyak digemari oleh anak - anak maupun para remaja. Selain itu, masih ada beberapa program unggulan yang bisa menemani keseharian keluarga di rumah.

Bunda biasanya hobi menonton Bedah Rumah dan Uang Kaget, sebuah acara yang sejalan dengan visi GTV ( keseimbangan antara bisnis dan tanggung jawab sosial ).

Berikut beberapa acara unggulan GTV :

  • Anak, berisi program khusus kartun untuk anak dan remaja seperti Spongebob Squarepants, Blaze & The Monster Machine, dan Naruto.
  • Hiburan, berupa acara hiburan untuk mengisi waktu luang keluarga seperti Take Me Out Indonesia, Super Deal Indonesia, The Great Magician, Konon Katanya dan Lebih Syantik.
  • Berita, berisi siaran informasi dan infotainment seperti Buletin Inews, Travel Addict, dan Obsesi.
  • Reality Show, tayangan realitas yang di kemas secara berbeda seperti Uang Kaget, Studio Impian Guru, Si Kecil Tangguh, Bedah Rumah Baru.

Frekuensi GTV Satelit

Frekuensi GTV Satelit

Frekuensi GTV terbaru pada jaringan satelit parabola terbagi menjadi dua yaitu jalur C Band ( biasanya memakai parabola besar tipe jaring atau solid ) dan Ku Band ( sinyal sudah dapat diperoleh hanya dengan antena parabola mini ).

Provider yang bisa kamu pilih untuk menonton GTV diantaranya K Vision dan Nex Parabola. Harga perangkat receiver beda tipis, tinggal jumlah channel nya saja berbeda. Silahkan kamu tentukan sendiri.

Berikut daftar frekuensi GTV yang bersifat Free To View :

ProviderK Vision
SpektrumC Band
SatelitPalapa D
Koordinat113.0 E
Frekuensi3600
PolaritasV
Simbol Rate31000
SistemMPEG 4
KualitasSD
TipeFree To View
JenisParabola Besar

ProviderNusantara HD
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi3934
PolaritasV
Simbol Rate10000
SistemMPEG 4
KualitasSD
TipeFree To View
JenisParabola Besar

ProviderK Vision
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4060
PolaritasV
Simbol Rate31000
SistemMPEG 4
KualitasSD
TipeFree To View
JenisParabola Besar

ProviderNex Parabola
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4180
PolaritasV
Simbol Rate29800
SistemMPEG 4
KualitasSD
TipeFree To View
JenisParabola Besar

ProviderNex Parabola
SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
Frekuensi11921
PolaritasV
Simbol Rate45000
SistemMPEG 4
KualitasSD
TipeFree To View
JenisParabola Mini

ProviderK Vision
SpektrumKu Band
SatelitMeasat 3a
Koordinat91.4 E
Frekuensi12436
PolaritasH
Simbol Rate31000
SistemMPEG 4
KualitasSD
TipeFree To View
JenisParabola Mini

Frekuensi GTV UHF

Frekuensi GTV UHF

Channel GTV juga dapat kamu saksikan pada kanal UHF analog dan digital. Siaran terestrial digital ini dapat diperoleh melalui tambahan perangkat berupa Set Top Box DVB-T2.

Sambungkan kabel antena UHF ke dalam STB DVB-T2, kemudian hubungkan dengan televisi di rumah. Siaran digital yang jernih siap kamu nikmati. Pastikan daerah tempat tinggalmu sudah tercover.

Berikut daftar frekuensi GTV pada kanal UHF :

  • Ambon - 51 UHF
  • Aceh - 26 UHF
  • Batam - 57 UHF
  • Bandung - 46 UHF
  • Balikpapan - 50 UHF
  • Banjarmasin - 28 UHF
  • Bengkulu - 55 UHF
  • Cirebon - 21 UHF
  • Denpasar - 47 UHF
  • Gorontal - 60 UHF
  • Garut - 46 UHF
  • Jambi - 31 UHF
  • Jember - 23 UHF
  • Jakarta - 51 UHF
  • Jayapura - 36 UHF
  • Kendari 57 UHF
  • Kediri - 42 UHF
  • Kupang - 46 UHF
  • Lampung - 38 UHF
  • Lhokseumawe - 58 UHF

Mengatasi Sinyal GTV Hilang

SInyal GTV Hilang

Hilangnya sinyal GTV dari frekuensi satelit FTA sempat menimbulkan pertanyaan bagi para penggemar channel ini. Namun, pada akhirnya diketahui bahwa jalur siaran telah beralih ke Free To View.

Frekuensi GTV yang hilang dapat di sebabkan oleh beberapa hal seperti faktor cuaca, perubahan transporder dan perangkat STB. Nah, kamu masih bisa mengatasinya dengan beberapa cara sebagai berikut.

Ganti STB Rekomendasi

Langkah pertama untuk mengatasi sinyal GTV yang hilang ialah dengan mengganti receiver lama ke STB Rekomendasi. Kamu bisa memilih antara K Vision dan Nex Parabola serta Nusantara HD.

Masing - masing provider memiliki kekurangan dan kelebihan, serta jumlah channel yang di peroleh. Untuk Nusantara HD bisa dibilang Pay TV karena hanya gratis 1 tahun saja.

Scan Ulang Set Top Box

Kamu sudah membeli STB rekomendasi namun sinyal tetap hilang, bisa saja hal ini terjadi karena adanya perubahan transporder. Kamu cukup hapus semua channel yang ada, kemudian scan ulang receiver hingga selesai.

Nah, dengan demikian GTV akan muncul kembali dan bisa di tonton oleh keluarga di rumah.

Putar Dish Parabola

Cuaca ektrim seperti angin kencang disertai hujan lebat terkadang bisa membuat posisi dish parabola mini bergeser. Apalagi jika kuncian baut nya kurang pas. Oleh karena itu, lakukan tracking ulang dengan memutar parabola hingga kembali ke posisi semula.

Sudahakan sinyal yang diperoleh berada pada titik stabil, untuk parabola mini harus tercapai minimal 60%, di bawah itu gambar dan suara akan macet.

Channel Lain Yang FTA

Channel FTA Alternatif

Memang, tidak semua pemirsa di rumah sudah memasang Set Top Box Rekomendasi dari provider yaitu K Vision dan Nex Parabola. Oleh karena itu, kita harus mencari channel alternatif yang bersifat Free To Air.

Program acara pada siaran televisi FTA juga tidak kalah menarik dengan channel FTV. Satu hal yang pasti, kita bisa menonton nya secara gratis.

Berikut beberapa channel FTA rekomendasi saya :

  • ANTV - Andalas Televisi
  • RTV - Rajawali Televisi
  • Trans TV - Televisi Transformasi Indonesia
  • Trans 7 - Satu grup dengan Trans Media
  • Net TV - News and Entertaintment
  • Spacetoon - channel anak yang ada di satelit Palapa D dan Ses 9

Tanya Jawab

Frekuensi GTV ada di Satelit apa?

Channel GTV pada saat ini hanya dapat di saksikan melalui provider pay tv Transvision dan Nusantara HD. Ada juga televisi satelit bebas biaya bulanan Nex Parabola dan K Vision. GTV mengudara pada satelit Palapa D, Measat 3a dan Ses 9.

Berapa Frekuensi GTV C Band 2020?

Berikut daftar frekuensi GTV C Band dengan memakai STB Rekomendasi:
Palapa D - 3600 V 31000 STB K Vision
Palapa D - 4140 V 29900 STB Nex Parabola

Berapa Frekuensi GTV Ku Band 2020?

Berikut daftar frekuensi GTV Ku Band dengan memakai STB Rekomendasi :

Ses 9 - 11921 V 45000 STB Nex Parabola
Measat 3a - 12436 H 31000 STB K Vision

Kenapa Sinyal GTV Hilang?

Hilangnya sinyal GTV dapat dipengaruhi oleh bebrapa hal seperti perubahan frekuensi dari FTA ke FTV, kondisi cuaca mendung atau hujan untuk jalur Ku Band, posisi dish parabola yang bergeser, adanya kerusakan pada salah satu perangkat antena dan gangguan resmi dari pihak provider.

Kesimpulan Channel GTV

Global TV yang berubah nama menjadi GTV hadir pada frekuensi ter-enkripsi, dimana hanya bisa dilihat melalui perangkat receiver rekomendasi provider atau kanal UHF saja. Kamu perlu membeli satu set parabola mini atau besar dengan STB rekomendasi dari K Vision atau Nex Parabola.

Catatan : Daftar frekuensi GTV yang sudah saya jelaskan diatas sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Selain itu, GTV hanya dapat dilihat lewat jalur terestrial UHF Analog dan Digital DVB-T2. Demikian pembahasan mengenai Frekuensi GTV Terbaru melalui Digital Satelit. Semoga bisa menjadi referensi dan memberi manfaat untuk semua sahabat Sabiru.