Frekuensi Indosiar Terbaru di Satelit

Frekuensi Indosiar Terbaru Telkom 4 & Satelit Lain

Sponsor

Frekuensi Indosiar terbaru mengudara pada beberapa satelit populer baik jalur C-Band maupun Ku Band. Stasiun televisi swasta nasional ini, yang berada dibawah naungan EMTEK Group secara resmi menghentikan siaran di Telkom 4 dalam format MPEG2.

Lantas, frekuensi Indosiar terbaru di masa depan cenderung lebih ke arah siaran Free To View (FTV). Pengertian dari "Free To View" merupakan sebuah istilah untuk transimisi sinyal video dan audio terenkripsi yang bisa di saksikan secara gratis, jika memakai peralatan serta modul khusus seperti halnya yang dilakukan oleh Pay TV.

Awalnya, siaran Indosiar pada satelit bersifat FTA, yang membuat para teknisi mudah dalam mencari sinyal. Namun, kondisi ini tidak berlangsung lama, karena Indosiar telah merubah strategi bisnis mereka dengan menutup hampir semua frekuensi FTA pada satelit, sisa satu transporder gratis di Telkom 4 saja.

Kita masih bisa menangkap frekuensi Indosiar terbaru pada antena parabola tanpa biaya bulanan. Tetapi, konsumen sebaiknya menggunakan Decoder Rekomendasi yang dianjurkan provider, untuk kenyamanan di masa depan.

Channel Indosiar

Informasi Channel Indosiar

PT. Indosiar Visual Mandiri atau biasa disebut "Indosiar" resmi mengudara sebagai salah satu stasiun televisi swasta nasional pada tanggal 11 Januari 1995. Pada awal kemunculannya, stasiun televisi ini banyak menayangkan drama - drama hongkong seperti Pendekar Rajawali yang sempat populer di masanya.

Logo indosiar pun mengadaptasi bentuk salah satu channel Television Broadcasts Limited - Hongkong. Namun, komposisi warnanya dibedakan sedemikian rupa dengan menambah tulisan Indosiar pada bagian tengah nya.

Sempat muncul kontroversi bahwa logo tersebut merusak TV tabung pada masa itu, yang meninggalkan berbekas ketika pindah ke channel yang lain. Pembaruan terus di lakukan untuk menyempurnakan desain menjadi lebih ringkas.

Channel Indosiar digemari oleh sebagian besar ibu rumah tangga dengan berbagai jadwal acara yang memang cocok bagi mereka. Apalagi pada waktu 'prime time' makin asik menonton bersama keluarga.

Siaran Unggulan Indosiar

Acara Unggulan Indosiar

Tahukah kamu, kira - kira siaran apa yang menjadi andalan Indosiar? Selama yang saya ketahui, channel ini memiliki beberapa acara televisi yang pernah meraih kesuksesan diantaranya Tersanjung, Akademi Fantasi Indonesia, dan D Academi.

Berikut daftar acara Indosiar yang menjadi unggulan :

  • Berita, Focus menyajikan ragam informasi yang aktual dan terpercaya bagi permirsa Indonesia.
  • Musik, genre musik dangdut memang khas dengan stasiun televisi ini, hadir dalam program Liga Dangdut Indonesia.
  • Kartun, pernah menayangkan kartun yang melegenda yaitu Dragon Ball Series.

Mungkin kita tunggu apakah Indosiar akan menghadirkan tayangan kartun yang lebih beragam untuk keluarga di rumah. Atau siapa tahu ada film Movie untuk menampah fotofolio program acara mereka.

Jadwal siaran indosiar sendiri cenderung mengalami perubahan secara periodik, mengikuti tren dan rating dari berbagai kompetitor di staisun TV lainnya.

Frekuensi Indosiar Telkom 4

Frekuensi Indosiar Terbaru di Satelit

Perubahan transdorder frekuensi Indosiar terbaru kerap kali terjadi beberapa kali dalam satu tahun. Selain karena alasan perbaikan dan pemeliharaan, ternyata penggantian TP ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan layanan siaran satelit.

Sementara ini, peluang tracking transporder untuk Indosiar hanya ada di satelit Telkom 4 merah putih. Yang digadang - gadang berisi segudang channel FTA sehingga mampu memanjakan siapapun yang berhasil lock sinyal.

Daftar frekuensi indosiar terbaru di satelit Telkom 4:

ProviderBebas
SpektrumC-Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4121
PolaritasH
Simbol Rate12250
KualitasSD
SistemMPEG 4
TipeFree To Air
JenisParabola Besar

ProviderNex Parabola
Matrix Garuda
SpektrumC-Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4180
PolaritasV
Simbol Rate29800
KualitasHD
SistemMPEG 4
TipeFree To View
JenisParabola Besar

ProviderK-Vision
SpektrumC-Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4060
PolaritasV
Simbol Rate31000
KualitasSD
SistemMPEG 4
TipeFree To View
JenisParabola Besar

Frekuensi Indosiar Ku Band

Frekuensi Indosiar terbaru yang mengudara di satelit ku band ternyata masih banyak pilihan sehingga kita makin leluasa untuk memilih sesuai kebutuhan masing - masing. Walaupun, dalam prakteknya pihak provider mewajibkan decoder rekomendasi sebagai salah satu syaratnya.

Channel Indosiar yang merupakan anggota dari EMTEK Group sebenarnya merilis produk Nex Parabola. Nah, demi kenyamanan lebih lanjut, beli saja Receiver tersebut sesuai arahan dari pihak provider.

Daftar frekuensi Indosiar terbaru di satelit Ku Band :

ProviderNex Parabola
Matrix Garuda
SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
Frekuensi11921
PolaritasV
Simbol Rate45000
KualitasHD
SistemMPEG 4
TipeFree To View
JenisParabola Mini

ProviderK-Vision
SpektrumKu Band
SatelitMeasat 3a
Koordinat91.4 E
Frekuensi12436
PolaritasH
Simbol Rate31000
KualitasSD
SistemMPEG 4
TipeFree To View
JenisParabola Mini

ProviderSMV Freesat
SpektrumKu Band
SatelitABS 2A
Koordinat75.0 E
Frekuensi12290
PolaritasV
Simbol Rate44000
KualitasSD
SistemMPEG 4
TipeFree To View
JenisParabola Mini

Note : Nomor Frekuensi Indosiar terbaru diatas dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan. Hal ini tergantung dari pihak stasiun televisi itu sendiri.

Frekuensi Indosiar UHF

Frekuensi Indosiar Terbaru UHF

Nomor frekuensi Indosiar terbaru juga masih bisa kamu saksikan secara gratis melalui jalur UHF. Memang, kualitas gambar pada UHF ini tidak terlalu bagus, terdapat banyak noise serta audio yang kurang jernih. Lantas, banyak orang telah beralih ke Decoder DVT-T2 untuk menyaksikan siaran digital terestrial yang memiliki tampilan jernih.

Daftar frekuensi Indosiar terbaru pada kanal UHF :

KotaFrekuensi UHF
Ambon38 UHF
Balikpapan28 UHF
Bandung54 UHF
Bengkulu28 UHF
Batam49 UHF
Cirebon46 UHF
Denpasar27 UHF
Garut24 UHF
Jakarta41 UHF
Jambi23 UHF
Jember60 UHF
Jayapura38 UHF
Kediri51 UHF
Kupang38 UHF
Lampung28 UHF
Madiun44 UHF
Makassar27 UHF
Malang38 UHF
Manado44 UHF
Mataram40 UHF
Medan23 UHF
Pacitan23 UHF
Padang49 UHF
Palembang28 UHF
Pekanbaru28 UHF
Pontianak23 UHF
Semarang27 UHF
Surabaya28 UHF
Yogyakarta28 UHF

TV lama yang menggunakan antena biasa juga dapat dirubah menjadi perangkat yang mempu menangkap sinyal digital. Kamu hanya perlu satu item tambahan bernama "STB DVB-T2". Tersedia di berbagai toko elektronik terdekan dan online shop.

Mencari Channel Indosiar Yang Hilang

Mengatasi SInyal Indosiar Hilang

Tahun 2019 sempat ramai hilangnya sinyal Indosiar dari berbagai satelit, ternyata ada peralihan dari FTA ke FTV. Nah, perubahan frekuensi Indosiar terbaru itu merupakan salah satu penyebab hilangnya sinyal televisi.

Berikut cara mengatasi dan mencari channel Indosiar yang hilang:

Ganti Ke Receiver Rekomendasi

Langkah pertama untuk mendapatkan sinyal Indosiar adalah dengan mengganti set top box dengan tipe rekomendasi dari provider. Indosiar saat ini bersifat FTV, jadi mau bagaimanapun receiver non rekomendasi tidak dapat membuka siaran nya.

Biaya, memang di perlukan untuk membeli perangkat baru tersebut. Saya sendiri lebih menyukai channel lain yang FTA dan masih memakai receiver Skybox. Namun, frekuensi Indosiar terbaru saat ini berubah menjadi FTV pada jalur Ku Band saja.

Putar Parabola Ke Satelit Khusus

Saat ini, frekuensi Indosiar terbaru hanya bisa kamu peroleh di Telkom 4, Ses 9 dan Measat 3a. Putar dan arahkan dish parabola kamu ke salah satu satelit tersebut.

Untuk pengguna antena UHF, bisa kamu mengatur posisi hingga sinyal masuk. Angin kencang dan hujan lebat biasanya membuat letak antena bergeser.

Scan Ulang Frekuensi

Receiver rekomendasi sudah beli dan dish parabola telah di arahkan ke satelit khusus, selanjutnya masukan frekuensi Indosiar terbaru serta scan otomatis pada receiver.

Tunggu hingga proses scan selesai 100%, channel Indosiar agak kamu peroleh. Usahakan mendapat sinyal di atas 66 % agar gambar tidak macet atau tersendat.

Beberapa Channel FTA Lain

Pilihan Channel FTA Lainnya

Nah, buat kamu yang belum mempunyai RX Rekomendasi jangan terlalu berkecil hati. Masih banyak staisun televisi lain yang berbaik hati menyiarkan acaranya secara Free To Air. Program acara pada channle tv lain tersebut juga tidak kalah dengan Indosiar.

Berikut beberapa stasiun televisi yang masih bisa disakasikan secara FTA :

  • Trans TV - Televisi Transformasi Indonesia
  • Trans 7 - Grup Trans Media
  • RTV - Rajawali Televisi
  • Net TV - News and Entertaintment Television
  • ANTV - Andalas Televisi

Tanya Jawab

Nah, berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul baik di forum atau komunitas satelit Indonesia. Saya merangkumnya, paling tidak mungkin dapat memberi sedikit wawasan untuk kamu.

Channel Indosiar Di Satelit Apa?

Pada tahun 2021 ini, channel Indosiar hanya mengudara di tiga satelit yaitu Telkom 4 ( C Band ), Ses 9 ( Ku Band ) dan Measat 3a ( Ku Band ).

Adakah Frekuensi Satelit Indosiar Yang Gratis?

Saat ini, frekuensi Indosiar hanya bisa di saksikan melalui receiver rekomendasi seperti pada provider K Vision dan Nex Parabola. Tetapi, kabar gembira bahwa channel ini bersifat FTA di satelit Telkom 4.

Bagaimana Mengatasi Sinyal Indosiar Hilang?

Pertama pastikan kamu mempunyai Set Top Box Rekomendasi, pastikan Decoder dan dish parabola telah terpasang dengan benar, pastikan cuaca tidak mendung atau hujan. Selanjutnya lakukan scan ulang pada frekuensi Indosiar.

Kesimpulan

Stasiun televisi Indosiar pada satelit telah beralih dari Free To Air menjadi Free To View memakai Receiver rekomendasi, dengan tayangan yang bisa kamu saksikan tanpa biaya bulanan (bukan pay tv).

Set Top Box non rekomendasi dapat mencari channel lain yang ada pada setlit Ninmedia, K Vision, Big TV, Aora TV serta Palapa D. Untuk Ses 9 FTA tianggal sedikit, bisa di gabung dengan satelit lain.

Demikian pembahasan mengenai Frekuensi Indosiar Terbaru pada TV Satelit Edisi 2021. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan memberi manfaat untuk semua sahabat Sabiru.