Frekuensi iNews

Frekuensi Inews Terbaru di Semua Satelit Edisi 2021

Sponsor

Frekuensi Inews terbaru secara ekslusif mengudara pada beberapa satelit populer, menjangkau seluruh wilayah tanah air mulai dari Sabang hingga Merauke. Dimana, sebagian besar program acaranya memberikan informasi berita aktual dan berbagai peristiwa dalam kurun waktu 24 jam.

Definisi berita menurut kamus besar Bahasa Indonesia ialah cerita atau keterangan mengenai kejadian yang hangat, berisi informasi terkini disampaikan dengan ringkas dan jelas. Topik umum laporan berita berupa pemerintahan, politik, pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, bisnis, hiburan, olah raga dan sebagainya.

Di zaman yang serba digital ini, masyarakat membutuhkan akses informasi berita yang cepat. Nah, internet dan televisi menjadi saluran yang cukup efisien sebagai media penyampaian peristiwa terkini.

Beberapa channel khusus berita memang cukup diminati oleh sebagian masyarakat, pemerintah dan perkantoran. Inews sebagai pendatang baru ikut meramaikan kompetisi industri pertelevisian di Indonesia. Sehingga kita sebagai penonton memperoleh manfaat dari banyaknya pilihan stasiun televisi.

Tentang iNews

Tentang Frekuensi iNews

iNews berasal dari singkatan "Indonesia News", merupakan stasiun televisi swasta nasional yang fokus pada konten berita terkini, didirikan oleh PT Media Nusantara Citra (bagian dari MNC Group). Dalam sejarah panjang, nama berikut logo iNews secara resmi diperkenalkan kepada publik pada tahun 2015 silam.

iNews menyajikan konten yang beragam mencakup berita nasional dan internasional, diperkaya dengan berbagai informasi daerah dari seluruh Indonesia. Mengusung visi untuk menjadi stasiun televisi yang inspiratif dan informatif.

Konten iNews dapat pemirsa akses melalui jalur televisi digital, analog, satelit, dan internet. Jangkauannya sendiri cukup luas menurut saya, mencakup hampir ke pelosok negeri. Jadi, semua kalangan akan mudah untuk menangkap sinyal tv dari channel ini.

Frekuensi iNews mengudara pada beberapa kanal berikut ini :

  • UHF analog dan digital yang sinyalnya dapat ditangkap dengan antena biasa.
  • Siaran satelit spektrum c-band dan ku band melalui decoder rekomendasi.
  • Saluran tv kabel berlangganan MNC Play dan First Media.
  • Internet TV melalui aplikasi RCTI+.

Frekuensi iNews

Frekuensi iNews Terbaru

Kabar gembira untuk kita semua bahwa ada satu frekuensi dimana channel iNews ini mengudara secara gratis atau bahasa umumnya yaitu Free To Air. Sisanya membutuhkan perangkat khusus yang bernama "Decoder Rekomendasi" (sebuah STB Khusus yang dirilis oleh provider tertentu.

Saat ini, hanya ada dua STB rekom yang cukup populer diantaranya Nex Parabola dan K-Vision. Jadi, sebelumnya pastikan kamu sudah memiliki salah satu dari Decoder tersebut.

Channel iNews mengudara di beberapa satelit yang mengorbit bumi pada posisi wilayah Indonesia, baik itu spektrum C-Band maupun Ku Band. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan perangkat LNB yang terpasang di rumah.

Berikut daftar frekuensi inews terbaru :

ProviderK Vision
SpektrumKu Band
SatelitMeasat 3a
Koordinat91.4 E
Frekuensi12436
PolaritasH
Simbol Rate31000
SistemMPEG 4
KualitasStandard Definition
TipeFree To View
JenisParabola Mini

ProviderNex Parabola
SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
Frekuensi11921
PolaritasV
Simbol Rate45000
SistemMPEG 4
KualitasStandard Definition
TipeFree To View
JenisParabola Mini

ProviderGratis
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4034
PolaritasH
Simbol Rate16600
SistemMPEG 4
KualitasStandard Definition
TipeFree To Air
JenisParabola Besar

ProviderK Vision
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi3860
PolaritasV
Simbol Rate31000
SistemMPEG 4
KualitasStandard Definition
TipeFree To View
JenisParabola Besar

ProviderNex Parabola
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4180
PolaritasV
Simbol Rate29800
SistemMPEG 4
KualitasStandard Definition
TipeFree To View
JenisParabola Besar

Seperti yang kita ketahui bahwa spektrum C-Band lebih tahan terhadap gangguan cuaca, sehingga saat cerah atau hujan sinyal satelit tidak akan terganggu. Pemirsa bisa menonton channel inews selama 24 jam nonstop.

Lain halnya dengan spektrum Ku Band yang akah kehilangan sinyal saat mendung dan hujan lebat. Akibatnya siaran televisi tidak bisa kita lihat, harus menunggu sampai sedikit cerah kembali cuacanya.

Namun demikian, setiap tiep spektrum mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing - masing. C Band hanya bekerja pada dish parabola besar sedangkan sinyal Ku Band sudah bisa ditemukan hanya dengan antena mini.

Frekuensi iNews UHF

Frekuensi iNews UHF

Apakah kamu ingin tahu frekuensi iNews di kanal UHF? Walaupun harga antena parabola mini relatif terjangkau, namun tidak semua masyarakat memasangnya di setiap rumah. Oleh karena itu, jalur terestrial UHF masih menjadi alternatif murah.

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa siaran analog UHF menampilkan gambah yang penuh noise disertai kualitas audio buruk. Nah, bila kamu ingin beralih ke tayangan digital, setidaknya menambah satu STB DVB-T2 digabung dengan antena biasa.

Berikut daftar frekuensi inews di kanal UHF :

KotaFrekuensi UHF
Aceh40 UHF
Ambon58 UHF
Bandung22 UHF
Bali53 UHF
Bengkulu53 UHF
Biak26 UHF
Batam61 UHF
Banjarmasin50 UHF
Cirebon60 UHF
Gorontalo56 UHF
Garut60 UHF
Jakarta30 UHF
Jambi56 UHF
Jayapura51 UHF
Kediri62 UHF
Kendari44 UHF
Kupang56 UHF
Lubuk Linggau53 UHF
Lampung50 UHF
Lhokseumawe30 UHF
Medan45 UHF
Makassar51 UHF
Madiun62 UHF
Malang52 UHF
Mataram36 UHF
Masohi52 UHF
Mamuju34 UHF
Manokwari24 UHF
Merauke22 UHF
Magelang54 UHF
Manado26 UHF
Majalengka60 UHF
Nabire22 UHF
Padang31 UHF
Palembang44 UHF
Pontianak45 UHF
Pekanbaru57 UHF
Pematangsiantar60 UHF
Pangkalpinang47 UHF
Palangkaraya55 UHF
Palu45 UHF
Purwokerto29 UHF
Payakumbuh36 UHF
Surabaya62 UHF
Sukabumi28 UHF
Samarinda61 UHF
Surakarta45 UHF
Sabang50 UHF
Tanah Datar25 UHF
Tarakan47 UHF
Ternate24 UHF
Tenggarong35 UHF
Tegal45 UHF
Yogyakarta45 UHF

Cakupan wilayah untuk sinyal terestrial inews ini cukup banyak yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Bila kamu tinggal di daerah terpencil, sepertinya jalur satelit lebih cocok.

Nah, jadi pengguna tinggal memutar antena saja bila ingin memperoleh frekuensi inews, biasanya menghadap ke arah pusat kota.

Kesimpulan

Inews merupakan salah satu stasiun televisi yang menayangkan konten berita, melengkapi jajaran channel yang ada di Indonesia. Sebagai bagian dari MNC Group, mencoba melebarkan sayapnya di industri pertelevisian.

Frekuensi inews baik yang terdapat pada spektrum C Band maupun Ku Band dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan. Hal ini tergantung dari pihak stasiun televisi itu sendiri. Jadi, pengguna parabola perlu mencari frekuensi terbaru apabila sinyal hilang.

Berikut istilah yang perlu di mengerti oleh pengguna parabola :

  • Free To Air (FTA), jenis siaran gratis yang bisa ditonton dengan Decoder merk apapun.
  • Free To View (FTV), tipe siaran yang hanya bisa pemirsa saksikan dengan memakai Receiver tertentu sesuai dengan providernya.
  • Channel Premium, jenis tayangan yang hanya terbuka ketika pengguna melakukan isi voucher, biasanya masa akttif berlaku 30 hari.
  • Decoder Rekomendasi, tipe Set Top Box (STB) yang diluncurkan secara resmi oleh provider satelit tertentu.
  • LNB (Low Noise Block), alat yang berfungsi untuk menerima sinyal satelit. Terdapat dua tipe yaitu C Band dan Ku Band.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai Frekuensi iNews Terbaru di Semua Satelit Edisi 2021. Semoga bisa menjadi referensi buat kamu yang sedang mencari channel ini. Selamat menonton!