Frekuensi SCTV Terbaru

Frekuensi SCTV Terbaru Telkom 4 & Satelit Lain 2021

Sponsor

Frekuensi SCTV terbaru saat ini mengudara pada Telkom 4 dan beberapa satelit populer lain di jalur C-Band maupun Ku Band. Nomor transporder berubah dalam rangka peningkatan strategi bisnis dari provider.

Awal tahun 2021, stasiun televisi SCTV memanfaatkan momentum ini untuk menghentikan siaran dalam format MPEG-2. Maka dari itu, pengguna yang selama ini menikmati siaran SCTV via satelit melalui Decoder tipe lama harus segera bersiap mengganti ke perangkat baru.

Frekuensi SCTV dan Indosiar yang dalam satu naungan EMTEK Grup secara serentak tidak lagi memakai format MPEG-2 tersebut. Karena teknologinya terlalu usang sehingga perlu beralih ke MPEG-4 yang berlaku diseluruh dunia.

Oleh karena itu, saluran frekuensi SCTV terbaru untuk beberapa satelit mengalami perubahan dalam rangka mengoptimalkan layanan. Dengan lisensi siaran berupa Free To Air (FTA) dan Free To View (FTV).

Siaran SCTV

Tentang SCTV

SCTV (Surya Citra Televisi) merupakan salah satu stasiun televisi swasta kedua yang cukup populer di Indonesia, resmi mengudara pada tanggal 1 Januari 1993. Nah, channel ini ternyata sudah berdiri sejak dulu pada generasi awal pertelevisian.

Sejak kemunculannya, chanel SCTV terus melakukan perbaikan dan peningkatan managemen agar dapat memberikan tayangan yang berkualitas bagi pemirsa. Terbukti, stasiun TV ini mampu terus eksis hingga sekarang.

Logo SCTV mengalami perbaikan dan perubahan terutama dari segi bentuk maupun komposisi warna. Hingga akhirnya muncul desain bentuk logo paling unik berbeda dengan kompetitor lainnya.

Siaran SCTV ini mengudara pada beberapa spektrum diantaranya streaming online, kanal digital UHF, saluran satelit dan TV berlangganan. Pemirsa dapat menangkap sinyal melalui berbagai media sesuai kebutuhan mereka.

Acara Unggulan SCTV

Program Acara SCTV

Jadwal siaran SCTV disesuaikan berdasarkan minat pemirsa dan rating dari sebuah acara. Program unggulan yang melegenda yaitu Film Televisi - FTV, berupa drama pendek satu kali tayang yang langsung tamat. Genre ini ternyata cukup banyak peminatnya dan membekas di hati pemirsa Indonesia.

Selain itu, beberapa sinetron SCTV ternyata viral hingga ke negeri seberang, sebuah prestasi yang pantas untuk di acungi jempol.

Berikut beberapa program unggulan SCTV :

  • Film Televisi - FTV, nah ini dia yang menjadi andalan, film pendek tayang setiap hari. Mampu menghibur pemirsa termasuk saya sendiri.
  • Sinetron, sudah cukup banyak sinetron yang terkenal hadir ekslusif hanya di SCTV misalnya Cinta Suci.
  • Berita, program informasi aktual dan terpercaya hadir di Liputan 6.

Para pemeran sinteron SCTV mempunyai penggemarnya masing - masing, terutama kalangan ibu rumah tangga maupun remaja. Satu hal yang pasti, ragam acara dari channel ini cukup banyak yang dapat pemirsa tonton seuai dengan genre dan batas usia.

Frekuensi SCTV Terbaru

Frekuensi sctv terbaru di semua satelit

Frekuensi SCTV terbaru pada jaringan parabola terbagi menjadi dua yaitu C-Band dan Ku Band. Kedua spektruk ini mempunyai teknologi yang berbeda dan masih eksis hingga sekarang.

Jalur C-Band cenderung menggunakan dish parabola dengan diameter besar minimal 100 cm. Sedangkan spektrum Ku Band sangat populer melalui antena parabola mini.

Transporder frekuensi SCTV terbaru Telkom 4 paling sering diburu karena besifat gratis (free to air). Sisanya hanya bisa kita tonton dengan Decoder rekomendasi provider.

Berikut frekuensi SCTV terbaru untuk siaran Free To View :

ProviderBebas
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4121
PolaritasH
Simbol Rate12250
SistemMPEG 4
KualitasSD
TipeFree To Air
JenisParabola Besar

ProviderK Vision
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4060
PolaritasV
Simbol Rate31000
SistemMPEG 4
KualitasSD
TipeFree To View
JenisParabola Besar

ProviderNex Parabola
Matrix Garuda
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4180
PolaritasV
Simbol Rate29800
SistemMPEG 4
KualitasHD
TipeFree To View
JenisParabola Besar

ProviderNex Parabola
Matrix Garuda
SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
Frekuensi11921
PolaritasV
Simbol Rate45000
SistemMPEG 4
KualitasHD
TipeFree To View
JenisParabola Mini

ProviderK Vision
SpektrumKu Band
SatelitMeasat 3a
Koordinat91.4 E
Frekuensi12436
PolaritasH
Simbol Rate31000
SistemMPEG 4
KualitasSD
TipeFree To View
JenisParabola Mini

Catatan : Daftar frekuensi SCTV diatas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Hal ini tergantung dari pihak stasiun televisi itu sendiri.

Frekuensi SCTV UHF

Frekuensi SCTV pada UHF

Frekuensi SCTV terbaru juga hadir dalam kanal UHF pada beberapa kota besar di Indonesia. Teknologi TV analog ini memang sudah mulai di tinggalkan, dengan adanya program peralihan ke televisi digital terestrial DVB-T2.

Kamu dapat menangkap siaran digital dengan antena biasa dan juga TV model lama melalui tambahan perangkat bernama STB DVB-T2 di toko terdekat. Harga relatif murah sekitar 100 hingga 200 ribuan saja.

Daftar frekuensi SCTV terbaru pada kanal UHF :

KotaFrekuensi UHF
Aceh46 UHF
Balikpapan32 UHF
Bandung52 UHF
Batam47 UHF
Bengkulu26 UHF
Cilegon55 UHF
Cirebon36 UHF
Denpasar31 UHF
Gorontalo38 UHF
Garut30 UHF
Jakarta45 UHF
Jambi35 UHF
Jayapura30 UHF
Jember62 UHF
Lampung34 UHF
Kendari24 UHF
Kediri53 UHF
Kebumen45 UHF
Madiun48 UHF
Malang46 UHF
Manado34 UHF
Mataram32 UHF
Medan35 UHF
Makassar35 UHF
Padang47 UHF
Palu31 UHF
Palembang32 UHF
Pekanbaru26 UHF
Pontianak35 UHF
Purwokerto45 UHF
Semarang35 UHF
Samarinda47 UHF
Surabaya34 UHF
Tegal55 UHF
Yogyakarta34 UHF

Perlu kamu ketahui bahwa, siaran analog direncanakan akan berhenti pada bulan November 2022. Oleh karena itu, masyarakat harus bersiap menghadapi pengkinian sisi teknologi penyiaran di Indonesia.

Sinyal SCTV Hilang

Mengatasi SInyal SCTV Hilang

Beberapa waktu lalu, sempat heboh dengan frekuensi SCTV terbaru hilang dari peredaran satelit. Belakangan, baru diketahui bahwa proviser ini menarik diri dari siara FTA menjadi FTV dan menghentikan format siar MPEG-2.

Sobat tak perlu panik saat frekuensi SCTV terbaru hilang, karena kita bisa mengatasinya dengan beberapa metode.

Ganti ke Receiver Rekomendasi

Langkah pertama untuk mendapat frekuensi SCTV terbaru yaitu dengan mengganti perangkat lama ke Decoder rekomendasi. Untuk saat ini hanya bisa memakai provider Nex Parabola dan K Vision.

Untuk sementara SCTV ini memang mengudara secara gratis di spektrum C-Band, namun di masa depan arah bisnis sepertinya akan berubah. Sehingga kita perlu mengikuti anjuran pihak penyedia layanan yaitu receiver rekomendasi.

Putar Dish Parabola

Angin dan hujan lebat terkadang menyebabkan posisi dish antena parabola bergeser. Oleh karena itu, putar dish agar kembali ke posisi semula, lalu input nomor frekuensi SCTV terbaru pada satelit yang kamu inginkan.

C-Band dan Ku Band memiliki jalurnya masing - masing, jadi jangan sampai tertukar. Salah memasukan transporder, maka sinyal tidak akan kamu peroleh. Usahakan pada saat tracking, intensitas sinyal mencukupi yaitu 60% ke atas.

Scan Ulang STB Rekomendasi

STB sudah rekomendasi tetapi sinyal tetap hilang atau belum ditemukan? Langkah berikutnya yaitu scan ulang pada receiver, tunggu hingga perangkat melakukan pencarian otomatis sampai dengan selesai.

Langkah pertama, kamu harus menginput nomor frekuensi SCTV terbaru yang masih aktif. Ketika sinyal sudah muncul di layar televisi, sobat tinggal scan ulang agar channel bisa terbuka.

Channel Alternatif SCTV

Channel FTA Lain

Sebenarnya saya termasuk salah satu pengguna Set Top Box Non Rekomendasi, alasannya lebih leluasa dan bebas menangkap sinyal di satelit manapun. Memang, kita hanya bisa memperoleh stasiun televisi yang bersifat Free To Air saja.

Kabar baiknya, masih banyak provider televisi yang berbaik hati meniarkan acaranya secara FTA.

Berikut beberapa stasiun televisi rekomendasi yang bisa kita tonton gratis:

  • RTV - Rajawali Televisi
  • ANTV - Andalas Televisi
  • Trans 7 - Grup Trans Media
  • Trans TV - Televisi Transformasi Indonesia
  • Net TV - News and Entertainment Television

Tanya Jawab

Tanya Jawab SCTV

Bagaimana Cara Mengatasi Sinyal SCTV yang Hilang?

Hilangnya sinyal SCTV dapat kiita atas dengan menemukan penyebab dari gangguan tersebut. Pertama pastikan seluruh perangkat antena parabola masih berungsi dengan baik, cek semua konektor nya apakah sudah tersambung dengan benar atau belum, cek pengaturan Decoder dan pastikan sudah sesuai, jika masih belum ketemu maka tracking ulang, pastikan kamu sudah memasang STB Rekomendasi dari Nex Parabola atau K Vision karena decoder umum tidak bisa menangkap frekuensi SCTV. Nah, apabila cuaca mendung tinggal tunggu saja, nanti sinyal akan muncul kembali.

Frekuensi SCTV Adanya di Satelit Apa Saja?

Frekuensi SCTV 2021 ini dapat kamu tonton secara FTA dan FTV pada beberapa satelit yaitu Telkom 4, Measat 3a dan Ses 9.

Hal Apakah Yang Menyebabkan Sinyal SCTV Hilang?

Sinyal televisi satelit terkadang mengalami gangguan sinya yang bisa disebabkan oleh faktor cuaca mendung atau hujan, adanya perangkat antena parabola mini yang rusak, kesalahan pengaturan pada Decoder, Dish parabola bergeser dari posisi semula dan bisa saja frekuensi SCTV hilang karena adanya gangguan dari provider.

Kesimpulan Channel SCTV

Tahun 2020 silam menjadi awal peruntungan SCTV beralih dari siaran Free To Air menjadi Free To View. Kamu hanya dapat menangkap channel tersebut dengan memakai Receiver Rekomendasi dari Nex Parabola dan K Vision.

Channel SCTV FTA hanya bisa kita saksikan pada jalur UHF dan DVB-T2 digital. Semoga kedepan nya, dunia pertelevisian bisa beralih menjadi gratis.

Demikian pembahasan mengenai frekuensi SCTV terbaru di Semua Satelit Edisi 2021. Semoga bisa menjadi referensi dan memberi manfaat untuk semua sahabat Sabiru.