Remote TV TCL

Baru: Daftar Lengkap Kode Remote TV TCL Edisi 2020

Sponsor

Remote kontrol hilang, ditambah kamu bingung karena tidak mengerti cara memprogram kode remote TV TCL. Tenang, ga usah panik apalagi stress, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan panduan termudah perihal permasalahan tersebut.

TCL merupakan sebuah perusahaan elektronik yang didirikan pada tahun 1981, yang meraih peringkat kedua dalam hal jumlah volume penjualan Televisi di pasar Global (menurut data Sigmaintell tahun 2019). Indonesia termasuk salah satu Negara yang menjadi target penjualan tersebut, maka tak heran bila produk TCL mudah kita temukan di toko terdekat.

Perusahaan ini memfokuskan diri untuk memproduksi TV, perangkat rumah tangga pintar dan Audio. Walaupun Brand TCL tidak sepupoler LG, Samsung, Sharp, Polytron dan kompetitor lainnya, namun kualitas peralatan elektronik yang dihasilkan mampu bersaing di tengah ketatnya kompetisi.

Kelebihan TV TCL :

  • Harga jauh lebih murah dengan merk kompetitor jika spesifikasinya sama.
  • Kualitas produk tergolong awet dan tahan lama.
  • Kemampuan teknologi yang tertanam mampu bersaing dengan brand lain.

Mengingat sepak terjang TCL telah cukup lama dalam dunia elektronik, perusahaan ini telah merilis beragam varian televisi baik itu berjenis Tabung, LCD, LED termasuk perangkat berteknologi terkini. Nah, terlepas dari model yang kamu beli, remote TV TCL akan disertakan dalam satu paket pembelian.

Bila Remote TV TCL Rusak

Remote TV TCL Rusak

Remote TV TCL rusak mungkin tak dapat kita hindari, hal ini tak lepas dari semua peralatan elektronik akan mengalami kerusakan seiring pemakaian dalam jangka waktu yang lama. Penyebabnya bermacam - macam seperti kecerobohan pungguna, sering terjatuh atau di lempar oleh anak kecil.

Tingkat kerusakan remote TV TCL terbagi menjadi tiga yaitu ringan, sedang dan berat. Kalau hanya retak di casing masih bisa di maklumi, namun bila salah satu tombol sudah tidak berfungsi tentu akan merepotkan penggunanya.

Nah, pada kondisi kerusakan sedang sampai berat, kita sebaiknya membeli remote kontrol baru yang original atau universal. Bebas, sesuai selera kamu saja.

Pada beberapa wilayah terpencil, mencari remot asli terkadang sulit, belum lagi harga pasaran tergolong mahal. Solusi terbaik yang bisa kamu ambil yaitu memilih remote universal, karena banyak tersedia di toko elektronik atau online shop.

Remote kontrol universal merupakan alat pengendali jarak jauh yang bersifat multifungsi, mendukung hampir semua merk televisi termasuk TCL. Terdapat tiga merk yang cukup populer diantaranya Joker, Multisonic dan HJ.

Kode Remote TV TCL

Kode Remote TV TCL

Remote kontrol universal tidak dapat langsung dipakai, pengguna harus melakukan setting terlebih dahulu, agar TV TCL dapat mengenali perangkat tersebut layaknya remot original.

Oleh karena itu, kode remote TV TCL diperlukan pada saat memprogram alat pengendali jarak jauh yang bersifat multifungsi, terdiri dari tiga buah angka unik.

Tabel kode remote TV TCL

Merk RemoteKode TV TCL
Joker051, 053, 068, 071, 073, 082, 083, 084, 085, 111, 110, 156, 144, 199, 209, 216, 243, 244, 245, 246, 247, 248, 249, 313, 314, 315, 316, 317, 320, 343, 344, 349, 350, 382, 383, 384
Multisonic110, 484, 534, 486, 073, 535, 244, 268, 024, 051, 053, 068, 071, 082, 083, 481, 068, 075, 081, 434, 113, 157

Setting Remote Joker di TV TCL

Sebenarnya, cara pengaturan remot joker itu terbilang mudah, pengguna hanya perlu menekan kombinasi tombol kemudian menginput kode nya. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung atau bahkan tidak mengerti sama sekali.

Panduan setting kode remote joker di TV TCL :

  • Siapkan tiga buat perangkat yaitu batu baterai, remote joker dan TV TCL.
  • Nyalakan televisi TCL, ambil baterai lalu masukan ke dalam remote kontrol.
  • Arahkan remote joker ke layar televisi, kemudian tekan kobinasi tombol Set + Power sampai lampu indikator menyala.
  • Lepaskan tombol tersebut, tapi jangan lupa memastikan bahwa lampu indikator masih menyala.
  • Masukan salah satu kode remote TV TCL yang sudah di berikan pada tabel di atas, misalnya 144.
  • Selesai, remot siap kamu pakai sehari - hari.

Kalau sudah, coba tes dengan menaikan atau menurunkan volume televisi. Bila salah satu kode remote tidak berfungsi, kamu hanya perlu mencoba nomor lainnya sampai remot kontrol benar - benar bekerja dengan baik.

Panduan setting remote joker di TV TCL tanpa kode :

  • Ambil remote, lalu arahkan ke layar TV TCL yang sebelumnya telah kamu nyalakan.
  • Tekan tombol Set pada remote sekitar 5 detik sampai lampu indikator menyala.
  • Lepaskan tombol tersebut maka lampu indikator akan berkedip secara terus menerus. Ini artinya proses pencarian otomatis sedang berjalan.
  • Bersiap, segera tekan kembali tombol Set apabila televisi telah menunjukan respon tertentu untuk mengunci dan menghentikan scanning.
  • Selesai, remot siap kamu gunakan.

Bila kamu terlanjur telat mengunci dan menghentikan proses scanning, solusinya cukup menekan tombol Volume - sekali ( scan mundur satu kali ). Ulangi langkah ini sampai TV TCL merespon.

Setting Remote Multisonic di TV TCL

Pada dasarnya, mengatur remote multisonic tidak jauh beda dengan perangkat universal sejenis. Yang pasti kode memang selalu diperlukan, agar pola frekuensi inframerah sesuai dengan yang di pancarkan remot original TCL.

Panduan setting remote multisonic di TV TCL :

  • Siapkan remote merk multisonic lalu nyalakan TV TCL di rumah kamu.
  • Arahkan remote kontrol ke layar televisi, kemudian tekan tombol Set + Power hingga lampu indikator menyala.
  • Masukan salah satu kode remote TV TCL yang sudah diberikan pada tabel diatas, misalnya 535.
  • Selesai, remote multisonic siap kamu pakai.

Tes dulu hasil pengaturan kamu, apakah remote berfungsi dengan normal atau tidak. Coba atur volume atau pindahkan channel, jika bisa berarti pemrograman sukses.

Cara setting remote multisonic di TV TCL tanpa kode :

  • Seperti biasa, nyalakan TV TCL di rumah kamu jenis Tabung, LCD atau LED.
  • Ambil remote multisonic kemudian arahkan ke layar televisi.
  • Lihat tombol pada remot tersebut ada yang bertuliskan China 1 dan China 2.
  • Tekan dan tahan tombol bertuliskan China 1 atau China 2 ( pilih salah satu saja ).
  • Tekan terus sampai maksimal 5 menit, biasanya televisi akan merespon (segera lepaskan).
  • Selesai, kamu tinggal memakai remote tersebut sehari - hari.

Oiya, kode remote TV TCL itu kan banyak, cobalah satu - persatu sampai kamu menemukan yang cocok dengan tipe televisi di rumah. Pastinya, sesuaikan juga dengan merk remot universalnya dong!

Kesimpulan

Pada saat remote TCL mengalami kerusakan atau hilang, pengguna dianjurkan untuk mengganti dengan perangkat baru. Di pasaran sendiri tersedia dua pilihan yaitu :

  1. Remote original TCL
  2. Remote Universal

Remote kontrol universal memang lebih banyak diminati oleh masyarakat. Selain harga yang jauh lebih murah, pengguna juga dimudahkan dengan dukungan yang multifungsi mencakup hampir semua merk televisi.

Namun, kita juga perlu mengetahui kode remote TV TCL beserta tata cara pengaturan awalnya. Tidak susah kok, hanya perlu sedikit usaha saja.

Remote universal ini berfungsi untuk televisi TCL dengan jenis Tabung, LCD, LED serta perangkat berteknologi paling baru. Demikian pembahasan singkat mengenai Daftar Lengkap Kode Remote TV TCL Terbaru Edisi 2020.

Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari kode remot. Selamat mencoba dan semoga berhasil.