Cara Mematikan Timer AC Panasonic

Cara Mematikan Timer AC Panasonic Paling Cepat

Sponsor

Ketahui cara mematikan timer AC Panasonic yang baik dan benar, agar kondisi perangkat tersebut tetap terjaga. Mungkin, kebutuhan akan mesin pendingin udara kini semakin meningkat sejalan dengan perubahan iklim maupun pemanasan global.

Apalagi, mereka yang tinggal di daerah perkotaan padat penduduk seringkali mengalami kegerahan akibat panasnya suhu udara. Hal itu membuat produsen Air Conditioner terkemuka terus berlomba merilis jajaran produk andalan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Dan seiring perkembangan teknologi, harga AC relatif terjangkau sehingga wilayah perkantoran ataupun rumah - rumah penduduk banyak yang sudah memasang barang elektronik ini. Tinggal kita nya saja harus pandai memilih produk Air Conditioner terbaik, awet serta berkualitas.

Nah, salah satu fitur penting yang terdapat pada mesin pendingin udara ialah timer. Fungsi ini berguna untuk mengatur perangkat agar bisa menyala dan padam secara otomatis. Dengan demikian, kita bisa mengelola jadwal kapan AC harus beroperasi.

Fitur Timer AC Panasonic

Fitur Timer AC Panasonic

Mesin pendingin yang paling baik tentu dibekali dengan berbagai fitur unggulan seperti inverter, watt control, filter bakteri, wifi, smart cooling, timer dan sebagainya. Nah, Panasonic sebagai pabrikan dalam negeri juga terkenal dengan kualitas dari produk mereka yang cukup bandel.

AC Panasonic mempunyai fitur berupa "timer" yang akan membantu pengguna untuk mengatur jadwal operasional perangkat secara otomatis. Jadi, kita dapat mengelola kapan AC tersebut harus menyala dan berhenti sesuai dengan kebutuhan.

Contoh, pengguna dapat melakukan setting timer AC Panasonic pada jam 00.00 WIB, karena pada waktu tersebut suhu udara baik indoor maupun outdoor cenderung telah turun. Dengan demikian, mesin Air Conditioner akan mati otomatis ketika masuk jam 12 malam.

Keuntungannya, kita tidak perlu repot bangun tengah malam untuk mematikan AC Panasonic, juga beban biaya listrik makin irit karena perangkat tidak menyala secara terus - menerus. Selain itu, sangat disarankan bagi pengguna untuk membaca buku panduan yang diperoleh dari produsen, agar dapat memanfaatkan fitur timer ini dengan baik dan benar.

Mematikan Timer AC Panasonic

Switch Off Timer AC Panasonic

Terkadang, memang ada sebagian pengguna yang ingin mematikan timer AC Panasonic, entah karena gaptek dengan teknologi atau alasan lain. Bisa kita maklumi bahwa pengguna baru yang belum pernah pasang mesin pendingin udara cenderung tidak ingin repot dengan berbagai fitur yang ada di dalam perangkat tersebut.

Mereka sudah cukup puas dengan fitur dasar seperti mengatur suhu udara, kecepatan blower dan tombol poser saja. Jadi, hanya beberapa tombol remot kontrol yang paling sering mereka tekan, sisanya bahkan tak pernah diketahui sama sekali.

Berikut cara mematikan timer AC Panasonic yang benar:

1. Matikan Timer Lewat Remot

Cara mematikan timer AC Panasonic yang paling aman yaitu melalui tombol pada remot kontrol. Disana terdapat beberapa keypad dengan lambang maupun warna masing - masing. Jika kamu belum mengerti, silahkan buka buku panduan bawaan pabrik.

Dalam remot AC Panasonic tertera tombol untuk mengatur maupun membatalkan fitur timer yang sudah kamu 'set' sebelumnya. Kamu cukup akses lambang timer pada alat pengendali sambil memperhatikan display yang muncul di layar.

2. Cabut Baterai Remot AC

Pada kondisi tertentu, terkadang remot kontrol mengalami masalah seperti error, sehingga pengguna tak dapat mematikan timer AC Panasonic sebagaimana mestinya. Kamu jangan langsung membuang atau mengganti dengan remot baru.

Cobalah cabut baterai yang tertanam dan biarkan selama 10 menit sampai tidak ada daya yang tersisa di remot tersebut. Kemudian pasang kembali batu baterai pada tempat semula, biasanya error akan hilang, selanjutnya tinggal matikan timer sesuai keinginan.

3. Reset Remot AC

Layar remot menunjukan display timer kedap kedip yang berarti pengguna telah mengakses fitur ini sebelumnya. Ada kalanya, kamu tak bisa switch off timer AC Panasonic walaupun sudah akses tombol pada remot dan juga cabut baterai.

Jika mengalami kondisi seperti ini, dapat dipastikan bahwa kamu sebaiknya melakukan reset pada remot tersebut. Siapkan tusuk gigi kemudian cari lubang kecil yang bertuliskan kata 'reset', silahkan tekan dengan hati - hati. Dengan demikian, remot kontrol akan kembali ke pengaturan pabrik tanpa adanya setting apapun.

4. Pakai Remot Universal

Remot rusak wajar karena benda ini memang paling sering dipakai dan rentan jatuh apabila pengguna tidak berhati - hati saat memegangnya. Nah, saat hal tersebut terjadi, maka secara otomatis kamu tidak bisa mematikan timer AC Panasonic.

Remot AC universal memang dapat menggantikan fungsi dari versi original bawaan Panasonic. Harganya jauh lebih murah serta mendukung semua merk Air Conditioner.

Caranya cukup gampang, silahkan lakukan pairing perangkat melalui metode entri kode remot atau auto scan, pilih yang paling mudah menurut kamu. Setelah itu, kita dapat mengoperasikan AC Panasonic seperti memakai remot original, termasuk membatalkan fitur timer.

5. Cabut Stop Kontak

Aktifnya self timer pada AC ditandai dengan kedipan lampu yang terdapat pada unit indoor atau layar remot kontrol. Nah, fitur ini haru selalu kita perhatikan untuk mencegah kerusakan mesin seperti mendadak mati atau menyala dengan sendirinya.

Kita dapat mencabut stop kontrak untuk memutus sumber arus listrik sekitar 10 menit kemudian hubungkan kembali. Ini menjadi cara terakhir apabila terjadi error pada fungsi tersebut, selanjutnya tetap akses remot kontrol untuk mematikan timer AC Panasonic.

Penutup

AC Panasonic memang dibekali dengan teknologi terkini dan beragam fitur unggulan yang salah satunya ialah timer. Namun, fungsi pengendalian waktu operasional mesin pendingin ini tetap membutuhkan perhatian khusus dari penggunanya.

Hal itu untuk mencegah agar perangkat tidak mendadak mati atau menyala pada waktu yang tidak diinginkan. Jadi, kontrol penuh tetap berada di tangan pengguna masing - masing.

Demikian pembahasan tema cara mematikan timer AC Panasonic paling mudah dan cepat. Semoga bisa membantu serta memberi solusi yang baik bagi semua sahabat Sabiru.