Cara Setting AC LG

Cara Setting AC LG Biar Dingin Maksimum Edisi 2021

Sponsor

Cara Setting AC LG Biar Dingin Maksimum - Melakukan aktivitas saat musim kemarau seringkali menimbulkan hawa panas dan keringat membasahi tubuh, akibatnya tingkat konsentrasi berkurang dan perasaan gelisah muncul. Untuk mengatasi kondisi ini, peran Air Conditioner sangat penting dalam mengembalikan suhu udara agar menjadi sejuk.

Dengan harga yang kian terjangkau, saat ini AC telah menjadi sebuah kebutuhan sekunder yang sering kita temukan di rumah - rumah penduduk. Polusi udara, musim kemarau panjang dan padatnya pemukiman membuat tingkat penggunaan mesin pendingin udara sangat tinggi.

Perkembangan teknologi juga berperan penting dalam melahirkan sebuah prosuk Air Conditioner yang kaya akan fitur. Kita tengok AC LG, bukan hanya menurunkan suhu ruangan saja, tetapi mampu menyaring debu serta bakteri di udara. Bahkan menghilangkan bau tak sedap secara sekaligus.

LG merupakan produsen peralatan elektronik yang cukup populer, pangsa pasar mesin pendingin udara di tanah air pun begitu menjanjikan. Banyak pengguna yang mempercayakan urusan suhu ruangan pada brand ini. Namun, masih ada saja yang belum mengetahui bagaimana cara setting AC LG biar dingin secara maksimal.

Fungsi Tombol Remot AC LG

Fungsi Tombol Remot AC LG

Remot AC LG berisi beberapa tombol yang diatasnya tertera sebuah simbol tertentu. Setiap lambang pastinya mempunyai fungsi yang berbeda - beda, dimana pihak pabrikan juga selalu memberi penjelasan pada buku manual.

Bagi sobat yang lupa atau belum memahami berbagai arti simbol remot AC, jangan khawatir karena kamu hanya perlu membaca referensi yang benar.

Fungsi tombol remot AC LG:

SimbolFungsi
PowerMenyalakan dan mematikan AC
TempMengatur tinggi rendahnya suhu udara
Fan SpeedMengontrol kecepatan kipas di unit outdoor
ModeMengatur mode AC seperti pendinginan, pemanas, kipas, peralihan otomatis.
Jet ModeMengubah suhu udara secara cepat
SwingMenyesuaikan aliran udara vertikal dan horizontal
TimerMenyalakan dan mematikan AC secara otomatis
Set/ClearMengatur atau membatalkan fungsi khusus
Energy SavingFitur penghemat daya listrik
Room TempMenampilkan suhu ruangan
LightMengatur kecerahan lampu display remot
FuncMengakses fungsi dan fitur khusus
SleepMengatur mode sleep
ResetMengembalikan ke pengaturan awal pabrik

Beberapa fungsi mungkin saja tidak didukung, hal ini tergantung pada model AC LG yang terpasang dirumah. Perlu kamu ketahui bahwa tombol remot AC tekadang berubah seiring penambahan atau pengurangan fitur tertentu.

Setting AC LG Biar Cepat Dingin

Setting AC LG Biar DIngin

Tanpa memahami fungsi dari tombol remot, mustahil bagi kita untuk mengoperasikan AC LG secara optimal. Pengguna awal biasanya, hanya menyalakan perangkat lalu menurunkan suhu ke derajat paling rendah, terakhir menaikan kipas sampai kecepatan penuh.

Padahal cara setting AC LG itu ada sedikit ketentuan yang harus dipenuhi, agar hasilnya cepat dingin secara maksimal. Menekan tombol sembarangan malah membuat pemborosan daya listrik dan memaksa Air Conditioner bekerja berat.

Cara setting AC LG biar cepat dingin:

1. Atur Temperatur

Pertama kali menyalakan AC LG, atur temperatur pada suhu standar ruangan yaitu antara 22 sampai 25 derajat celcius. Jangan langsung menurunkan suhu ke yang paling dingin karena akan memaksa mesin kompresor bekerja dengan berat.

Kita pasti sudah mengerti bahwa segala sesuatu yang sifatnya memaksa itu tak akan awet, bisa jadi mesin pendingin udara kamu malah rewel sering di service. Jadi, cara setting AC LG yang benar sesaat setelah menyalakan perangkat ialah atur tempetarur ke suhu standarisasi ruangan.

Jika ingin mudah, LG memberikan fitur khusus 'Jet Mode' yang secara otomatis menurunkan suhu ruangan dengan cepat tanpa pengaturan manual dari pengguna.

2. Set Mode Cool

Ketika posisi temperatur telah di set ke nilai 22 derajat celcius dalam beberapa menit, ubah mode operasional AC LG menjadi cool. Perlu kamu ketahui bahwa mesin Air Conditioner mempunyai beberapa fitur khusus untuk mengakomodir tugas tertentu saja.

Sehingga kinerja mesin menjadi optimal sesuai perintah yang diberikan oleh pengguna. Mode Cool yang berlambang 'salju' akan membuat AC LG bekerja hanya untuk proses penurunan suhu ruangan saja.

Kondisinya akan bertolak belakang apabila kamu ingin mengurangi suhu, tetapi yang di atur malah mode kipas yang cuma mengeluarkan angin saja. Jadi, cara setting AC LG biar dingin maksimum di tahap kedua ialah Mode Cool.

3. Turunkan Suhu Secara Bertahap

Apabila hawa masih terasa panas, turunkan suhu secara bertahap beberapa menit setelah kamu mengatur temperatur ruangan pada sampai angka 22 derajat celcius. Artinya, jangan langsung mengurangi suhu dari angka 22 ke 16 derajat sekaligus.

Hal ini berakibat pada kinerja kompresor AC tidak maksimal sehingga hawa dingin tidak menyebar secara merata. Selanjutnya beban biaya listrik bertambah, karena proses pendinginan secara menyeluruh akan memakan waktu lama.

Hal yang harus kamu lakukan ialah menurunkan satu derajat saja, lalu ulangi di menit berikutnya sampai menemukan temperatur yang sesuai. Itulah cara setting AC LG tahap ketiga yang baik dan benar.

4. Atur Suhu Paling Rendah

Musim kemarau di ibukota tentu memberikan hawa panas yang cenderung lebih tinggi daripada keadaan cuaca normal. Oleh karena itu, mengurangi suhu secara bertahap mungkin masih belum memberikan efek pendinginan maksimum.

Sehingga, hal yang bisa kamu tempuh yaitu terus kurangi temperatur secara perlahan sampai angka 18 atau 16 derajat celcius. Dengan demikian, pelan tapi pasti kesejukan udara di ruangan akan tercapai.

5. Sesuaikan Kecepatan Kipas

Selanjutnya, cara setting AC LG biar dingin maksimum yaitu dengan melakukan penyesuaian terhadap kecepatan kipas. Semburan angin dari luar ke dalam ruangan bisa terjadi karena adanya kipas yang bertugas menyalurkan udara.

Nah, ketika temperatur telah kamu 'set' menjadi paling rendah, lakukan penyesuaian perputaran kipas dan bila perlu maksimalkan kecepatannya. Tapi, pastikan angin AC tersebut tidak mengenai tubuh secara langsung karena dapat mengganggu kesehatan.

6. Tutup Ruangan

Perlu kamu ingat bahwa semua tahap pendinginan akan belangsung lebih cepat pada sebuah ruangan yang tertutup. Selain itu, luas area juga menjadi faktor lain yang mempengaruhinya.

Namun, cara setting AC LG yang benar ditambah menutup ruangan akan menghasilkan suhu dingin maksimum. Walaupun lokasi tempat kamu berada cukup luas.

Penutup

Air Conditioner merk LG memang tergolong peralatan elektronik yang sudah teruji daya tahannya, plus konsumsi listrik rendah berkat teknologi inverter. Namun, cara setting AC LG yang salah berakibat pada masa pakai perangkat dan tagihan listrik.

Tanpa kita sadari, menurunkan suhu secara spontan justru berakibat pada kerja mesin pendingin semakin berat. Karena dipaksa secara sekaligus tanpa pertimbangan terlebih dahulu.

Niat memperoleh kesejukan maksimum, malah terkendala karena ternyata proses pendinginan berjalan lambat walaupun kamu telah mengatur ke temperatur paling rendah. Belum lagi, resiko kerusakan AC karena seringnya dipaksa kerja berat secara spontan.

Demikian pembahasan mengenai cara setting AC LG biar dingin maksimum tercapai di ruangan tempat kamu berada. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.