Cara Setting AC Samsung

Cara Setting AC Samsung Agar Dingin Maksimal 2021

Sponsor

Air Conditioner merupakan sebuah benda elektronik yang mulai banyak dibutuhkan oleh masyarakat seiring bertambah panasnya kondisi iklim Indonesia. Kali ini Sabiru akan memberi panduan cara setting AC Samsung biar cepat dingin secara maksimal.

Salah satu brand populer yang sudah memiliki nama yaitu Samsung, membuat beragam produk berkualitas termasuk Air Conditioner. Awalnya, perangkat ini hanya menjangkau konsumen kelas atas dan menjadi barang mewah, tetapi perkembangan teknologi membuat harganya kian terjangkau.

Lantas, kita bisa melihat bahwa kini rumah - rumah penduduk, perkantoran maupun instansi pemerintahan banyak yang telah memasang Air Conditioner. Dengan demikian, temperatur udara tinggi bukanlah menjadi halangan untuk terus beraktivitas secara produktif.

Hampir semua operasional Air Conditioner terletak pada remot kontrol, sehingga pengguna harus mengetahui beragam fungsi tombol. Dengan demikian, cara setting AC Samsung biar dingin juga akan semakin mudah untuk dipraktekan.

Fungsi Tombol Remot AC Samsung

Fungsi Tombol Remot AC Samsung

Kamu dapat mengamati bahwa remot AC terdiri dari sekumpulan simbol yang mempunyai fungsi berbeda - beda. Disisi lain, pengguna akhirnya tidak boleh menekan tombol secara sembarangan tanpa mengetahui apa manfaatnya.

Cara setting AC Samsung yang baik dan benar juga dapat dilakukan dengan memahami mode operasional yang ada pada remot kontrol.

Mode Auto

AC Samsung memiliki mode auto untuk memudahkan pengguna dalam melakukan setting secara otomatis. Dimana, fungsi ini akan membuat perangkat melakukan pengaturan suhu sekaligus kecepatan kipas berdasarkan temperatur ruangan yang terdeteksi oleh sensor.

Cara akses mode auto:

  • Nyalakan AC memakai remot kontrol dengan tekan tombol "on".
  • Tekan tombol auto mode pada remot hingga muncul indikator "auto" lalu biarkan AC bekerja sendiri.

Mode Turbo

AC Samsung juga mempunyai mode turbo untuk membantu pengguna memperoleh suhu maksimal dengan cepat. Fitur ini akan mempercepat proses dingin atau panas ruangan kamu secara efektif lalu mengoperasikan putaran fan hingga maksimum selama 30 menit.

Cara akses mode turbo:

  • Nyalakan AC dengan menekan tombol "power" pada remot kontrol.
  • Atur model operasional perangkat dengan tekan tombol "turbo" sampai indikator muncul pada display.
  • AC Samsung akan bekerja pada kecepatan auto fan sambil menyesuaikan temperatur suhu selama 30 menit.
  • Setelah itu, AC kembali beroperasi sesuai pengaturan pengguna sebelumnya.

Mode Dry

Mode Dry biasa disebut juga Dehumidifikasi yang akan menghilangkan kelembapan udara dalam ruangan, umumnya terjadi saat musim hujan agar tidak timbul jamur. Ketika diaktifkan, unit indoor akan menyala atau mati berulang kali secara otomatis untuk proses Dehumidifier maksimal, sesuai perbedaan antara suhu saat ini dengan temperatur yang diinginkan.

Perlu kamu ketahui bahwa semakin rendah suhu yang ditetapkan maka makin besar pula penghilangan kelembapannya. Selain itu, mode ini tidak dapat digunaan untuk memanaskan karena dirancang untuk menghasilkan efek samping mendinginkan.

Cara akses mode dry:

  • Hidupkan AC Samsung dengan menekan tombol "power" pada remot kontrol.
  • Atur mode operasi perangkat hingga muncul indikator "dry" pada display remot.
  • Kisaran suhu yang ideal untuk proses dehumidifikasi yaitu 24 sampai 26 derajat celcius.
  • Jika kamu merasa kellembapan udara saat ini sangat tinggu maka gunakan suhu rendah.
  • Matikan kembali mode dry apabila merasa sudah cukup.

Mode Fan

Kamu dapat mengoperasikan AC Samsung layaknya kipas angin dengan mengaktifkan pilihan mode fan. Fitur ini hanya akan mengatur kecepatan perputaran blower pada unit outdoor tanpa mempengaruhi temperatur ruangan.

Jadi, yang keluar dari panel indoor hanyalah berupa angin saja, tetapi pengguna dapat mengatur arah aliran udara sesuai kebutuhan.

Cara akses mode fan:

  • Hidupkan mesin AC dengan remot kontrol melalui tekan tombol "power".
  • Pilih mode operasional berupa "fan" sampai muncil indikator kipas dpada display remot.
  • Atur pula kecepatan perputaran fan sesui keinginan pengguna.

Selalu gunakan remot untuk menyesuaikan bilah aliran udara pada unit indoor, jangan menggerakannya secara manual karena akan langsung mengakibatkan kerusakan atau error.

Mode Cool

Mode Cool merupakan jenis operasional yang paling banyak digunakan, mengingat fungsi dari AC memang untuk mendinginkan udara. Pada saat diaktifkan, perangkat akan bekerja menurunkan suhu secara optimal, selain itu perputaran fan membantu untuk mempercepat prosesnya.

Cara akses mode cool:

  • Tekan tombol "power" pada remot kontrol untuk menghidupkan AC Samsung.
  • Aktifkan mode cool pada remot sampai muncul indikator "cool" dalam panel.
  • Atur besaran suhu udara sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Atur pula kecepatan perputaran fan agar lebih optimal.

Cara setting AC Samsung paling utama memang dengan mengaktifkan mode cool, hampir semua pengguna pasti menggunakan fitur yang satu ini.

Cara Setting AC Samsung Biar Dingin

Setting AC Samsung

Kenapa sih kita harus mengerti cara setting AC Samsung yang baik dan benar? Mungkin, sebagian orang belum pernah membaca refrensi mengenai hal ini, mereka cenderung menyalakan perangkat lantas menurunkan suhu begitu saja.

Padahal, ada tata cara setting AC Samsung sesuai buku petunjuk resmi dari produsen, dengan mengikuti aturan diharapkan kondisi mesin AC bisa awet dan hemat listrik. Berikut panduan selengkapnya:

Tutup Ventilasi Ruangan

Sebelum mengoperasikan Air Conditioner Samsung, langkah pertama pastikan terlebih dahulu bahwa semua ventilasi ruangan tertutup. Cek mulai dari pintu dan jendela agar udara dingin tidak lolos keluar dari wilayah pengguna.

Dengan memikian, operasional pendinginan udara berlangsung lebih cepat sekaligus menghemat konsumsi daya listrik secara berkelanjutan. Apabila lubang ventilasi terbuka, proses penurunan suhu kurang efektif karena membutuhkan waktu lama.

Atur Suhu Kamar

Setelah semua ventilasi tertutup, nyalakan AC Samsung melalui remot kontrol sekaligus mengatur temperatur pada suhu kamar, berkisar antara 22 sampai 25 derajat celcius. Biarkan sekitar satu menit agar kompresor dan unit AC melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Jangan langsung melakukan pengaturan suhu terendah ketika pertama kali AC menyala, hal ini mengakibatkan kompresor kaget karena dipaksa beroperasi tinggi secara mendadak. Penggunaan yang seperti demikian akan membuat daya tahan perangkat menurun atau cepat rusak.

Set Mode Cool & Turunkan Suhu

Tahap berikutnya dalam cara setting AC Samsung biar cepat dingin namun hemat listrik ialah menyetel mode cool. Fitur ini akan membuat perangkat fokus dalam proses pendinginan udara di ruangan secara optimal, kemudian sesuaikan besaran suhu.

Jika mode cool telah aktif, kamu dapat menurunkan suhu secara bertahap dengan skala 1 derajat setiap menit. Penurunan sekaligus berakibat pada kinerja kompresor semakin over dan tidak maksimal sehingga hawa dingin tidak menyebar secara merata.

Atur Kecepatan Fan

Langkah terakhir yaitu mengatur perputaran fan sesuai dengan kecepatan yang diinginkan agar proses penurunan suhu semakin optimal. Bila perlu atur pula arah aliran panel udara, tetapi sebaiknya tidak langsung menghadap ke pengguna.

Hal ini, akan menyebabkan masuk angin bagi mereka yang tidak terbiasa menerima hembusan dari panel secara langsung.

Penutup

Awet atau tidaknya air conditioner tergatung dari kebiasaan pengguna dalam mengoperasikan perangkat. Itulah kenapa kita perlu mengetahui cara setting AC Samsung yang baik dan benar biar cepat dingin.

Pemakaian sesuai buku petunjuk dapat memelihara kondisi perangkat dan membantu pengguna menghemat tagihan listrik setiap bulannya.

Demikian pembahasan ringkas perihal cara setting AC Samsung biar dingin maksimal dalam waktu singkat. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi mereka yang membutuhkan, semalat mencoba.