Arti Simbol Remote AC Samsung

Pengaturan & Arti Simbol Remote AC Samsung 2021

Sponsor

Mengenal arti simbol remote AC Samsung beserta pengaturannya akan membuat pengguna semakin mudah mengoperasikan mesin Air Conditioner dengan baik dan benar. Sehingga perintah yang kamu entri melalui tombol begitu efektif tanpa membuat kondisi perangkat menjadi error.

Produk AC Samsung terus di perbaharui mengikuti perkembangan zaman, mulai dari desain sampai beragam fitur agar pengguna semakin nyaman menikmati kesejukan udara. Disamping itu, melalui inovasi inverter membuat jumlah konsumsi daya listrik menurun hingga 70 persen.

Biar AC tetap terawat dalam jangka waktu lama, kamu perlu melakukan pembersihan secara berkala melalui tenaga profesional. Disisi lain, cara pemakaian sehari - hari akan mempengaruhi tingkat keawetan Air Conditioner tersebut berikut komponen yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, referensi mengenai arti simbol remote AC Samsung sangat bermanfaat untuk memberikan pemahaman sedini mungkin bagi pengguna. Sehingga, mereka bisa melakukan pengaturan dengan baik sesuai arahan buku petunjuk resmi dari produsen.

Komponen AC Indoor Samsung

Komponen AC Indoor Samsung

AC Indoor merupakan unit yang terpasang dalam ruangan terletak pada dinding dengan ketinggian tertentu. Kali ini, Sabiru akan menjelaskan apa saja bagian - bagian penting yang perlu kamu ketahui agar mampu melakukan pengaturan remote AC Samsung.

Berikut komponen AC Indoor merk samsung:

NoPenjelasan
01Air intake berguna sebagai komponen untuk jalur asupan udara dari luar
02Air filter merupakan bagian penyaring udara sebelum disalurkan ke ruangan
03Air flow merupakan sebuah panel untuk mengatur arah aliran udara secara vertikal
04Panel air flow yang mengatur arah aliran udara secara horizontal
05Bagian yang di dalamnya berisi sensor temperatur
06Panel display untuk menampilkan beragam indikator kepada pengguna
07Tombol power manual yang berguna ketika remot kontrol rusak
08Ionizer merupakan fitur khusus untuk proses ionisasi

Gambar diatas hanyalah sebuah ilustrasi, karena letak komponen bisa saja berbeda sesuai dengan produk dan jenisnya masing - masing. Namun, desain hampir sama untuk semua merk AC Split yang beredar di pasaran Indonesia.

Paling perbedaan nya terletak pada fitur khusus, posisi display dan tombol power saja sehingga gambar ilustrasi tersebut mewakili sebagian besar komponen AC. Jangan membongkar komponen sembarangan, serahkan kepada tenaga profesional.

Arti Simbol Remote AC Samsung

Daftar Arti Simbol Remote AC Samsung

Perlu kamu ketahui bahwa arti simbol remote AC Samsung terletak pada tombol fisik dan indikator display, yang bisa dilihat secara jelas oleh pengguna. Lambang - lambang tersebut mempunyai fungsi berbeda antara satu dengan lainnya, untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel berikut ini.

Tombol RemotFungsi
On/OffMenyalakan dan mematikan AC Samsung
TempMengatur besaran suhu udara berdasarkan indikator yang disetel pengguna
FanMengelola kecepatan perputaran kipas AC
ModeMemilih mode operasi otomatis seperti cool, dry, auto dan dehumidifikasi
Single UserFitur khusus untuk mengaktifkan proses penghematan konsumsi daya listrik
TimerMengatur nyala atau hidup perangkat AC sesuai indikator pengguna.
OptionsMembuka pengaturan menu lebih lanjut
SettingsMengakses pengaturan fitur tertentu
SetMenetapkan atau menyetel indikator

Letak tombol bisa saja berbeda dan sebagian fungsi mungsi saja tidak ada pada model AC Samsung tertentu. Hal ini kembali lagi kepada tipe seri perangkat yang terpasang di rumah kamu.

Pengguna dapat memakai remot kontrol untuk mengoperasikan berbagai fungsi AC seperti memilih mode, mengontrol suhu, mengatur kecepatan fan dan mengelola arah aliran udara. Berikut beberapa indikator model operasional AC Samsung:

ModeKontrol Temperatur
Auto/CoolSesuaikan setiap 1 digit antara suhu 16 sampai 30 derajat celcius
DrySesuaikan setiap 1 digit antara suhu 18 sampai 30 derajat celcius
FanPengguna tidak dapat mengatur perubahan suhu udara

Itulah beberapa arti simbol remote AC Samsung yang paling penting dan sering pakai oleh pengguna. Simpel juga mudah untuk kita pelajari.

Pengaturan Remote AC Samsung

Pengaturan Remote AC Samsung

Pengaturan remote AC Samsung merupakan langkah paling penting ketika kita mencoba mengoperasikan perangkat Air Conditioner. Banyak tombol dan fungsi tertentu yang dapat kamu praktekkan sesuai kebutuhan masing - masing, lihat gambar diatas untuk ilustrasi.

Selanjutnya, kamu dapat mempelajari arti simbol remote AC Samsung agar dapat melakukan pengaturan seperti dibawah ini:

Pengaturan Cool Mode

Saat cuaca panas, gunakan cool mode untuk tetap menikmati kesejukan udara dalam ruangan. Fitur ini bekerja cerdas dan kuat, namun pastikan bahwa semua ventilasi tertutup.

Cara pengaturan cool mode:

  • Nyalakan AC Samsung melalui tombol "power" pada remot kontrol.
  • Tekan tombol "mode" lalu pilih "cool" untuk memulai proses pendinginan.
  • Atur besaran suhu dan kecepatan fan sesuai kebutuhan.
  • Gunakan pula fungsi "2-step" untuk proses pendinginan secara cepat.
  • Tekan "option" lalu pilih fitur "2-step" dan kunci dengan tombol "set".

Pengaturan Dry Mode

Dry mode disbut juga "dehumidifier" yang akan menghilangkan kelembapan udara sekaligus menjaga ruangan tetap kering dan nyaman. Hal ini berguna ketika cuaca hujan serta menghindari timbulnya jamur pada AC Samsung maupun lingkungan sekitar.

Cara pengaturan dry mode:

  • Nyalakan mesin AC dengan tombol "power" pada remot.
  • Tekan "mode" lalu pilih opsi "dry" sampai indikator dmucul pada display.
  • Biarkan perangkat beroperasi sebagaimana mestinya.

Pengaturan Mode Auto

Samsung Electronics menyediakan fitur auto yang akan bekerja secara otomatis sehingga memudahkan pengguna menikmati kesejukan tanpa melakukan pengaturan apapun.

Cara pengaturan mode auto:

  • Hidupkan AC dengan tombol "power" pada remot kontrol.
  • Tekan "mode" kemudian pilih "auto" hingga indikator tampil pada display.
  • Biarkan AC Samsung bereoperasi secara otomatis untuk menemukan pengaturan terbaik sesuai kondisi ruangan.

Pengaturan Mode Fan

Gunakan fitur mode fan apabila kamu ingin menjalankan AC seperti sebuah kipas angin biasa tanpa mengubah temperatur suhu udara dalam ruangan.

Cara pengaturan mode fan:

  • Hidupkan mesin Air Conditioner melalui tombol "power" pada remot.
  • Tekan "mode" lantas cari opsi "fan" sampai tampil indikator pada layar.
  • Atus kecepatan perputaran fan sesuai keinginan.

Masih banyak mode lainnya seperti fast, quiet, comfort dan beep yang bisa kamu coba. Asalkan sudah mengerti arti simbol remote AC Samsung dengan baik dan benar.

Masalah dan Solusi

Solusi AC Samsung

Sebenarnya, arti simbol remote AC Samsung dapat memberi petunjuk kepada pengguna apabila terjadi kendala, dimana permasalahan terletak pada pengaturan dan bukan kerusakan komponen. Berikut ini beberapa contoh troubleshooting yang bisa kamu coba utnuk mengatasi error.

AC Samsung Tidak Berfungsi

Terkadang, pengguna mengalami sebuah kondisi dimana AC tidak berfungsi sama sekali, permasalahan seperti ini membutuhkan diagnosis cermat. Lakukan langkah - langkah berikut untuk mengatasinya:

  • Periksa status daya, matikan perangkat selama 10 menit lalu coba untuk menyalakan kembali.
  • Pastikan isolator dihidupkan dengan benar.
  • Cek apakah fitur timer sedang aktif, bila demikian silahkan nyalakan AC lalu matikan timer tersebut.

Tidak Bisa Mengatur Suhu AC

Pemula mungkin akan merasa kaget ketika suhu AC tidak dapat berubah walaupun telah menaikan atau menurunkan pengaturannya. Jangan panik, hal ini bukanlah sebuah kesalahan maupun kerusakan, melainkan keadaan normal ketika mesin pendingin udara beroperasi dalam mode fan.

Cara untuk mengatasinya cukup mudah yaitu periksa apakah mode fan sedang aktif dengan melihat indikator display remot kontrol. Matikan fitur tersebut maka kamu langsung bisa mengubah suhu AC Samsung seperti sedia kala.

Udara Sejuk Tidak Keluar dari AC

Kondisi ketika udara sejuk tidak keluar dari AC dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesalahan instalasi, kurang tepatnya memilih mode operasional, keadaan lingkungan dan perlunya pembersihan pada unit AC Samsung tersebut.

Berikut cara masalah mengatasi udara sejuk tidak keluar dari AC:

  • Periksa apakah temperatur yang disetel dalam mode cool lebih tinggi daripada suhu saat ini, segera tekan tombol remot untuk menurunkannya dengan nilai rendah.
  • Filter udara yang tersumbat karena banyaknya kotoran maupun debu akan mengurangi kinerja pendinginan. Periksa dan bersihkan secara teratur untuk memelihara operasional AC agar tetap optimal.
  • Lihat apakah unit outdoor tertutup sesuatu, lepaskan penghalang tersebut untuk mengembalikan fungsi menjadi normal.
  • Lihat pula kondisi ventilasi seperti pintu dan jendela apakah terbuka, hal ini mengakibatkan proses pendinginan menjadi buruk, segera tutup untuk mengatasinya.

Penutup

Arti simbol remote AC Samsung dapat kita lihat pada buku manual resmi dari produsen, biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian perangkat. Banyak sekali lambang - lambang yang tertera pada tombol maupun display panel alat pengendali jarak jauh.

Demikian pembahasan perihal topik arti simbol remote AC Samsung yang dapat kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk semua sahabat Sabiru.