Daftar Satelit Ku Band

Daftar Satelit Ku Band Baru di Parabola Mini 2020

Sponsor

Referensi yang berisi daftar satelit Ku Band terbaru untuk parabola mini memang sangat diperlukan bagi para penikmat siaran digital bebas iuran bulanan. Beberapa provider saling berkompetisi untuk memperoleh pemirsa setia sebanyak - banyaknya.

Dulu, antena parabola mini identik dengan televisi berlangganan yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan ekonomi kelas atas saja. Seiring dengan perkembangan industri televisi satelit, opini tersebut kian memudar ketika salah satu penyedia layanan tv satelit yaitu Ninmedia menggratiskan seluruh siarannya.

Hal ini tentunya membawa angin segar bagi seluruh masyarakat indonesia, untuk dapat menikmati siaran digital dengan kualitas jernih. Mengingat sinyal satelit mampu menjangkau seluruh pelosok negeri. Sehingga rakyat kecil pun sudah bisa memasang parabola mini dengan biaya terjangkau.

Model bisnis industri televisi satelit saat ini lebih ke arah bebas biaya bulanan dengan memakai receiver rekomendasi. Namun, ada juga beberapa satelit yang menawarkan siaran Free To Air untuk semua orang.

Nah, untuk menghindari kebosanan karena channel sedikit, kita bisa menggabungkan beberapa provider atau berpindah antar satelit sesuka hati. Tentunya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai daftar satelit ku band yang mengudara di wilayah Indonesia.

Ses 9

Satelit Ses 9

Satelit komunikasi Ses 9 mengudara pada orbit bumi dengan posisi 108.2 E, di bekali transporder Ku band berkekuatan tinggi yang menyediakan layanan untuk wilayah Asia, Asia Selatan dan Indonesia. Ses 9 menjadi satelit ku band yang cukup populer saat ini, karena di huni oleh dua provider bergengsi yaitu Nex Parabola dan Matrix Garuda.

Nex Parabola memberikan penawaran menarik dengan model bisnis televisi satelit bebas iuran bulanan yang di bekali jumlah channel nasional lengkap. Tidak hanya itu, pemirsa juga bisa menonton beberapa siaran premium secara gratis. Sayang sekali, tidak ada slot stasiun televisi Free To air pada provider ini.

ProviderTransporderSpektrum
Nex Parabola11921 V 45000Ku Band

Matrix Garuda merupakan provider kedua yang sudah dikenal cukup lama. Dengan memakai decoder rekomendasi, kamu juga bisa memperoleh beragam siaran lokal dan premium gratis. Paling minusnya tanpa MNC Grup saja. Selain itu, tersedia juga paket untuk beragam channel tertentu jika kamu menginginkannya.

ProviderTransporderSpektrum
Matrix Garuda11101 V 45000Ku Band

Terdapat beberapa stasiun televisi yang bersifat Free To Air pada Ses 9 ini, pengguna pada umumnya menggabungkan dengan satelit lain. Sehingga, channel FTA yang diperoleh bertambah banyak.

Measat 3a

Satelit Measat 3a

Measat 3a mengudara pada orbit bumi pada posisi 91.4 E dan di huni oleh provider ternama yaitu K-Vision. Hebatnya, banyak siaran Free To Air yang bisa kita nikmati secara gratis dengan receiver merk apapun.

K-Vision sendiri merilis Decoder resmi bagi pemirsa yang mengharapkan tontonan dengan jumlah channel nasional lengkap. Bahkan masih ada tambahan beragam siaran premium secara gratis juga.

ProviderTransporderSpektrum
K-Vision12436 H 31000Ku Band
12396 H 31000Ku Band

Satelit Ku Band measat 3a paling sering menjadi buruan pengguna televisi bebas iuran bulanan. Hal ini tentunya karena provider K-Vision menawarkan banyak channel Free To Air yang berkualitas.

Lumayan lho gan, masih ada harapan bagi rakyat kecil yang hanya mempunyai decoder lama. Walaupun tanpa channel Emtek Grup dan Mnc Grup.

Chinasat 11

Satelit Chinasat 11

Satelit Ku Band yang bernama Chinasat 11 sempat membuat heboh industri televisi digital dengan hadirnya provider Ninmedia. Karena pada awal kemunculannya memberikan tontonan free to air untuk semua channel nasional lengkap.

Ninmedia sempat menjadi primadona pada masanya dan kini masih tetap eksis memberikan hiburan bagi masyarakat kecil. Provider ini merilis decoder rekomendasi bagi mereka yang ingin channel yang lebih banyak secara gratis. Namun, tetap di barengi beragam hiburan FTA bagi semua orang.

ProviderTransporderSpektrum
Ninmedia12500 V 43200Ku Band
12560 V 43200Ku Band

Oiya, ninmedia juga mengganteng tivi plus bagi kamu yang ingin menambah channel premium lain secara berlangganan per bulan. Harga paket juga cukup terjangkau di kelasnya.

JCSAT 4B

Satelit JCSAT 4B

Satelit Ku Band yang bernama JCSAT 4B mengudara pada posisi 124.0 E yang ditempati oleh provider Big TV. Untuk saat ini, satelit JCSAT 4B bisa menjadi pilihan alternatif yang memberikan beragam channel Free To Air yang berkualitas.

Terdapat sekitar 29 siaran gratis yang bisa dinikmati oleh decoder merk apapun. Pengguna biasanya menggandeng Big TV dengan satelit lain sebagai pelengkapnya.

ProviderTransporderSpektrum
Big TV12490 H 30000Ku Band

Konon, provider big tv telah bangkrut karena model bisnis televisi berlangganan sudah tidak sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini. Semoga provider ini bisa bangkit kembali dengan menghadirkan tv satelit bebas iuran seperti kompetitor lainnya.

Measat 3b

Satelit Measat 3b

Measat 3b mengudara di posisi 91.5 E yang menjadi tempat bernaung provider Transvision menghadirkan proruk baru berupa televisi bebas iuran bernama Nusantara HD. Walaupun baru seumur jagung, model bisnis Nusantara HD ini mulai digemari oleh masyarakat di Indonesia.

Kamu bisa menikmati tayangan nasional lengkap secara gratis tanpa iuran bulanan. Selain itu, jika ingin menambah channel premium dengan harga terjangkau, cukup membeli voucher saja. Tentunya tayangan hanya bisa di tonton dengan Decoder Nusantara HD saja.

ProviderTransporderSpektrum
Nusantara HD12643 H 30000Ku Band

Transporder diatas khusus untuk pita frekuensi satelit ku band saja yang digandeng dengan satu set antena parabola mini.

Thaikom 4

Satelit Thaikom 4

Thaikom 4 merupakan satelit ku band terakhir yang bisa menjadi alternatif kamu menambah siaran Free To Air. Mengudara pada orbit bumi dengan posisi 119.5 E menjadi tempat bernaung Aora TV. Provider ini telah lama gulung tikar dan menyisakan beberapa channel FTA.

ProviderTransporderSpektrum
Aora TV11686 V 6666Ku Band

Terdapat sekitar 13 channel free to air yang masuh aktif mengudara dan tak ada siaran lain lagi. Tracking thaikom 4 ini lebih di sarankan jika digandeng dengan satelit lain, dengan menggabungkan dua atau lebih LNB di dalam satu dish.

Kesimpulan

Industri televisi satelit bebas iuran saat ini tengah menunjukan tren positif, dimana kesadaran masyarakan akan tayangan digital semakin digemari. Model bisnis tv satelit yang cocok untuk kondisi sekarang yaitu tanpa biaya bulanan atau memakai decoder rekomendasi.

Beberapa provider saling berkompetisi pada pita frekuensi satelit ku band, yang diyakini lebih simpel karena hanya memerlukan antena parabola mini. Berikut beberapa penyedia layanan ku band yang bisa kamu lirik :

  • Ses 9 dengan operatornya Nex Parabola dan Matrix Garuda
  • Measat 3a untuk provider K-Vision
  • Chinasat 11 yang di pupulerkan oleh Ninmedia
  • JCSAT 4B masih bepotensi di tracking karena banyak channel FTA
  • Measat 3b dengan produk barunya bernama Nusantara HD
  • Thaikom 4 menjadi alternatif terkahir siaran FTA

Nah, demikian pembahasan mengenai daftar satelit ku band untuk wilayah indonesia edisi 2020. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Sabiru.