Reset Epson L1110

Berhasil: Begini Cara Reset Epson L1110 Edisi 2020

Sabiru
Sponsor

Sama seperti perangkat sejenis lainnya, reset epson L1110 merupakan salah satu cara untuk memperbaiki printer agar bisa kembali normal. Memang, terkadang kita menemukan kendala ketika sedang mencetak dokumen.

Hal itu membuat perkerjaan terganggu, apalagi jika printer di pakai bersama - sama. Selalu saja ada orang lain yang kurang memperhatikan tata cara perawatan mesin cetak yang baik dan benar.

Spesifikasi Epson L1110:

ModelEpson L1110
KertasA4, F4, Letter
Paper Tray1 port
Sistem TankTabung Luar
FiturHanya Print
JenisPrinter Warna
TeknologiOn Demand Inkjet
KonektivitasUSB 2.0
Print Speed10 ipm Hitam
05 ipm Warna
Scan SpeedTidak Mendukung
Copy SpeedTidak Mendukung
Berat2,7 kg
Sistem OperasiWindows XP / Vista / 7 / 8 / 10
Mac OS X
Linux
DriverEpson L1110 Driver
HargaRp. 1.600.000

Memilih printer merk Epson tidaklah mudah, karena begitu banyak varian yang tersedia. Namun, bila kamu ingin mesin cetak foto dan dokumen yang terjangkau serta mengakomodir keperluan rumah tangga, Epson L1110 patut untuk menjadi incaran.

Pasalnya, printer Epson dengan tipe EcoTank ini cukup terkenal tangguh di kelasnya. Tapi, perangkat tersebut hanya mendukung aktivitas cetak saja tanpa fitur lain, berdasarkan penjelasan tabel diatas.

Kendala Epson L1110

Solusi Kendala Epson L1110

Mungkin diantara kalian masih ada yang belum tahu, untuk apa sih reset Epson L1110? Seiring berjalannya waktu, semua printer pastilah akan mengalami beberapa permasalahan atau kendala.

Tinggal dari sisi penggunanya saja, apakah mereka bisa mengatasi sekaligus memperbaiki semua permasalahan Epson L1110 atau tidak. Faktor penyebab printer error biasanya terjadi karena dua hal yaitu Internal dan Eksternal.

Faktor internal bisa timbul karena data yang terekam di dalam Chipset printer sudah penuh. Pada kondisi seperti ini, satu - satunya solusi hanyalah dengan melakukan reset Epson L1110.

Sedangkan, faktor eksternal disebabkan oleh beberapa komponen penting pada printer sedang mengalami masalah. Misalnya catridge rusak, roller macet, tabung bocor, tinta habis dan sebagainya.

Berikut kendala yang sering terjadi pada Epson L1110:

Tidak Menarik Kertas

Saat melakukan pencetakan dokumen, terkadang printer tidak menarik kertas. Kondisi seperti ini memang sering terjadi, tidak perlu panik atau khawatir.

Coba periksa dengan cermat pada bagian dalam maupun cover Epson L1110, cek barangkali ada sesuatu yang masuk ke printer. Jika tidak ada, kemungkinan penyebabnya ialah roller sudah aus.

Kamu bisa memperbaiki roller tersebut atau menggantinya dengan yang baru.

Lampu Berkedip

Ketika lampu notifikasi berkedip, printer epson akan mogok sehingga menolak untuk mencetak. Bagaimana mengatasi kondisi seperti ini?

Kita harus menganalisa terlebih dahulu kira - kira apa penyebab lampu pada printer berkedip. Dengan demikian, kamu akan menemukan cara untuk memperbaikinya.

Lampu Epson L1110 menandakan beberapa hal berikut :

  • Tinta yang berada pada tabung hampir habis.
  • Paper Jam atau dokumen tersangkut di dalam perangkat.
  • Kertas pada "paper tray" habis sehingga harus di isi kembali.
  • Perlu dilakukan reset yang ditandai notifikasi ada komputer "service required"

Tidak Keluar Tinta

Pada saat mencetak dokumen maupun foto, terkadang pengguna mengalami kendala dimana tinta tidak keluar. Sehingga hasil cetak buram atau kosong sama sekali.

Hal ini saja terjadi karena tinta sudah habis, macet, kering, dan head sudah tidak layak. Cara mengatasinya dimulai dengan selalu memperhatikan batas minimal tinta pada tabung.

Selain itu, usahakan mencetak dokumen minimal satu lembar setiap hari, agar sirkulasi tinta tetap lancar. Selanjutnya, lakukan head cleaning secara berkala dan mengganti catridge apabila sudah rusak.

Tidak Dapat Mencetak

Printer pending (tertunda) ialah suatu kondisi dimana perangkat tidak mampu merespon dokumen yang akan dicetak. Masalah seperti ini cukup sering dialami oleh hampir semua pengguna.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melihat notifikasi status cetak pada printer. Hapus tugas yang error kemudian cobalah restart Epson L1110 atau komputernya.

Contoh gambaran notifikasi status cetak :

Nama DokumenStatus
Lamaran Kerjaerror
Curriculum Vitaewaiting

Cara Reset Epson L1110

Cara Reset Epson L1110

Tahukah kamu, reset Epson L1110 sebenarnya sama saja dengan printer tipe lainnya. Syarat utama untuk melakukan pekerjaan ini yaitu tool khusus dari pihak pabrik.

Reset berfungsi menghapus semua data yang terekam pada chipset serta mengembalikan pengaturan printer kembali ke awal. Cara ini menjadi solusi terakhir bagi kamu yang ingin memperbaiki Epson agar kembali normal.

Reset Epson L1110 Manual

Salah satu cara paling simpel untuk menormalkan kembali printer Epson L1110 ialah dengan melakukan reset manual. Tetapi perlu di ingat, bahwa metode ini hanya berlaku apabila kondisi perangkat belum mencapai batas maksimum pemakaian.

Cara reset Epson L1110 manual :

  • Cabut kabel daya printer sekitar 5 menit sampai sisa listrik yang tersimpan dalam perangkat habis.
  • Nyalakan komputer, tunggu sampai benar - benar masuk tampilan desktop.
  • Pasang kembali kabel daya Epson L1110 lalu nyalakan dengan menekan tombol "Power".
  • Tekan dan tahan tombol "Resume" atau "Logo Tinta" selama 5 detik lalu lepaskan.
  • Ulangi langkah tekan dan tahan tombol "Resume" tersebut.
  • Tunggu beberapa saat, printer akan melakukan reset secra otomatis.
  • Biarkan hingga lampu indikator berhenti berkedip.
  • Selesai, printer siap kamu gunakan kembali.

Software Resetter Epson L1110

Epson Adjustment Program merupakan tool khusus yang dikembangkan secara resmi oleh pihak pabrik. Salah satu manfaatnya ialah mampu me-reset dan mengatur printer agar kembali seperti semula.

Cara reset Epson L1110 lewat software :

  • Pasang software Epson Adjustment Program terlebih dahulu.
  • Buka aplikasi resetter tersebut lalu pilih "Particular Adjustment Mode".
    Software Reset Epson L1110 - Part 1
  • Akan muncul jendela baru langsung pilih "Waste Ink Pad Counter" lalu tekan "OK".
    Software Epson L1110 - Part 2
  • Selanjutnya ceklis pilihan "Main Pad Counter" dan "Platen pad Counter", kemudian tekan tombol "Check" dilanjutkan "Initialize".
    Software Reset Epson L1110 - Part 3
  • Terakhir tekan "Finish", perhatikan layar komputer akan muncul pesan "Please Turn Off and Turn On Your Printer".
  • Silahkan kamu restart printer, lalu tunggu hingga lampu indikator berhenti berkedip.
  • Reset epson L1110 sukses, selesai.

Perlu kamu ketahui, penulis tidak menyediakan software resetter epson dengan alasan legalitas. Kami menganggap bahwa kamu telah memiliki aplikasi tersebut sebelumnya. Bisa menghubungi halaman resmi epson atau membeli secara online.

Gagal Reset Epson L1110

Kegagalan proses reset Epson L1110 mungkin saja terjadi, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan dan analisa kembali pada printer. Hal ini untuk mengantisipasi barangkali ada kesalahan prosedur.

Berikut cara mengatasi gagal reset printer Epson L1110 :

  • Periksa dan cek perangkat dari kemungkinan ada benda asing di dalamnya.
  • Bersihkan catridge, roller dan printer secara keseluruhan.
  • Bersihkan juga tabung pembuangan tinta.
  • Ganti bantalan tinta bila diperlukan.
  • Cabut kabel daya sekitar 5 menit sebelum melakukan reset ulang.

Jika langkah ini sudah dilakukan, tetapi printer masih saja tidak berfungsi normal. Sudah saatnya kamu membawa ke Epson Service Center atau toko reparasi terdekat.

Kesimpulan

Printer Epson dengan seri L1110 menjadi perangkat terpopuler yang menawarkan kinerja terbaik dengan harga terjangkau. Sangat cocok di pakai untuk keperluan rumah tangga dan UKM.

Beberapa kendala yang terjadi pada printer Epson L1110 dapat diatasi secara mandiri oleh pengguna. Selain itu, pihak pabrik mengembangkan software khusus untuk melakukan reset total pada perangkat.

Demikian pembahasan mengenai Cara Reset Epson L1110 Edisi 2020. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kamu yang mempunyai mesin cetak tersebut. Selamat mencoba!