Reset Printer Epson L120

Berhasil: Cara Reset Printer Epson L120 Edisi 2020

Sabiru
Sponsor

Reset printer Epson L120 hanyalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki permasalahan pada mesin pencetak merk Epson ini. Sangat menjengkelkan bukan, ketika ada keperluan penting dimana dokumen harus segera di cetak namun printer malah error.

Epson L120 merupakan produk terjangkau yang diperuntukan untuk pelajar dan mahasiswa, mempunyai tangki tabung pada bagian luar. Sehingga biaya isi ulang tinta lebih murah, mudah dan hemat. Seri L120 ini paling populer, yang banyak digunakan untuk keperluan sekolah, administrasi maupun bisnis.

Spesifikasi Epson L120

ModelEpson L120
HargaRp. 1.550.000,-
KertasA4 + F4
TankTabung Luar
FiturPrint Saja
JenisPrinter Warna
KonektivitasUSB 2.0
Sistem OperasiWindows XP / Vista / 7 / 8 / 10
Mac OS X
Linux
DriverEpson L120 Driver

Kegiatan print berkas dalam jumlah banyak terasa ringan bagi Epson L120. Pasalnya, pihak produsen telah menyematkan kecepatan pencetakan hingga 8.5 ipm untuk hitam putih serta 4.5 ipm pada dokumen berwarna.

Tabung tangki yang terisi penuh mampu mencetak hingga 4.500 halaman untuk kondisi tertentu. Di sisi lain, penulis sangat merekomendasikan agar kamu selalu memakai tinta isi ulang original.

Penyebab Error Epson L120

Fix Printer Epson L120 Error

Membeli sebuah printer canggih dan berkualitas memiliki keuntungan tersendiri bagi para pemakainya. Seperti mempermudah pelajar ketika mengerjakan tugas atau skripsi, memperlancar andministrasi perkantoran dan menunjang perkembangan bisnis.

Namun, disisi lain pengguna terkadang menemukan kendala pada saat mencetak dokumen. Mulai dari hal sepele sampai dengan tingkat kerusakan berat. Sebagian permasalahan memang bisa ditangani sendiri, tetapi kerusakan berat memerlukan perhatian khusus dari ahlinya.

Berikut penyebab error pada printer Epson L120 :

  • Paper Jam
    Sebuah kondisi dimana kertas yang dipakai tersangkut di dalam mesin, sehingga membuat printer Epson L120 berhenti bekerja. Biasanya terjadi karena kertas terlalu banyak, tipis atau sensor rusak. Untuk mengatasinya, masukan kertas secukupnya pada Paper Tray dengan ketebalan normal. Jika sensor rusak otomatis harus diperbaiki ke Service Center.
  • Over Load Paper
    Sebuah kondisi ketika printer Epson L120 menarik banyak kertas lebih dari satu lembar. Masalah ini ada pada roller penarik kertas yang sudah aus. Pengguna disarankan untuk segera mengganti part roller tersebut, karena sangat sulit untuk memperbaikinya.
  • Ink Error
    Terkadang pengguna menemukan kendala dimana hasil cetak terlihat buram bahkan kosong sama sekali. Biasanya terjadi karena tinta macet, kamu harus memperhatikan batas terendah pada tangki Epson L120 dan segera mengisi ulang. Selain itu, perhatikan juga head printer kemungkinan tersumbat atau rusak. Lakukan head clean sampai printer kembali normal atau penggantian part berupa cartridge.
  • Error Ink Notification
    Saat kamu akan mencetak dokumen, terkadang printer Epson L120 menunjukan notifikasi tinta kosong, padahal di dalam tabung masih terisi penuh. Kita bisa mengatasi masalah ini dengan me-reset atau restart kembali sistem. Reset berfungsi untuk mengembalikan Epson ke pengaturan semula ( tekan tombol tinta selama 5 detik, lepas lalu tekan kembali selama 3 detik ).
  • Waste Ink Pad Counter
    Epson L120 melakukan penghitungan pada setiap dokumen yang dicetak, lalu mati secara otomatis pada jumlah tertentu untuk mencegah meluapnya bantalan limbah tinta. Biasanya ketika bantalan terisi limbah sebanyak 80%, mesin akan menunjukan notifikasi kesalahan dan menolak mencetak lagi. Pengguna harus melakukan reset agar kembali ke pengaturan semula, sehingga data hitungan pada Chip di kosongkan. Idealnya, kamu membersihkan atau mengganti bantalan tersebut sebelum me-reset printer.

Nah, bagaimanakah cara reset printer Epson L120? Terdapat dua metode untuk mengembalikan ke pengaturan awal yaitu manual dan Program Resetter.

Reset Epson L120

Reset Epson L120

Panduan reset printer Epson L120 ini sebenarnya bisa juga di implementasikan pada tipe lain. Seperti yang kita ketahui, bahwa pihak produsen merilis beberapa seri-L dengan spesifikasi dan harga yang berbeda - beda.

Berikut contoh Epson L-Series diantaranya :

Epson L100Epson L310
Epson L110Epson L350
Epson L120Epson L355
Epson L200Epson L360
Epson L210Epson L365
Epson L220Epson L385
Epson L300Epson L405

Masih banyak seri lain dengan tipe kode L yang tidak bisa saya sebutkan satu - persatu. Reset printer Epson L120 lebih diutamakan untuk kondisi dimana lampu indikator berkedip, berarti menandakan bahwa mesin pencetak tersebut sedang bermasalah atau error.

Reset Printer Epson L120 Manual

Epson L120 dibekali sensor untuk memonitor isi tinta yang terdapat pada tangki. Mesin akan memberi notifikasi ketika jumlah cairan dalam tabung mencapai batas minimum, agar pengguna segera melakukan refill.

Namun, terkadang pemberitahuan Ink Level ini masih saja muncul walaupun kita sudah mengisi tangki sampai penuh. Nah, pada kondisi tersebut kamu bisa reset Epson L120 melalui tombol di printer.

Cara reset printer Epson L120 manual :

  • Nyalakan komputer dan printer Epson L120 milik kamu.
  • Tekan dan tahan tombol Power + Resume sekitar 5 detik lalu lepaskan.
  • Tekan kembali kedua tombol tersebut sekitar 3 detik kemudian lepas.
  • Biarkan printer beberapa saat, nanti akan kembali berfungsi normal.

Selanjutnya, kamu tinggal memakai printer seperti biasa untuk mencetak dokumen maupun foto. Bila cara di atas belum bisa mengatasi error pada Epson L120, silahkan coba reset lewat bantuan software khusus.

Software Reset Printer Epson L120

Software resetter membantu pengguna untuk mengembalikan kondisi printer Epson L120 ke pengaturan awal. Dimana, program ini akan menghapus semua data yang terekam pada Chip.

Berikut cara reset printer Epson L120 melalui software :

  • Buka Epson Adjustment Program, lalu pilih Particular Adjustment Mode.
    Software Epson L120 Resetter
  • Akan tampil jendela berikutnya langsung pilih Waste Ink Pad Counter, lalu tap OK.
    Software Epson L120 Resetter 2
  • Muncul jendela utama untuk me-reset Epson L120.
    Software Epson L120 Resetter 3
  • Cek pilihan Main Pad Counter, lalu tap Initialize.

Perlu kamu ketahui bahwa kami menganggap pengguna telah memiliki software Epson Adjustment Program. Karena alasan legalitas, penulis tidak menyediakan file program tersebut di website ini.

Kesimpulan

Epson L120 merupakan salah satu produk printer yang paling banyak diminati oleh masyarakat karena harganya terjangkau. Namun, kualitas dan kecepatan dalam mencetak dapat kamu andalkan, dalam mengakomodir aktivitas sehari - hari.

Disisi lain, printer Epson L120 mengusung desain tabung tinta yang berada diluar. Hal ini menjadi nilai lebih yang diberikan pihak produsen, dimana pengguna bisa melakukan refill sendiri.

Seiring dengan pemakaian, terkadang para pemakai Epson L120 menemukan beberapa kendala seperti :

  • Dokumen tersangkut di printer.
  • Kertas yang tertarik lebih dari satu lembar.
  • Hasil cetak buram atau bahkan kosong.
  • Printer menunjukan notifikasi level tinta padahal tabung terisi penuh.
  • Lampu berkedip sehingga perangkat menolak untuk mencetak dokumen.

Untuk mengatasi beberapa kendala diatas, pengguna dapat memperbaiki perangkat secara mandiri. Memang, ada kalanya reset printer Epson L120 harus dilakukan pada periode tertentu.

Demikian pembahasan singkat perihal tata cara reset printer epson L120 baik secara manual serta melalui bantuan software. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Sabiru. Selamat mencoba!