Reset Epson L3110

Lengkap: Cara Mudah Reset Epson L3110 Edisi 2020

Sabiru
Sponsor

Reset Epson L3110 - Printer adalah sebuah alat elektronik yang berguna untuk mencetak dokumen atau foto pada selembar kertas. Perkembangan mesin cetak ini semakin canggih dengan tambahan fitur copy dan scan, bahkan telah ada yang memanfaatkan media nirkabel sebagai konektivitasnya.

Epson L3110 dirancang sebagai printer multifungsi masa kini, dengan desain kompak serta fitur sistem tabung tinta terletak diluar. Dengan demikian, pengguna lebih leluasa pada saat refill secara mandiri.

Spesifikasi Printer Epson L3110 :

ModelEpson L3110
KertasA4, F4, Letter
Paper Tray1 Port
Sistem TankTabung Luar
FiturCetak, Scan, Copy
JenisPrinter Warna
TeknologiOn Demand Injet
KonektivitasUSB 2.0
Print Speed10 ipm Warna
05 ipm Hitam
Scan Speed11 sec Hitam
32 sec Warna
Copy Speed7 ipm
Berat3.9 kg
Sistem OperasiWindows XP / Vista / 7 / 8 / 10
Mac OS X
Linux
DriverEpson L3110 Driver
HargaRp. 1,9 Jutaan

Jika dilihat dari spesifikasi di atas, Epson L3110 termasuk jenis printer yang memiliki performa handal dalam urusan mencetak dokumen. Selain itu, konsumsi tintanya juga termasuk irit. Pada kondisi tabung penuh, perangkat ini mampu mencetak 4.500 halaman warna hitam serta 7.500 dokumen berwarna.

Saat ini, printer Epson L3110 menjadi yang paling populer karena pengguna bisa menikmati mesin cetak multifungsi dengan harga terjangkau. Garansi selama 2 tahun atau 30.000 lembar tergantung mana yang lebih dulu tercapai, termasuk dalam penggantian printhead.

Mengatasi Kendala Epson L3110

Mengatasi Kendala Epson L3110

Secanggih apapun sebuah perangkat, kerusakan akan lebih cepat terjadi, jika pengguna kurang mengerti perihal tata cara perawatan printer yang baik dan benar. Mungkin saja, terkadang kamu menemukan kendala error ketika mencetak dokumen atau foto melalui Epson L3110.

Alangkah baiknya, bila kita mengetahui cara menjaga mesin cetak Epson agar tetap awet dan memperbaiki beberapa kendala ringan. Dengan demikian, aktivitas pekerjaan yang menyangkut printer lebih cepat selesai tanpa adanya hambatan yang berarti.

Berikut cara mengatasi kendala pada printer Epson L3110 :

Printer Tidak Menarik Kertas

Kendala seperti ini sering terjadi, untuk mengatasinya kamu perlu mematikan power pada jalur listrik utama. Lepaskan kabel USB dan daya tersebut, lalu bersihkan roller tempat masuk kertas.

Gunakan kain bersih atau tisu untuk menghilangkan debu maupun kotoran yang menempel. Bila diperlukan, pengguna bisa menggoyang perangkat, barangkali ada benda kecil yang mengganjal di roller.

Kedua Lampu Berkedip

Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh dua hal yaitu adanya benda asing yang menghambat proses cetak dan printer kamu telah mencapai batas maksimal pencetakan, sehingga diperlukan reset Epson L3110.

Cara mengatasinya, cobalah cek dan keluarkan benda asing bila ada. Matikan perangkat lalu nyalakan kembali untuk memastikan printer bisa mencetak lagi. Bila masih tidak berfungsi, mungkin memang perlu di reset.

Tinta Tidak Keluar

Hasil cetak kosong atau blank bukanlah hal yang aneh, jadi kamu tidak perlu kaget bila mengalami kendala tersebut. Masalah ini terjadi karena tabung tinta sudah mencapai batas minimum, Head Catridge kering atau kotor, serta sirkulasi tinta macet.

Cara mengatatasi tinta tidak keluar yaitu :

  • Isi tabung dengan tinta baru, perhatikan batas minimum dan jangan sampai kosong.
  • Jalankan prosedur cleaning manual dengan cara tekan dan tahan Tombol Segitiga sampai lampu indikator berkedip, lalu lepaskan. Biarkan sampai proses pembersihan head selesai.

Head Cleaning bisa juga dilakukan melalui software bawaan dari Epson, namun cara manual yang saya sebutkan di atas lebih simpel.

Printer Tidak Mau Mencetak

Ada kalanya pada saat pengguna mencetak dokumen terjadi eror pada printer misalnya kertas macet. Hal ini menimbulkan proses terhenti sehingga daftar tugas pada memori epson dinyatakan error.

Jika pengguna melakukan print sekali lagi maka proses masuk ke daftar tunggu. Gambaran sederhananya seperti ini :

Nama DokumenStatus
Skripsi 1error
Skripsi 2waiting

Cara mengatasinya, buka notifikasi dokumen pending pada Epson L3110, hapus tugas yang error tersebut, maka pencetakan akan berlangsung seperti biasa. Pastikan status printer sudah "ready".

Cara Reset Epson L3110

Cara Reset Epson L3110

Bila semua langkah untuk mengatasi kendala printer Epson L3110 tidak mempan, sudah waktunya kamu melakukan "reset". Bertujuan untuk menghapus rekaman data pada Chip dan mengembalikan pengaturan sesuai standar pabrik.

Terdapat dua teknik reset epson L3110 yaitu manual dan software khusus. Kamu bisa mencoba salah satu atau keduanya sekaligus, tergantung selera masing - masing.

Reset Epson L3110 Manual

Metode paling simpel reset Epson L3110 ialah manual. Namun, perlu kamu ketahui bahwa cara ini hanya berlaku apabila kondisi printer belum mencapai batas maksimum pemakaian.

Panduan reset epson L3110 manual :

  • Cabut kabel daya Epson L3110 sekitar 5 menit.
  • Nyalakan komputer atau laptop milik kamu.
  • Pasang kembali kabel daya pada printer Epson tersebut, lalu nyalakan dengan menekan tombol "Power".
  • Tunggu hingga mesin cetak menyala dengan sempurna.
  • Tekan dan tahan tombol "Resume" (logo tinta) selama 5 detik kemudian lepaskan.
  • Ulangi langkah menekan tombol "Resume" di atas untuk kedua kalinya selama 3 detik, lalu lepaskan.
  • Tunggu beberapa saat hingga printer melakukan proses reset sampai selesai.
  • Jika berhasil lampu indikator pada perangkat akan berhenti berkedip.
  • Selesai, silahkan gunakan printer epson seperti biasa.

Bagaimana jika teknik reset manual tidak berfungsi? Kondisi itu menunjukan bahwa printer kamu perlu di perbaiki secara lebih lanjut dengan bantuan software khusus.

Software Reset Epson L3110

Pihak pabrik mengembangkan sebuah software khusus untuk tugas reset printer yang bernama "Epson Adjustment Program". Cara otomatis ini memang paling ampuh untuk mengatasi semua permasalahan.

Panduan lengkap software reset Epson L3110 :

  • Pastikan bahwa kamu telah mempunyai software resetter printer Epson.
  • Nyalakan komputer, pasang software lalu buka Epson Adjustment Program.
  • Pilih tombol "Particular Adjustment Mode".
    Panduan Software Reset Epson L3110 part 1
  • Selanjutnya pilih "Waste Ink Pad Counter" lalu tap tombol "OK".
    Panduan Software Reset Epson L3110 part 2
  • Akan muncul jendela baru, ceklis pilihan "Main dan Platen Pad Counter", kemudian tekan tombol "Check" dilanjutkan tombol "Initialize".
    Panduan Software Reset Epson L3110 part 3
  • Tekan "Finish", layar komputer akan muncul notifikasi "Please Turn Of and Turn On Your Printer".
  • Silahkan matikan lalu hidupkan kembali Epson L3110, tunggu hingga lampu indikator berhenti berkedip.
  • Selesai, printer siap digunakan kembali.

Kami tidak menyediakan software resetter printer Epson L3110 dengan alasan legalitas. Silahkan kamu menghubungi halaman kontak resmi Epson atau membeli di toko online official.

Solusi Gagal Reset Epson L3110

Berdasarkan kondisi tertentu, bisa saja proses reset Epson L3110 mengalami kegagalan. Tidak perlu panik, bila hal ini terjadi pada printer kamu. Penulis mempunyai tips untuk mengatasinya, dengan cara menganalisa kemungkinan faktor penyebabnya.

Cara mengatasi gagal reset Epson L3110 :

  • Matikan printer epson sekaligus mencabut kabel daya.
  • Bersihkan "Catridge" dengan baik dan benar.
  • Keluarkan sisa tinta di dalam tabung pembuangan.
  • Pastikan di dalam perangkat tidak ada benda asing yang mengganggu.
  • Cobalah lakukan reset ulang dengan bantuan software.

Bila printer Epson L3110 masih tidak mau berfungsi, inilah saatnya kamu membawa perangkat ke Service Center atau toko reparasi terdekat.

Kesimpulan

Epson L3110 merupakan generasi terbaru untuk printer dengan desain tangki tinta yang terletak diluar. Desain simpel dan ringkas karena tabung menyatu pada bodi perangkat.

Harga mesin cetak tipe ini relatif terjangkau, namun dibekali beragam fitur yang mumpuni. Tak heran bila produk tersebut menjadi populer di pasaran.

Beberapa kendala pada Epson L3110 sebenarnya bisa di atasi secara mandiri oleh pengguna perangkat. Selain itu, prosedur reset juga sangat mudah untuk dilakukan.

Demikian pembahasan lengkap mengenai Cara Mudah Reset Epson L3110 Edisi 2020. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi semua pemakai printer tersebut. Selamat mencoba!