Install Driver Epson L3110

Install Driver Epson L3110 Versi Baru Tanpa CD Asli

Sponsor

Inilah panduan mudah untuk install driver Epson L3110 versi paling baru, tanpa harus repot memakai CD Original dari pabrik. Topik pembahasan dikupas secara ringkas dan jelas.

Epson tipe L3110 menjadi printer sejuta umat yang banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia. Mereka memilih tipe ini karena kualitas cetak cukup bagus, terdapat tabung tinta bawaan pabrik dan harga perangkat relatif terjangkau.

Bisa dibilang printer Epson L3110 ini model murah, hemat dan berkualitas. Lebih baik bila dibandingkan dengan produk sejenis yang masih memakai Catridge beserta tinta dalam satu tempat.

Disamping itu, penguna juga bisa melakukan scan berikut fotocopy domuken dalam satu printer sekaligus. Tak heran bila mesin cetak serba bisa ini tergolong populer karena keunggulannya.

Beberapa perusahaan, pemerintahan, lembaga pendidikan dan perseorangan mengandalkan Epson L3110 dalam aktivitas cetak dokumen sehari - hari. Bagaimana dengan kamu?

Driver Epson L3110

Tentang Driver Epson L3110

Epson Eco Tank L3110 tersedia di toko komputer terdekat juga hadir secara online pada beberapa aplikasi e-commerce populer seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan sebagainya.

Paket pembelian biasanya terdiri dari dus, buku manual, kabel konektor, mesin printer, CD driver dan kartu garansi perangkat. CD Driver merupakan software yang dibutuhkan agar printer dapat berfungsi secara maksimal.

Pengertian dari driver adalah sebuah perangkat lunak khusus yang bertugas mengontrol perangkat keras atau hardware tertentu di dalam komputer. Jenis program driver ini biasanya akan diperbaharui secara berkala untuk meningkatkan kinerja juga menutup bug.

Fungsi driver printer Epson L3110 diantaranya:

  • Mendeteksi permasalahan teknis yang terjadi pada saat melakukan pencetakan dokumen.
  • Sebagai jembatan komunikasi antara mesin printer dengan komputer serta pengguna.
  • Melakukan tugas - tugas tertentu berkaitan dengan pemeliharaan mesin cetak seperti cleaning, nozzle check, replace catridge dan sebagainya.

Singkatnya, sebuah mesin cetak tidak akan bisa berfungsi sama sekali tanpa adanya driver. Dengan demikian, pengguna harus install driver Epson L3110 terlebih dahulu sebelum mengoperasikan perangkat tersebut.

Download Driver Epson L3110

Download Driver Epson L3110

Selain dalam bentuk CD (Compact Disc), produsen biasanya memberikan dukungan yang lebih luas dengan menyediakan file driver berupa softcopy. Apalagi, sekarang sudah jarang laptop yang memiliki CD-ROM bawaan karena dianggap ketinggalan zaman.

Bagi kamu yang memiliki komputer dan laptop built in CD-ROM bisa langsung menginstall driver tanpa hambatan yang berarti. Namun, bila tidak ada tentunya harus mencari laptop lain atau download driver printer Epson L3110 pada website resmi.

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa driver Epson L3110 dalam Compact Disc biasanya versi lama, sedangkan "soft file" pada website resmi adalah yang terbaru. Jadi, lebih baik pilih yang mana ya?

Driver terbaru merupakan perbaikan bug dan penyempurnaan dari versi sebelumnya, sehingga secara teori kemampuan kinerja perangkat lebih optimal. Hindari download driver printer di sembarang tempat untuk mencegah beragam serangan digital.

Bisa saja file driver telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga berisi program jahat yang tidak diketahui. Oleh karena itu, urusan download driver percayakan hanya di website resmi Epson Indonesia.

Cara download driver Epson L3110:

  • Buka software browser favorit kamu melalui laptop atau ponsel.
  • Masuk ke website resmi Epson Indonesia lalu tunggu hingga konten terbuka.
  • Pilih jenis Sistem Operasi yang kamu gunakan saat ini.
  • Download file driver printer yang tersedia di Official Epson Indonesia.
  • Simpan di folder yang kamu inginkan.

Catatan: "Kami tidak membuat link download apapun, dimana hak cipta tautan eksternal dimiliki oleh Epson Indonesia. Kami hanya menyediakan rujukan ke official website Epson tersebut."

DriverEpson L3110
DeveloperEpson Indonesia
StatusOfficial Website
UkuranBervariasi Sesuai OS
VersiTerbaru
OS WindowsWindows XP, Vista, 7, 8 dan 10
Mac OSMac OSX 10.x keatas
LinuxSemua Distro

Install Driver Epson L3110

Cara Install Driver Printer L3110

Proses instalasi driver printer Epson L3110 tanpa CD (Compact Disc) terbilang cukup mudah. Pastikan terlebih dahulu kamu telah melakukan download softcopy file versi terbaru di website reminya.

Setiap sistem operasi komputer memiliki tata cara pemasangan yang berbeda - beda antara Windows, Mac OS dan Linux.

Install Driver di Windows

Windows merupakan Sistem Operasi yang paling ramah terhadap pemula, termasuk dengan cara install driver Epson L3110 tanpa CD Original. Pada prinsipnya, kita hanya tinggal klik kanan dan kiri saja, serta membaca notofikasi yang muncul.

Cara install driver Epson L3110 pada Windows:

  • Pasang printer Epson L3110 di tempang yang kamu inginkan.
  • Hubungkan kabel power ke terminal listrik dan sambungkan konektor lain ke laptop atau komputer.
  • Nyalakan tombol "ON" pada perangkat printer tersebut.
  • Nyalakan laptop dan pastikan kamu login ke status "Administrator.
  • Buka "Windows Explores" lalu cari file driver Epson L3110 pada folder.
  • Klik dua kali file driver tersebut untuk mengaktifkannya.
  • Ikuti notifikasi dan instruksi yang muncul di layar sampai selesai.
  • Proses install driver Epson L3110 selesai.

Selanjutnya silahkan lakukan pengaturan pada settingan printer sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa tes juga fitur scanner dan fotocopy dokumen.

Install Driver di Linux

Sistem Operasi Linux terdiri dari berbagai macam distro yang memiliki kelebihan masing - masing. Kode perintah dan proses install driver Epson L3110 juga berbeda sesuai dengan jenis distronya.

Oleh karena itu, saya akan memberikan gambaran umum mengenai cara instalasi driver tersebut. Penulis sendiri memakai Elementary OS karena dianggap paling user friendly hingga saat ini.

Cara install driver Epson L3110 di Linux:

  • Download driver printer pada website resmi Epson Indonesia, sesuaikan dengan jenis OS linux yang sedang kamu pakai.
  • Nyalakan laptop dan printer lalu hubungkan keduanya melalui kabel. Pastikan semua kabel terkoneksi dengan baik.
  • Buka terminal dan file manager, lakukan instalasi atau compile dari source.
  • Proses pemasangan driver selesai.

Install driver Epson L3110 pada Elementary OS tergolong paling mudah, hampir sama dengan Windows. Inilah alasan kenapa penulis memakai sistem operasi tersebut.

Cara install driver Epson L3110 di Elementary OS:

  • Nyalakan kedua perangkat yaitu laptop dan printer sambil memastikan semua kabel telah terhubung.
  • Buka "App Center" lalu pasang software bernama "Eddy".
  • Buka "File Manager" lalu cari softcopy driver yang sudah kamu download sebelumnya.
  • Tingga klik kanan pada file instalasi, lalu pilih opsi "Open in Eddy".
  • Jalankan proses instalasi tinggal tunggu sampai selesai. Mudah bukan!

Eddy bertugas untuk melakukan proses instalasi software apa saja di Elementary OS hanya dengan klik kanan.

Kesimpulan

Driver ibarat sebuah penggerak yang menjadi dasar perangkat keras pada komputer bisa berfungsi dengan baik. Printer Epson L3110 juga membutuhkan driver dalam pengoperasiannya.

Pada paket pembelian, memang CD (Compact Disk) driver akan disertakan oleh pihak Epson Indonesia. Namun, tak semua laptop atau komputer terpasang CD-ROM karena dianggap sudah ketinggalan zaman.

Oleh karena itu, cara install driver Epson L3110 tentunya sangat diperlukan bagi sebagian orang. Keuntunggannya, pengguna bisa memberoleh driver versi baru dengan cara download di website resmi.

Demikian ulasan singkat mengenai cara instalasi driver printer Epson L3110. Semoga bisa bermanfaat untuk semua sahabat sabiru dan selamat mencoba.