Scan Epson L3110

Cara Scan Epson L3110 dan Teknik Fotokopy Berkas

Sponsor

Kali ini, penulis akan memberikan panduan scan Epson L3110 beserta teknik fotokopy dokumen pada printer tersebut. Tentunya agar hasil yang diperoleh tampak jernih dan maksimal.

Printer Epson L3110 merupakan sebuah mesin cetak all in one yang memungkinkan pengguna untuk melakukan beberapa fungsi sekaligus seperti mencetak, scan dan fotokopy dokumen pada satu perangkat.

Dengan demikian, printer Epson model ini akan mempermudah pekerjaan kita sehari - hari dalam urusan dokumen. Desain nya juga ringkas menyesuaikan interior ruangan pengguna.

Selain keunggulan dalam hal mencetak berkas dokumen, Epson L3110 juga memiliki hasil scan maupun fotokopy yang cukup jernih. Tak heran, bila sebagian besar masyarakat Indonesia banyak yang mengandalkan perangkat yang satu ini.

Kini, Epson L3110 sering dijadikan pengganti mesin fotokopy oleh beberapa pelaku usaha mikro. Coba kamu tengkot toko alat tulis kantor kecil - kecilan di sekitar tempat tinggal. Biasanya mereka sedia jasa fotokopy dokumen dengan memanfaatkan printer.

Nah, yuk kita simak penjelasan tentang scan Epson L3110 agar bisa menghasilkan salinan berkas yang jernih sesuai kebutuhan.

Download Driver Scanner Epson L3110

Download Driver Scanner Epson L3110

Fungsi dari driver adalah sebuah perangkat lunak dasar yang bertugas mendeskripsikan hardware tertentu agar dapat dikenali oleh komputer. Dengan demikian, kedua perangkat tersebut bisa saling berkomunikasi dengan baik antara PC dan printer.

Dengan adanya driver, komputer dapat memahami perintah yang diberikan oleh sensor scanner Epson L3110 kemudian melakukan proses pemindaian tanpa kendala. Apabila ada sebuah kendala, mesin scanner akan memberikan detail informasi agar pengguna dapat melakukan perbaikan.

Lalu bagaimana cara memperoleh driver scan tersebut? Pengguna bisa membuka CD (Compact Disc) original yang terdapat pada paket pembelian perangkat, di dalamnya berisi driver.

Selain itu, kita juga bisa download driver scan Epson L3110 versi terbaru hanya di website resminya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang masalah seperti ini karena pihak produsen pun menyediakan layanan support secara online.

Cara download driver scanner Epson L3110:

  • Buka website resmi Epson Indonesia melalui software browser favorit kamu.
  • Kamu akan masuk ke halaman download driver Epson L3110.
  • Pilih jenis sistem informasi yang sedang kamu pakai saat ini.
  • Download driver scan Epson dan tunggu hingga proses selesai.
DriverScanner Epson L3110
DeveloperEpson Indonesia
StatusWebsite Resmi
UkuranBervariasi sesuai OS
VersiPaling Baru
WindowsWindowx XP, Vista, 7, 8, dan 10
Mac OSMac OSX 10.x up
LinuxSemua Distro

Hindari download driver scan printer Epson L3110 dari website mirror, untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan, karena bisa saja file driver tersebut telah di modifikasi.

Install Driver Scan Epson L3110

Install Driver Epson L3110

Setelah kamu berhasil mengunduh file softcopy Epson L3110, selanjutnya proses pemasangan driver pada komputer. Dengan demikian, PC akan mengenali hardware baru yaitu sensor scanner.

Cara pemasangan driver scanner sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses install driver Epson L3110 pada artikel terdahulu. Justru hal paling penting yang harus kamu perhatikan ialah memastikan printer dan komputer telah terhubung dengan kabel USB, serta kedua perangkat tersebut dalam keadaan menyala.

Cara install driver scan Epson L3110 di Windows:

  • Download file driver scan terbaru dari website resmi Epson Indonesia.
  • Buka folder yang berisi file softcopy driver tersebut.
  • Klik dua kali pada file maka proses instalasi akan berjalan.
  • Ikuti pentunjuk yang tampil pada layar.
  • Biasanya hanya perlu tekan tombol "Next" saja samlai selesai.

Setelah berhasil proses instalasi driver scan Epson L3110, tunggulah beberapa saat hingga komputer mengenali hardware baru, terakhir restart PC kamu.

Cara install driver scan Epson L3110 di linux:

  • Disini penulis memakai Elementary OS.
  • Download file ".deb" untuk driver scan printer pada website resmi Epson Indonesia.
  • Pasang software "Eddy" terlebih dahulu di "App Center".
  • Buka "File Manager" lalu cari softcopy instalasi driver scanner Epson.
  • Klik kanan pada file diver tersebut lalu pilih"Open in Eddy".
  • Tunggu hingga proses pemasangan selesai.

Elementary OS merupakan distro linux yang paling bagus tampilannya dan sangat ramah bagi pemula termasuk saya. Pemasangan software hampir sama seperti di Windows yaitu hanya tingga klik kanan saja.

Cara Scan di Epson L3110

Cara Scan di Epson L3110

Scan merupakan sebuah kegiatan memindai sifat benda fisik seperti dokumen, foto dan mengubahnya ke dalam komputer sebagai data digital. Perangkat yang bertugas melakukan proses pemindaian disebut scanner.

Epson L3110 mempunyai sensor scan sehingga dapat melakukan tugas pemindaian terhadap dokumen pengguna. Itulah sebabnya perangkat ini sering dinamakan printer all in one.

Setelah installl driver scan Epson L3110 selesai, selanjutnya kamu bisa memulai scan dokumen, foto, gambar maupun benda tipis lainnya ke dalam area pemindaian. Area ini biasanya terdapat pada bagian atas printer.

Cara scan dokumen di printer Epson L3110:

  • Nyalakan kedua perangkat yaitu komputer dan printer sambil memastikan kabel telah terhubung semuanya.
  • Masukan dokumen yang akan di scan pada area pemindaian (data gambar dan tulisan menghadap ke kaca).
  • Buka dan jalankan software "Epson Scan 2".
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem mempersiapkan sensor scanner bagi kamu.
  • Selanjutnya akan muncul jendela pengaturan scan pada layar komputer, lakukan setting sesuai kebutuhan.
  • Setelah itu klik tombol "scan" dan tunggu hingga sistem selesai melakukan proses pemindaian.
  • Selesai, dokumen yang discan akan tersimpan dalam komputer.

Semakin tinggi pengaturan resolusi pada scan Epson L3110, maka hasil dari scanner akan lebih jernih. Tetapi, hal ini berpengaruh terhadap ukuran file dokumen tersebut.

Cara Fotokopy di Epson L3110

Fotokopy di Epson L3110

Fotokopy adalah proses pemindaian sifat benda fisik yang tipis seperti dokumen, foto, gambar dan langsung menduplikatnya ke dalam kertas lain. Jadi hasil pemindaian berupa hardcopy bukan bentuk data digital.

Nah, selain digunakan untuk mencetak dan scan dokumen, printer Epson L3110 juga mampu melakukan tugas fotokopy dokumen. Hasil pemindaian bisa diatur oleh pengguna berupa hitam putih atau berwarna.

Fotokopy dokumen pada Epson L3110 bisa kamu lakukan meskipun tidak terhubung ke perangkat komputer. Pengguna cukup dengan menyalakan mesin printer saja dengan menekan tombol power.

Cara fotokopy dokumen di printer Epson L3110:

  • Hidupkan mesin printer Epson dengan menekan tombol power.
  • Siapkan dokumen yang akan disalin lalu masukkan ke dalam aera fotokopy. Kertas yang berisi tulisan maupun gambar harus menghadap ke kaca.
  • Tekan tombol "copy warna putih" untuk menghasilkan dokumen hitam putih.
  • Tekan tombol "copy warna biru" untuk menghasilkan salinan dokumen berwarna.
  • Printer akan melakukan proses penyalinan dokumen setelah kamu menekan salah satu tombol tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga hasil fotokopy keluar dari mesin printer.

Scan Epson L3110 dan fotokopy dokumen secara sekaligus ternyata mudah dilakukan pada perangkat yang satu ini. Tidak ada pengaturan khusus ketika pengguna melakukan proses copy berkas.

Kesimpulan

Printer Epson L3110 merupakan salah satu mesin tipe all in one yang menjadi produk andalan dari pabrikan Epson Indonesia. Dikemas dengan harga murah membuat perangkat ini cukup populer bagi perseorangan, pelaku usaha mikro, perusahaan dan pemerintahan.

Epson L3110 mampu mengakomodir tugas print, scan dan fotokopy dokumen dalam satu perangkat sekaligus. Disamping itu, model tanki tabung luar memudahkan pengguna untuk isi ulang tinta.

Scan Epson L3110 hanya bisa dilakukan apabila sebelumnya kamu telah memasang driver scanner. File softcopy untuk instalasi driver bisa kamu download di sites resminya.

Demikian pembahasan lugas mengenai Cara Scan Epson L3110 dan Teknik Fotokopy Dokumen agar hasilnya lebih maksimal. Semoga bisa bermanfaat untuk semua sahabat Sabiru.