Televisi Biasa Menjadi Smart TV

Cara Mengubah Televisi Biasa Menjadi Smart TV 2020

Sponsor

Televisi Biasa Menjadi Smart TV - Di era modern ini, Indonesia sedang gencar mengedukasi masyarakat agar mau beralih dari siaran analog ke digital. Pemerintah, provider, pihak industri dan masyarakat membangun ekosistem dalam rangka masa transisi tersebut.

Tayangan digital satelit menjadi solusi yang tepat jika diterapkan di Negara Kepulauan yang luas. Kini, keluarga di rumah bisa menikmati tontonan yang jernih, apalagi jika di gabungkan dengan TV LED.

Sampai saat ini, TV LED masih merajai penjualan perangkat televisi modern. Memang, Smart TV telah hadir dengan menawarkan keunggulan yang lebih baik daripada televisi biasa. Namun, harganya masih tergolong mahal dan bikin kantong jebol.

Tahukah kamu, masih ada cara mudah mengubah televisi biasa menjadi Smart TV dengan biaya murah. Sehingga kita bisa menonton Youtube, bermain game, browsing bahkan menyelesaikan pekerjaan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

Via Kabel HDMI

hdmi - smart tv

Cara paling mudah dan murah untuk mengubah televisi biasa menjadi Smart TV yaitu memakai kabel HDMI. Harga alatnya juga tidak lebih dari Rp. 50.000,- bukan!

HDMI ( High Definition Multimedia Interface ) merupakan port yang menjadi standarisasi peralatan audio video serta didukung oleh dunia industri. Seringkali dipakai untuk mengirim gambar dan suara dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Berikut panduan mengubah televisi biasa menjadi Smart TV lewat HDMI :

  • Siapkan peralatan elektronik berupa TV LED, laptop dan kabel HDMI.
  • Nyalakan televisi berikut laptop yang kamu punya.
  • Hubungkan TV LED tersebut dengan laptop lewat port HDMI.
  • Atur pengaturan di televisi agar mode input "HDMI"
  • Pada laptop tekan tombol F10 atau logo mirror display di keyboard ( sama seperti ketika kamu menampilkan gambar antara komputer dan infocus ).
  • Selesai, akhirnya televisi kamu menjadi layar monitor komputer yang besar, selanjutnya bisa di pakai keperluan apapun.

Oiya, sebenarnya smarptphone android juga memiliki fungsi mirror display lewat kabel HDMI, tetapi tidak semua model ponsel support MHL (Mobile High Definition Link). Jadi, saya tidak akan membahas teknik tersebut.

Lewat Anycast

Anycast - Smart TV

Anycast bisa kita manfaatkan untuk mengubah televisi biasa menjadi Smart TV, tersedia di berbagai toko online dengan harga terjangkau. Perangkat ini mampu menghubungkan smartphone ke layar televisi secara nirkabel tanpa memerlukan lagi media kabel HDMI.

Cara kerjanya begini, layar televisi merupakan mirror dari di HP kamu yang artinya semua tampilan di kedua perangkat akan sama. Proses mirroring tampilan ini tanpa memakai koneksi internet sedikitpun. Tetapi, ponsel kamu harus harus tetap menyala selama digunakan.

Boros baterai smrtphone tentunya menjadi salah satu kelemahan ketika memakai Anycast. Tetapi, menurut saya sangat wajar sehingga tidak perlu di permasalahkan.

Berikut cara mudah pemakaian Anycast :

  • Siapkan tiga buah perangkat yaitu TV LED biasa, smartphone dan Anycast.
  • Buka Play Store di ponsel kamu lalu pasang aplikasi "Anycast".
  • Ambil Anycast yang sudah kamu beli, lalu hubungkat ke port HDMI di TV LED, biasanya ada di belakang atau pinggir tergantung merk televisinya.
  • Pegang ponsel kesayangan kamu, masuk pengaturan lalu nyalakan WiFi.
  • Masukan nama SSID dan password yang muncul di layar televisi. Pastikan koneksi WiFi terhubung dengan baik.
  • Buka aplikasi anycast di ponsel, hubungkan ke televisi lalu tunggu hingga tampilan benar - benar muncul.
  • Selanjutnya ubah posisi tampilan di HP ke mode lanscape agar sesuai dengan rasio layar di TV LED, sehingga kamu akan lebih nyaman menggunakan semua fitur anycast.
  • Selesai, tinggal kamu nikmatin serunya mirroring display ke televisi.

Harga perangkat anycast di toko online hanya sekitar seratus ribuan saja. Menikmati serunya fitur smart TV gak perlu mahal, cukup dengan alat mungin ini maka semua konten multimedia internet bisa kamu nikmati.

Android TV Box

Mi Box - Smart TV

Android TV Box merupakan salah satu perangkat yang dapat mengubah televisi biasa menjadi Smart TV, dimana kehadirannya semakin populer dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Harga peralatan elektronik ini memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan perangkat lain seperti kabel HDMI atau Anycast.

Lalu apa perbedaan Android TV Box? Kamu tidak perlu lagi ponsel atau komputer untuk menjadikan televisi di rumah menjadi TV Pintar. Banyak hal yang bisa kita lakukan nantinya seperti streming video keren, mendengarkan musik, bermain game mobile dan sebagainya.

Produk Android TV Box di pasaran terbagi menjadi dua jenis yaitu model Stcik ( seperti flasdisk ) dan model Box ( kotak ). Kamu tinggal memilih sesuai selera saja, yang pasti cukup mungil dan imut sehingga tidak akan merusak dekorasi interior di rumah kamu.

Berikut tips memilih android tv box :

  • Pilih perangkat yang bermerk agar kualitas pemakaian lebih terjamin.
  • Cek spesifikasi RAM minimal 2GB atau 4GB lebih bagus.
  • Lihat juga processor nya, Quad Core sepertinya lebih baik.
  • Kapasitas internal juga penting untuk kamu perhatikan, pilih yang memiliki media penyimpanan besar.

Harga Android TV Box di pasaran cukup variatif dan terjangkau berkisar Rp. 250.000 sampai dengan 1 jutaan saja. Bisa kamu cari di berbagai toko online terkemuka.

Nah, salah satu TV Box terbaik yang pantas kamu lirik yaitu Mi Box. Harga agak sedikit mahal sekitar RP. 750.000,- tetapi kualitasnya cukup bagus.

Sepsifikasi Mi Box :

  • CPU - Quad Core Cortex A53
  • GPU - Hexa Core Mali 450
  • RAM - 2GB DDR3
  • ROM - 8GB eMMC Flash
  • Sistem - Android TV 6.0
  • Port - HDMI dan USB
  • Konektivitas - WiFi dan Bluetooth
  • Resolusi - 4K

Desain Mi Box sangat elegan dengan spesifikasi yang lumayan bagus. Selain itu, mendukung media penyimpanan USB tak terbatas dan GamePad Bluetooth. Keluaran suara mendukung DTS dan Dolby Surround.

Perangkat lain yang lebih murah juga banyak, tentunya dengan spesifikasi yang tidak kalah dari Mi Box. Jadi, pemilihan merk dan harga lebih kepada selera saja sih.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi saat ini mampu menghasilkan perangkat yang bisa kita manfaatkan untuk mengubah televisi biasa menjadi Smart TV. Masyarakat Indonesia masih menyukai cara seperti ini, mengingat harga Smart TV yang masih tergolong mahal.

Teknik untuk mengubah televisi biasa menjadi Smart TV sangat mudah sekali. Kita hanya perlu membeli salah satu dari tiga perangkat yaitu kabel HDMI, Anycast dan Android TV Box. Harga yang beredar di pasaran juga bervariasi antara puluhan ribu hingga satu jutaan saja.

Berikut rekomendasi yang di sarankan jika kamu ingin Smart TV :

  • Gunakan kabel HDMI jika kamu hanya ingin mmenikmati smart TV lewat laptop.
  • Pakai Anycast apabila kamu ingin transfer tampilan dari ponsel ke televisi, dimana smartphone harus tetap menyala ketika kamu menikmati konten di TV LED biasa.
  • Beli Android TV Box jika kamu ingin benar - benar menjadikan televisi biasa menjadi Smart TV tanpa perlu lagi menggunakan HP atau laptop.

Nah, demikian pembahasan singkat mengenai Cara Mudah Mengubah TV LED biasa menjadi Smart TV. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Sabiru yang hobi nonton. Selamat mencoba!