Cara Memilih TV LED Berkualitas

5 Cara Memilih TV LED Terbaik dan Bagus Edisi 2020

Sponsor

Memilih TV LED Berkualitas - Konten televisi saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan, mulai dari siaran berbasis satelit sampai dengan tayangan internet telah hadir pada perangkat Smart TV.

Eksistensi barang elektronik yang bernama televisi ternyata masih belum dapat digantikan. Bahkan, mampu berkolaborasi dengan perangkat lainnya seperti smartphone dan laptop.

Tengok saja, ponsel dapat terhubung dengan Smart TV melalui WiFi dan laptop terkoneksi melalui kabel HDMI. Menampilkan Mirror layar kedalam televisi sudah bukan hal yang aneh lagi.

Selain itu, TV LED biasa juga masih bisa di sulap menjadi Smart TV dengan tambahan alat Set Top Box Android. Keren bukan? Lalu, kamu sebaiknya dapat memahami cara memilih TV LED berkualitas agar barang yang dibeli awet serta kaya akan fitur.

Perhatikan Budget

Budget Membeli TV LED

Hal pertama yang paling penting ketika akan membeli barang elektorik baru termasuk televisi yaitu masalah dana atau budget. Kira - kira berapa ketersediaan uang kamu yang nantinya akan di pakai memilih TV LED.

Tentukan terlebih dahulu budget yang ada, saat ini rentang harga TV LED berkisar 1.500.000 s.d 2.900.000 rupiah saja. Dengan biaya segitu kita sudah bisa mendapatkan barang yang berkualitas.

Jika ada dana lebih, kamu bisa membeli Smart TV dengan teknologi tercanggih saat ini, baik dari sisi layar maupun fiturnya. Namun, jangan memaksakan diri apabila kondisi keuangan tidak memungkinkan.

Dana minimal yang perlu disiapkan menurut Sabiru yaitu sebesar 1,8 sampai 2.3 juta. Mengapa demikian? Dengan biaya segitu kita sudah bisa mendapatkan TV LED 32 inc kelas atau atau Smart TV 32 inc fitur standar.

Perhatikan Luas Ruangan

Ruangan TV LED

Luas ruangan setiap rumah cenderung berbeda beda, ada yang benar - benar lega, standar bahkan kecil. Nah, salah satu indikator yang wajib diperhatikan ketika memilih TV LED yaitu ukuran ruangan di rumah kamu.

Jika ruangan kecil jangan memaksakan membeli televisi besar, dimana piksel pada layar akan terlihat dan mata tidak nyaman saat menontonnya. Begitu pun sebaliknya, jangan memilih TV LED ukuran standar pada ruang besar.

Lalu berapakah ukuran ideal sebuah televisi? Ukuran TV LED yang ada di pasaran cukup bervariasi mulai dari 24 inc hingga 79 inc.

Berikut rekomendasi ukuran layar untuk berbagai ruangan :

  • Ruangan kecil sebaiknya memilih TV LED 32 inc yang cukup ideal.
  • Ruangan sedang lebih cocok untuk televisi berukuran 43 inc.
  • Ruangan besar sangat di sarankan memilih layar televisi 49 inc.

Hindari membeli TV LED di bawah 32 inc karena terlalu kecil, atau di atas 49 inc dimana selain harga mahal tentunya masalah kerusakan juga akan menimbulkan kerugian besar. Smart TV 50 inc atau lebih hanya cocok untuk kalangan ekonomi mewah saja.

Lihat Penawaran Harga

Lihat Harga TV LED

Ketika budget dan ukuran layar televisi sudah ditetapkan, selanjutnya kita perlu melihat penawaran harga. Lakukan survey ke berbagai toko offline atau online.

Bandingkan harga antar merk televisi tentunya dengan ukuran layar yang sama. Jangan langsung tergiur dengan harga murah sebelum kamu membandingkan.

Tidak perlu terburu - buru, karena selisih harga 100 hingga 300 ribu rupiah juga sudah cukup menguntungkan buat kamu. Jadi, lakukan survey secara selektif dan seksama untuk menemukan penawaran terbaik.

Pada toko online, sebaiknya kamu memperhatikan promo dan flash sale. Selain itu, pada waktu - waktu tertentu seringkali ada diskon besar. Beberapa online shop yang populer misalnya Shopee, Tokopedia, Blibli dan sebagainya.

Cek Spesifikasi Televisi

Spesifikasi TV LED

Spesifikasi televisi merupakan poin paling penting dalam memilih TV LED terbaik. Ada beberapa indikator yang perlu kita perhatikan yang berkaitan dengan spek serta fitur perangkat televisi tersebut.

Seringkali kita menjumpai sebuah produk televisi dengan harga dan ukuran layar sama tetapi spesifikasinya berbeda. Nah, dalam kondisi demikian, pilihlah TV LED dengan fitur yang lebih tinggi.

Berikut beberapa detail spesifikasi yang di rekomendasikan :

  • Teknologi layar
    Secara umum teknologi layar televisi populer saat ini yaitu LCD, LED, OLED dan AMOLED. Pilihlah TV dengan spesifikasi minimal LED atau di atasnya.
  • Resolusi layar
    Sebaiknya kamu memilih televisi dengan resolusi layar minimal Full HD 1010p. Teknologi terbaru bahkan mampu menampilkan kualitas Ultra HD 4K hingga 8K ketajaman warna.
  • Konektivitas
    Lihat port konektivitas yang tersedia mulai dari RCA, USB, HDMI, Jack Audio hingga WiFI bila memungkinkan.
  • Desain
    Jangan lupa juga untuk memilih desain yang paling menarik mengikuti perkembangan zaman.

Nah, bagaimana cara meilhat sepsifikasi lengkap sebuah TV LED? Saat ini, kebanyakan orang melihat review model televisi dari online shop. Hal ini karena kita lebih mudah dalam melakukan filter harga produk.

Namun, seringkali spesifikasi yang dijelaskan tidak lengkap. Oleh karena itu, cara sederhana yang bisa kita lakukan ialah dengan mengunjungi website resminya.

Berikut cara melihat spesifikasi lengkap model televisi :

  • Cari merk TV LED yang kamu inginkan di toko online.
  • Filter dengan harga termudar dan ukuran layar sama.
  • Pilih salah satu produk yang ditentukan misal LG 32LK500BPTA
  • Nah, kamu tinggal paste kode tipe TV LED tersebut di google atau langsung mengunjungi website resmi.
  • Terakhir lihat fitur dan spesifikasi lengkap pada situs resmi tersebut.

Nah, bagaimana mudah bukan? Lakukan hal serupa untuk melihat spesifikasi lengkap pada merk lain seperti Samsung, Polytron, Sharp, Sony, TCL, Canghong, Xiaomi, Coocaa dan sebagainya.

Lihat Masa Garansi

Garansi TV LED

Garansi merupakan suatu kewajiban bagi produsen ketika menawarkan produk elektonik. Hal ini bertujuan untuk melindungi pembeli dari perangkat yang gagal produksi.

Pada umunya masa garansi televisi ialah satu tahun, namun ada juga merk tertentu yang memberi jangka waktu yang lebih lama. Semakin panjang perlindungan garansi produk tentunya akan menarik calon pembeli.

Sebagai contoh, merk Sharp memberi perlindungan terhadap konsumen dimana apabila TV LED terkena petir maka diganti dengan perangkat baru. Lalu, Polytron menjadi satu satunya produsen yang berani memberi masa garansi hingga lima tahun.

TV LED dan OLED saat ini jarang mengalami kerusakan jika kita mengetahui cara merawat televisi tersebut. Rata - rata pemakaian hingga bertahun - tahun, kondisi perangkat masih normal.

Kesimpulan

TV LED memiliki desain yang menarik dengan ukuran layar besar namun tetap dibuat dengan dimensi tipis. Hadirnya televisi masa kini tersebut semakin memberi nuansa elegan untuk interior rumah.

Masyarakat semakin banyak yang beralih ke TV LED karena melihat berbagai keunggulan yang dimilikinya. Diantaranya konsumsi daya listrik lebih hemat, perangkat lebih awet dari kerusakan, desain yang bagus dan layar lebih besar.

Saat kamu memutuskan untuk membeli televisi baru, sebaiknya perlu mengetahui tata cara memilih TV LED, agar nantinya bisa memperoleh produk terbaik yang bagus, awet dan berkualitas. Walaupun pepatah mengatakan "Ada harga ada rupa", tapi masih bisa membeli barang bagus dengan harga murah.

Demikian pembahasan mengenai 5 Cara Memilih TV LED Terbaik dan Bagus Edisi 2020. Semoga bisa menjadi referensi dan memberi manfaat bagi yang akan membeli televisi baru.