Merawat TV LED

6 Cara Merawat TV LED Agar Awet & Tahan Lama 2020

Sponsor

Merawat TV LED - Televisi merupakan salah satu barang elektronik yang sering dimanfaatkan sebagai sarana hiburan di rumah. Tanpa kehadirannya, suasana berkumpul bersama keluarga akan terasa sepi dan membosankan.

Penemuan pesawat televisi mampu mengubah gaya hidup masyarakat di dunia. Coba kita lihat, hampir setiap rumah yang kamu kunjungi pasti memiliki TV, seakan menjadi barang elektronik yang wajib terlihat di ruang keluarga.

Meskipun era digital dan IoT (Internet Of Thing) tengah populer saat ini, namun eksistensi televisi masih belum bisa digantikan kedudukannya. Bahkan, teknologi terbaru mampu mengubah layar kaca di rumah menjadi sebuah Smart TV yang bisa terhubung ke jaringan internet.

Televisi layar data yang berupa LCD, LED, OLED atau AMOLED semuanya memiliki masa pakai. Dibalik kecanggihannya, perabotan yang berupa alat elektronik tentunya perlu perawatan, agar dapat bertahan untuk jangka waktu sampai bertahun - tahun.

Nah, sebenarnya cara merawat TV LED agar awet dan tahan lama tidak perlu repot. Hanya perlu sedikit tips dan trik, semua anggota keluarga di rumah pasti bisa melakukannya.

Perhatikan Tata Letak

Merawat TV LED - Perhatikan Tata Letak

Saat membeli TV LED baru, hal pertama yang terpikirkan oleh semua orang ialah penempatan. Televisi tersebut nantinya akan di taruh dimana? Benar bukan!

Jangan letakan televisi di tempat yang berdebu, karena debu dapat menutupi lubang sirkulasi udara yang mengakibatkan TV LED cepat panas. Tempatkan barang tersebut di area yang tinggi atau tempel pada dinding menggunakan Wall Mount.

Ketika memasang TV LED ke dinding, sebaiknya beri jarak sekitar 10 cm sebagai celah sirkulasi udara. Agar suhu di dalam televisi tetap terjaga dengan baik. Bisa juga meletakan TV pada ruangan yang suhu nya relatif rendah atau dekat AC ( Air Conditioner ).

Pastikan pemasangan nya sudah benar dan mengencangkan baut agar tidak terjatuh apabila ada sedikit senggolan. Oiya, kamu juga bisa meletakan TV di atas meja yang datar, jika tidak ingin di tempel pada dinding.

Nah, tips pertama merawat TV LED agar awet yaitu kita harus memperhatikan tata letak dalam penempatan pesawat televisi.

Hindari Sinar Matahari

Merawat TV LED - Jauhkan Matahari

Apakah meletakan TV LED di atas meja atau tempel pada dinding saja sudah benar? Tunggu dulu, ternyata masih ada faktor lain yang perlu diperhatikan yaitu sinar matahari.

Panas dari sinar matahari yang secara langsung mengenai layar TV LCD akan mengakibatkan bahan kimia di LCD memburuk, sehingga memperpendek umur perangkat tersebut. Selain itu, radiasi dari cahaya matahari juga akan mempengaruhi layar dengan jenis LED.

Bukan hanya itu, efek sinar matahari terhadap layar televisi akan mengakibatkan kesan silau ketika kita menonton. Mata kita juga tidak mampu melihat gambar dan warna yang dihasilkan TV karena terganggu efek silau tersebut.

Jadi, atur sisi pencahayaan ketika kamu akan memasang TV LED di rumah. Pastikan terhindar dari sinar matahari langsung atau pantulan cahaya nya. Agar suasana menonton lebih nyaman dan menyenangkan.

Tips kedua merawat TV LED agar awet yaitu saat peletakan hindari sinar matahari secara langsung.

Jauhkan Dari Magnet

Merawat TV LED - Jauhkan Dari Magnet

Kamu pastinya sudah tahu apa itu magnet? Teori ini seringkali di bahas pada mata pelajaran sejak sekolah dasar. Ada jenis materi tertentu yang bersifat magnetis baik itu yang bersifat tetap atau sementara.

Sebenarnya yang merusak televisi itu adalah medan magnet nya. Ketika medan listrik dan magnet di gabungkan akan menimbulkan radiasi elektromagnetik. Dimana, radiasi yang kuat itu akan mengganggu kinerja TV.

Sebaiknya jangan menyimpan barang - barang yang mengandung gelombang elektromagnetis di dekat TV LED. Hal ini akan menimbulkan distorsi pada gambar di televisi. Bahkan, seringkali dijumpai kasus TV Tabung yang gambarnya keunguan karena magnet.

Contoh kecil, sering kita jumpai masyarakat yang meletakan Sound Sistem atau Speaker Aktif dekat dengan televisi. Nah, itulah salah satu penyebab usia TV LED kamu semakin pendek.

Tips ketiga merawat TV LED agar awet yaitu jauhkan barang elektromagnetik dari pesawat televisi.

Kurangi Kecerahan Layar

Merawat TV LED - Kurangi Kecerahan Layar

TV LED menggunakan teknologi LED Backlight sebagai dasar pencahayaan. Beberapa kelebihannya sudah banyak di bahas pada berbagai media online.

Satu hal yang perlu kuta garis bawahi yaitu setiap barang elektronik termasuk televisi tentunya memiliki masa pakai atau umur. Rata - rata TV LED mampu bertahan di atas 75 ribu jam, bahkan untuk merk tertentu bisa lebih lama lagi.

Nah, salah satu cara untuk memperpanjang usia LED Backlight yaitu dengan mengurangi rasio lampu latar. Terlepas dari merk TV yang kamu beli, pengaturan tersebut bisa kita sesuaikan.

Sebagai contoh, jika kamu membeli TV LED merk LG, akan ada pengaturan gambar. Produsen juga memberi tambahan untuk menyesuaikan kecerahan layar dengan mudah yaitu melalui mode hemat energi ( mati, minimum, medium dan maksimum ).

Pada dasarnya mode hemat energi tersebut hanyalah mengurangi rasio lampu latar dari 100% menjadi 75% (minimum), 50% ( medium ) dan 0% (maksimum hemat energi). Yang punya TV LED LG boleh cek sendiri di pengaturan.

Nah, apapun merk televisi yang kamu beli, pengaturan pabrik akan menunjukan indikator lampu latar 100. Kamu hanya perlu mengurangi rasio tersebut minimal 90, saya sendiri lebih nyaman di 75.

Hasilnya lumayan, semenjak pertama kali saya beli TV LED belum ada yang rusak satupun, jumlah 3 unit televisi. Dengan pemakaian wajar, kecuali hari libur nyala terus.

Tips keempat merawat TV LED agar awet yaitu kurangi kecerahan lampu latar untuk memperpanjang usia pesawat televisi.

Bersihkan Layar Televisi

Merawat TV LED - Bersihkan Televisi

Seiring dengan pemakaian dalam jangka waktu yang lama, televisi tentunya akan berdebu dan perlu di bersihkan. Nah, teknik membersihkan area layar juga tidak boleh sembarangan.

Pertama, gunakan kain khusus untuk membersihkan debu misalnya kanebo atau kain flanel. Jangan menyemprotkan cairan apapun ke layar televisi. Tapi basahi kanebo tersebut, lalu lap layar hingga bersih.

Kamu dapat menggunakan cairan pembersih apapun, tetapi hindari yang mengandung alkohol atau bersifat keras. Hal ini dapat merusak pigmen layar televisi.

Cara yang benar untuk merawatnya yaitu ambil kain kanebo yang bersih, bahasi kain tersebut dengan cairan pembersih yang bersifat lembut non alkohol. Lalu usapkan ke layar TV LED kamu secara merata, biarkan hingga kering.

Tips kelima merawat TV LED agar awet yaitu bersihkan pesawat televisi dengan baik dan benar.

Matikan Televisi

Merawat TV LED - Matikan Televisi

Seperti yang sudah saya informasikan sebelumnya bahwa LED Backlight itu memiliki umur. Oleh karena itu, nyalakan televisi ketika kamu memang menontonnya, tidak peduli berapa lama selama kamu melihatnya silahkan di nikmati saja.

Nah, setelah selesai menonton sebaiknya matikan TV LED kamu, jangan di biarkan menyala terus - terusan. Apakah sudah cukup demikian? Sebenarnya ada langkah yang lebih baik lagi yaitu cabut colokan televisi tersebut.

Mengapa demikian? Ketika kamu mematikan TV dengan remote, sebenarnya masih ada arus beban dari PLN ke pesawat televisi. Memang, teknologi saat ini sudah ada pengaman sehingga sah - sah saja kita tidak mencabut colokan tersebut.

Namun, saya selalu mematikan juga dari TV LED dari remote di tambah mencabut colokan. Ketika terjadi petir atau korsleting listrik, televisi saya tetap aman dan tidak terpengaruh.

Tips keenam merawat TV LED agar awet yaitu matikan pesawat televisi ketika sudah tidak digunakan.

Kesimpulan

Cara merawat TV LED agar awet dan tahan lama di pakai hingga bertahun tahun sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut :

  • Perhatikan tata letak penyimpanan pesawat televisi.
  • Hindari TV LED dari sinar matahari secara langsung.
  • Jauhkan barang - barang elektromagnetik agar tidak merusak televisi.
  • Kurangi kecerahan lampu latar untuk memperpanjang usida LED Backlight.
  • Bersihkan layar televisi dengan baik dan benar untuk menghilangkan debu.
  • Matikan pesawat televisi ketika sudah selesai digunakan.

Nah, jika kamu sudah memiliki TV LED, rasanya tidak lengkap tanpa antena parabola mini bebas biaya bulanan. Ucapkan selamat tinggal pada siaran yang ber-semut dan katakan selamat datang untuk tontonan televisi digital.

Demikian pembahasan mengenai 6 Cara Merawat TV LED agar Awet dan Tahan Lama Edisi 2020. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kamu yang sedang ingin menambah pengetahuan seputar pertelevisian.