Cara Setting AC Panasonic

Cara Setting AC Panasonic Agar Dingin & Hemat 2021

Sponsor

Cara setting AC Panasonic harus dilakukan dengan baik dan benar, agar hasilnya bisa dingin secara maksimum juga hemat listrik. Seperti yang kita ketahui, Air Conditioner merupakan salah satu benda elektronik yang sangat dibutuhkan dalam udara panas.

Entah itu di rumah, institusi pendidikan, perkantoran, pemerintahan dan tempat umum biasanya memasang AC untuk memberi kenyamanan bagi orang - orang yang berada di ruangan. Sehingga suhu udara tetap sejuk, hingga secara otomatis membuat aktivitas jadi semakin menyenangkan.

Sebenarnya fungsi dari Air Conditioner itu tidak hanya mengontrol suhu saja, tetapi dapat memberikan kesehatan bagi orang disekitar. Melalui teknologi filter canggih yang akan menyaring bakteri, debu, dan polusi serta memberikan sirkulasi udara yang baik.

Panasonic merupakan salah satu brand terkemuka di Indonesia yang memproduksi mesin pendingin ruangan, ternyata cukup diminati oleh masyarakat. Namun, terkadang kecanggihan teknologi tidak disertai pemahaman yang baik, sehingga ada sebagian orang yang belum mengetahui bagaimana cara setting AC Panasonic biar dingin maksimal.

Arti Simbol Remot AC Panasonic

Arti Simbol Remot AC Panasonic

Tahukah kamu, bahwa semua cara setting AC Panasonic terletak pada remot kontrol yang berisi berbagai tombol dengan simbol tertentu. Kamu perlu mengenal kegunaan dari setiap lambang tersebut, agar memahami pengaturan mesin pendingin udara secara benar.

Bagian - bagian remot AC Panasonic:

  • Transmitter merupakan bagian utama yang bertugas mengirimkan perintah kepada unit indoor.
  • Display berupa layar kecil yang terletak pada remot untuk menampilkan berbagai indikator seperti suhu, mode, timer dan sebagainya.
  • Papan Rangkaian berupa sirkuit elektronika yang bertugas mengelola dan membangkitkan transmitter untuk mengirim perintah tertentu.
  • Panel berisi sejumlah tombol yang dilengkapi simbol dan mempunyai fungsi berbeda - beda.
  • Casing merupakan cover penutup berbagai komponen remot AC panasonic.

Nah, itulah beberapa bagian terpenting dari remot kontrol, selanjutnya kita perlu mengenal lebih dalam mengenai arti simbol yang tertera pada tombol. Banyaknya fitur AC Panasonic mungkin sedikit membingungkan bagi mereka yang belum mengetahui tata cara setting perangkat yang baik.

Berikut arti tombol remot AC Panasonic:

Tombol RemotFungsi
On/OffMenyalakan atau menghentikan pengoperasian unit indoor
ModeMemilih model pengoperasian AC secara otomatis yaitu auto, cool dan dry
TempMengatur tinggi rendahnya suhu udara sesuai keinginan pengguna
TimerMengatur operasional AC secara otomatis dan terjadwal
SwingMengelola arah aliran udara sesuai kebutuhan
Fan SpeedMengatur kecepatan perputaran kipas pada AC
Auto ComfortMode otomatis untuk kenyamanan maksimum
EconaviMode setting hemat energi secara otomatis
Powerful/QuietSet otomatis untuk pendinginan cepat atau operasional senyap
Nanoe-GMengaktifkan fitur pemurnian udara

Tombol dan arti simbol pada tabel diatas hanya bersifat ilustrasi dan kemungkinan dapat berbeda dengan unit sebenarnya, tergantung seri perangkat AC Panasonic. Setelan berikut penjelasan lengkap mengenai fitur khusus yang tertera di remot kontrol dapat kamu pelajari pada buku manual resmi dari pabrik.

Cara Setting AC Panasonic

Setting AC Panasonic

Cara setting AC Panasonic melalui remot kontrol terbagi menjadi dua metode yaitu manual dan otomatis. Semuanya mudah untuk dilakukan, hanya dengan beberapa kali tekan tombol maka kenyamanan udara di ruangan dapat kamu rasakan.

Produsen memang telah mengatur sedemikian rupa untuk memudahkan pengguna dalam mengelola perangkat mesin pendingin udara secara otomatis. Namun, terkadang ada pula yang memilih metode manual sesuai kebutuhan masing - masing. Beriut cara setting AC Panasonic yang baik dan benar:

Tutup Ruangan

Cepat atau lambatnya proses pendinginan tergantung dari luas ruangan, tetapi kita bisa mengoptimalkan penurunan suhu secara maksimal dengan menutup semua pintu dan jendela. Memang, hal ini tidak termasuk ke dalam cara setting AC Panasonic melalui remot, namun tetap berpengaruh pada efisiensi kinerja serta penghematan daya listrik.

Dengan demikian, tahap pendinginan akan berlangsung lebih cepat pada ruangan yang tertutup rapat, sehingga suhu kamar tidak lolos keluar. Faktor ini seringkali dianggap remeh, padahal manfaatnya begitu besar dan terasa.

Atur Temperatur

Setelah menutup pintu dan jendela, selanjutnya nyalakan AC Panasonic pada suhu kamar dengan rentang 22 sampai 25 derajat celcius. Ini merupakan pengaturan terbaik dengan menentukan titik awal yaitu standar suhu ruangan.

Jangan melakukan set derajat paling rendah ketika pertama kali menyalakan AC, karena perangkat akan langsung dipaksa bekerja berat sekaligus mengkonsumsi daya tinggi. Hal itu tidak baik bagi tingkat keawetan Air Conditioner di masa yang akan datang, bahkan bisa error.

Biarkan kompresor melakukan pemanasan terlebih dahulu dan sensor mendeteksi standarisasi suhu kamar di area yang kamu tempati. Tunggulah beberapa saat sekitar satu hingga dua menit saja, rentang waktu ini tidak begitu lama bukan!

Pilih Mode Cool

Ruangan telah ditutup sekaligus AC menyala pada suhu kamar, langkah selanjutnya ialah memilih mode operasional mesin tersebut. Pihak pabrikan memberikan tiga fitur yaitu auto, dry dan cool yang memiliki fungsi berbeda - beda.

Auto merupakan mode otomatis yang setel oleh produsen berdasarkan parameter tertentu, sehingga pengguna tidak perlu melakukan cara setting AC Panasonic secara manual. Namun, metode ini sedikit lama karena sensor membutuhkan waktu untuk mendeteksi parameter yang pas.

Cara tercepat setting AC biar cepat dingin yaitu memilih mode cool, dimana fitur ini berfokus pada proses pendinginan saja. Satu hal yang perlu kamu ingat, bahwa mode ini dilakukan ketika indikator berada pada suhu kamar sekitar 22 derajat celcius dan biarkan sekitar satu menit.

Turunkan Suhu

Ketika temperatur ruangan dan mode cool telah dipilih, selanjutnya turunkan suhu secara bertahap setiap satu derajat. Perlahan sampai kamu merasakan tingkat kenyamanan udara yang cocok, jangan sampai mengurangi suhu secara sekaligus.

Hal itu akan membuat kompresor kaget lantas bekerja keras sehingga performanya malah kurang maksimal. Selain itu, hawa dingin tak akan menyebar secara merata ke seluruh area. Justru, yang terjadi yaitu proses pendinginan memakan waklu lama.

Atur Kecepatan Kipas

Saat indikator suhu telah menunjukan angka terdingin yaitu 16 atau 18 derajat, tetapi kamu masih belum merasakan kenyamanan udara, maka perlu melakukan pengaturan terakhir yaitu mengatur kecepatan kipas. Perputaran blower terdiri dari tiga bagian diantaranya lambat, sedang dan powerful.

Memperhatikan kecepatan Fan merupakan cara setting AC Panasonic pada tahap akhir, silahkan kamu sesuaikan dengan kebutuhan masing - masing. Bila perlu, kelola juga arah aliran udara nya yang biasa disebut 'swing'.

Penutup

Dengan mengetahui arti simbol remot, pengguna dapat menerapkan cara setting AC Panasonic yang baik dan benar. Sehingga suhu udara cepat dingin secara maksimal dan secara otomatis menghemat beban listrik juga.

Buku panduan resmi yang diterbitkan oleh produsen berisi istilah - istilah berkaitan dengan Air Conditioner, sekaligus panduan singkat mengenai tata cara pengoperasiannya. Jadi, kamu sebaiknya pelajari referensi tersebut walaupun hanya membaca sekilas.

Demikian pembahasan khusus perihal cara setting AC Panasonic agar dingin dan hemat energi. Semoga tutorial ini dapat dimengerti dengan mudah, selamat mencoba.