Cara Setting TV Digital

Cara Setting TV Digital Otomatis di Semua Saluran

Sponsor

Bagaimana sih cara setting TV Digital otomatis untuk memindai semua saluran tanpa menghafal nomor mux (multiplex)? Mungkin masih ada sebagian orang yang belum mengetahui secara pasti akan teknik tersebut.

Negara ini tengah memasuki masa peralihan dari analog menuju siaran digital terestrial UHF, dengan kualitas tayangan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Orang - orang akhirnya dapat merasakan saluran televisi bebas noise, bersih dan jernih.

Pengguna parabola mini memang telah cukup lama menyaksikan segudang channel digital melalui jalur satelit. Namun, rakyak kecil tak mampu menjangkau biaya pemasangan antena parabola dan proses trackingnya dibutuhkan keahlian khusus.

Lain halnya dengan frekuensi UHF, hampir semua orang tahu bagaimana cara pasang TV digital lewat antena UHF dan juga ongkos perangkat relatif sangat murah. Inilah yang membuat informasi saluran digital terestrial memberi euforia positif bagi masyarakat.

Mereka berbondong - bondong migrasi ke siaran digital memakai antena UHF biasa, tetapi dalam prakteknya ada pengguna yang masih bingung tentang cara setting TV digital otomatis. Padahal cukup simpel, kita tinggal pindai saja maka televisi akan mencari sendiri saluran yang sudah on air.

Pastikan Pesawat TV Support Digital

Cek Tuner TV Digital

Hal pertama yang harus kita perhatikan sebelum melangkah lebih jauh yaitu memastikan terlebih dahulu bahwa pesawat televisi telah mendukung tuner digital secara bawaan dari pabrik. Biasanya terdapat pada TV LED keluaran terbaru sekitar rakitan tahun 2018 keatas.

Cara melihatnya cukup gampang, kamu hanya perlu masuk ke pengaturan saluran televisi, bila ada pilihan DTV atau digital berarti perangkat tersebut support format DVB-T2. Itu merupakan teknik kroscek paling mudah, karena terkadang spesifikasi hardware tidak disebutkan di dalam buku manual atau refrensi resmi dari website.

Contohnya, TV LED LG 32LM553BPTP yang kami miliki tidak mencantumkan informasi tuner DVB-T2, baik dalam boks, muku manual maupun situs official LG. Sehingga awalnya kita merasa ragu apakah perangkat seri ini sudah mendukung digital atau belum.

Ternyata, setelah melihat menu secara langsung terdapat opsi DTV (Digital Televisi) yang artinye tuner DVB-T2 sudah terpasang didalamnya. Hasilnya, terbukti mampu menangkap format siaran DVB-T2 dengan baik, tetapi jumlah channel TV digital tergantung pemancar dan mux.

Televisi konvensional biasa yang belum mendukung konten digital wajib memasang alat tambahan berupa Set Top Box DVB-T2. Tersedia di toko terdekat baik pembelian secara offline maupun online, dengan harga mulai dari 100 sampai 300 ribuan saja.

Pasang Antena Indoor Atau Outdoor

Pasang Antena TV Digital

Sedekat apapun lokasi kamu dengan pemancar, pemasangan antena UHF wajib dilakukan untuk memaksimalkan potensi penerimaan sinyal digital. Di pasaran, kamu dapat menemukan berbagai macam antena dengan tipe indoor ataupun outdoor.

Proses pemilihan tergantung pada lokasi tempat tinggal pengguna, bagi mereka yang dekat dengan tower serta sinyal melimpah cukup memakai antena UHF indoor. Instalasinya simpel dan mudah sekali disimpan di raungan dalam rumah, bahkan modelnya pun bervariasi.

Pemirsa yang tinggal di daerah pedesaan atau lokasinya jauh dari pemancar televisi, sebaiknya memilih antena UHF outdoor. Ada jenis yang memakai remot kontrol dan juga konvensional, dengan daya tangkap sinyal hingga 100 km tergantung merk.

Cara setting TV digital akan semakin maksimal ketika kamu menghubungkan dengan antena UHF, sehingga jumlah channel yang diterima cukup banyak. Bila perlu, tambahkan pula booster atau CATV sebagai alat penguat sinyal yang telah terbukti keampuhannya.

Frekuensi digital berbeda dengan analog, sehingga pemasangan antena tidak perlu terlalu tinggi asalkan sinyal bisa masuk. Pastikan posisinya sudah pas tegak lurus ke arah pemacar berada agar intensitas sinyal yang diterima bisa optimal.

Cara Setting TV Digital

Panduan Setting TV Digital

Cara setting TV digital merupakan langkah terakhir ketika proses instalasi perangkat selesai, mulai dari pemasangan antena sampai mengubungkan nya ke pesawat televisi. Jadi, pastikan telebih dahulu perihal semua peralatan telah terpasang dengan baik dan benar.

Perlu kamu ketahui bahwa, stasiun televisi mengudara dari sebuah pemancar dengan menempati kanal multiplex atau mux. Setiap mux biasanya mamu menampung 8 channel HD (high definition) atau 12 saluran SD (standard definition).

Pihak penyelenggara multipleksing akan membangun transmitter yang umumnya berisi 4 mux, sedangkan stasiun televisi menyewa slot agar konten nya dapat disiarkan. Jadi, disini kita akan mengambil kesimpulan bahwa satu pemancar mampu menampung 32 sampai 60 channel.

Berikut cara setting TV digital paling mudah:

  • Pastikan semua peralatan telah terpasang dengan baik mulai dari antena, set top box maupun booster.
  • Nyalakan pesawat televisi dan STB apabila kamu menggunakannya.
  • Masuk ke pengaturan saluran televisi atau setting program (khusus STB DVB-T2).
  • Pilih menu "program" lalu tekan "pencarian otomatis" dengan asumsi kamu telah set opsi menu ke bahasa indonesia.
  • Tunggu beberapa saat sampai perangkat menyimpan saluran secara otomatis.
  • Setelah tersimpan, lakukan setting channel dengan mengurutkan nomor sesuai keinginan.
  • Cara setting TV digital selesai dengan baik.

Penomoran channel bawaan transmitter biasanya bersifat acak, sehingga pengguna perlu melakukan setting manual untuk merapikan saluran sesuai urutan yang diinginkan. Dalam beberapa kondisi, umumnya mereka menambahkan ke menu favorit agar akses nya lebih mudah.

Contoh setting saluran tv digital:

NomorChannel
1RTV HD
2Trans TV HD
3Trans 7 HD
4SCTV HD
5Indosiar HD
6Net TV HD
7Mentari TV HD
8KTV HD
9ANTV HD
10RCTI HD
11GTV HD
12TVRI Sport HD
13MNC TV HD
14CNN Indonesia HD
15CNBC Indonesia HD

Nah, itulah cara setting TV digital dengan urutan channel yang penulis pakai, efeknya akses ke berbagai saluran semakin mudah. Kita hanya perlu menekan nomor di remot kontrol untuk mengganti siaran sesuai keinginan, rapi dan mudah diingat.

Penutup

Hadirnya modulasi siaran berbasis digital membawa angin segar bagi industri pertelevisian tanah air. Maysarakah menyambut positif diikuti semua sektor ekonomi bergerak untuk memenuhi permintaan pasar.

Setelah kita fahami, ternyata cara setting TV digital begitu mudah yang hampir bisa dilakukan oleh semua orang. Selain itu, proses instalasi perangkat nyaris tanpa biaya kecuali penambahan STB bagi mereka yang tidak memiliki tuner DVB-T2 built in pabrik.

Demikian cara setting TV digital otomatis di semua saluran yang kami ulas secara ringkas, semoga bisa menjadi referensi untuk semua sahabat Sabiru. Selamat mencoba dan semoga berhasil dengan baik.