Cara Memperkuat Sinyal TV Digital

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital Agar Stabil 2021

Sponsor

Sebagian orang memang masih belum mengerti bagaimana cara memperkuat sinyal TV digital dan hanya memasang antena begitu saja. Padahal penerimaan frekuensi UHF yang optimal akan memperlancar tayangan televisi sekaligus menambah jumlah channel.

Saat ini, masyarakat sedang memburu daftar siaran TV digital yang menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan dengan tipe analog. Mereka berbondong - bondong membeli antena UHF terbaru atau Set Top Box DVB-T2 agar bisa menikmati kualitas tayangan jernih bebas noise.

Meskipun migrasi analog ke digital secara resmi berlaku tanggal 02 November 2022, tetapi tak menyurutkan semangat penduduk indonesia untuk mencoba jenis penyiaran berbasis digital ini. Beberapa stasiun televisi secara serempak melakukan uji coba di berbagai wilayah.

Pemerintah memberikan kebijakan bagi semua pelaku industri pertelevisian untuk segera melakukan penyiaran secara simlucast selama masa transisi. Istilah simulcast sendiri berarti konten analog dan digital tayang bersamaan, memang hal itu mengakibatkan power transmisi terbagi dua.

Nah, cara memperkuat sinyal TV digital ini begitu penting, agar siaran yang kamu terima tidak patah - patah dan jumlah saluran banyak.

Sinyal TV Digital Lemah

SInyal TV Digital Lemah

Seperti yang kita ketahui bahwa frekuensi UHF di pancarkan secara terestrial dari berbagai transmisi yang dibangun pada jalur darat. Pemancar di letakkan pada titik tertentu untuk mengcover sebagian wilayah kecil, sedangkan tanah air kita merupakan negara kepulauan yang luas.

Kondisi geografis di Indonesia mengharuskan pemerintah membangun transmisi dalam jumlah banyak agar sinyal UHF dapat dinikmati secara merata oleh semua penduduk. Namun, hal ini membutuhkan dana besar sehingga masih banyak area blank spot (tanpa sinyal).

Frekuensi UHF terkuat hanya menjangkau masyarakat yang tinggal di perkotaan atau dekat dengan pusat transmisi. Semakin jauh sinyal akan melemah, untungnya basis digital ini tidak mengurangi kualitas siaran sehingga tetap jernih dan bagus.

Dengan demikian, kamu tidak perlu berkecil hati ketika tinggal jauh dari pemancar televisi, asalkan sinyal masuk maka secara otomatis bisa menonton siaran digital. Yang penting, tahu bagaimana cara memperkuat sinyal TV digital agar hasilnya tetap maksimal.

Banyak hal yang harus kamu perhatikan untuk mengoptimalkan tingkat kepekaan peralatan penerima frekuensi UHF. Kuat lemahnya sinyal tergantung faktor lingkungan dan proses instalasi perangkat, sehingga tak bisa dilakukan secara sembarangan.

Memperkuat Sinyal TV Digital

Memperkuat Sinyal TV Digital

Bagi kamu yang belum pernah melakukan pemasangan antena, sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu guna mengetahui lebih lanjut sehingga proses instalasi secara mandiri berjalan lancar. Seperti yang kita ketahui, bahwa antena memiliki peranan paling penting dalam membantu menangkap sinyal, terutama bagi mereka yang lokasinya jauh dari pusat transmisi UHF.

Kali ini saya akan memberikan cara memperkuat sinyal TV digital, yuk kita simak penjelasan di bawah ini:

Pilih Antena Outdoor

Antena UHF terbagi menjadi dua jenis yaitu indoor dan outdoor, semuanya berfungsi untuk menangkap sinyal dengan lebih baik. Namun, perlu kamu ingat bahwa tipe perangkat yang dipasang dalam rumah memang terlihat simpel, tetapi hanya berlaku bila tinggal di daerah perkotaan dekat pusat transmitter.

Antena outdoor mampu menerima sinyal secara maksimal karena lokasi pemasangannya sangat tepat berada diluar. Sehingga sinyal yang datang dari pemancar akan langsung diterima tanpa terhalang dinding rumah, apabila kamu memasang antena UHF yang benar.

Nah, antena luar juga memiliki banyak model dan harga yang bervariasi, sebaiknya memilih tipe yang banyak aluminium daripada plastik. Berikut beberapa antena TV terbaik :

  • PF HDU25, ukuran paling panjang yang sangat baik menangkap sinyal hingga jarak 75 km.
  • Intra Zeus, dimensinya panjang sehingga potensi penerimaan sinyal cukup baik hingga jarak 75 km.
  • PH HD 19, sedikit lebih pendeng tetapi cukup sensitif dalam menangkap frekuensi UHF.
  • Intra 003, mungil sehingga mudah dalam proses pemasangan dengan tingkat kepekaan tinggi.
  • PF HD12, kecil tetapi sangat sensitif sampai banyak digunakan pula oleh orang - orang.
  • HES HS-879, paling kecil dan ringkas yang cukup baik juga dalam kepekaan menerima sinyal.

Ukuran antena UHF yang semakin pajang akan meningkatkan tingkat kepekaan menerima frekuensi. Saya sendiri telah menguji HES HS-879 dengan harga Rp. 51.000, an saja dan hasilnya cukup manjur, apabila diperlukan silahkan modifikasi dengan cara panjang antena di tambah. Ini menjadi perangkat paling menentukan dalam memperkuat sinyal TV digital.

Gunakan Kabel Berkualitas

Cara memperkuat sinyal TV digital juga sangat dipengaruhi oleh jenis kabel yang kamu gunakan. Nah, kabel coaxial berfungsi menyalurkan sinyal dari antena ke televisi sehingga diperlukan bahan yang bagus.

Kualitas kabel yang buruk akan mengurangi sinyal yang diterima televisi karena tidak tersalurkan seluruhnya. Hal ini terjadi karena proses penyalurannya terhambat dan tidak maksimal.

Kabel Coaxial bawaan antena memang standar, boleh saja kamu memakainya untuk uji coba pertama. Jika dirasa sinyal cukup, tak perlu membeli tipe bagus atau menambah booster.

Atur Arah dan Ketinggian Antena

Selanjutnya, cara memperkuat sinyal TV digital cukup mudah yaitu pasang di lokasi strategis setelah sebelumnya memilih antena outdoor dan kabel coaxial yang bagus. Atur pula arah dan ketinggiannya agar tegak lurus dengan pusat pemancar UHF berada.

Gunakan aplikasi android untuk menemukan lokasi transmitter terdekat serta arah antena yang benar. Contohnya kamu dapat mamanfaatkan aplikasi "SinyalTVDigital" atau "Antenna Pointer" yang bekerja berdasarkan GPS.

Tidak perlu terlalu tinggi pula, cukup temukan kualitas sinyal ideal dan penempatan yang tak terhalang pohon ataupun gedung. Ketika kamu merasa sinyal masih kurang, barulah mengatur ketinggian antena tersebut.

Pakai Alat Penguat Sinyal

Memperkuat sinyal TV digital sebenarnya sudah cukup hanya dengan pemilihan antena, kabel yang bagus dan arah serta ketinggian tepat. Namun, apabila diperlukan kamu dapat membeli alat penguat sinyal, biasa disebut sebagai "Booster".

Definisi dari booster sendiri ialah sebuah rangkaian elektronika yang akan mengolah frekuensi UHF lemah dan memperkuatnya kemudian disalurkan langsung ke pesawat televisi. Sudah bukan rahasia umum, banyak orang yang memasang alat penguat sinyal TV mendapat hasil yang baik.

Dipasaran terdapat dua jenis alat penguat sinyal yaitu booster dan CATV (mengoptimalkan sekaligus memparalelkan siaran televisi).

Penutup

Cara memperkuat sinyal TV digital ternyata cukup mudah dan murah, dimana pengguna hanya perlu mengetahui proses pemasangan antena dengan baik dan benar. Panduannya bahkan dapat dilakukan oleh semua orang, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan.

Antena merupakan perangkat paling menentukan seberapa besar sinyal yang akan kamu terima. Oleh karena itu, gunakan tipe outdoor dengan spesifikasi minilaj setara PH HD 12. Harganya cukup murah sekitar Rp. 70.000,-an saja, tetapi kualitasnya bagus.

Itulah beberapa cara memeperkuat sinyal TV digital yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang baik. Selamat mencoba pemasangan perangkat secara mandiri di rumah tanpa perlu seorang teknisi.