Cara Pasang TV Digital

Cara Pasang TV Digital Gratis Semua Saluran 2021

Sponsor

Di era modernisasi ini, masih ada yang belum mengetahui cara pasang TV digital, padahal proses instalasinya cukup simpel dan murah meriah. Masyarakat cukup memakai perangkat lama tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun untuk televisi rakitan terbaru serta ongkos 150 ribu saja bagi yang berjenis Tabung.

Euforia orang - orang menyambut jadwal Analog Swict Off (ASO) pada tanggal 2 November 2022 nanti, tengah di rasakan mulai dari sekarang. Sebagian dari mereka segera migrasi ke siaran digital dengan harapan bisa menonton acara yang bebas dari gangguan noise.

Pemerintah berusaha menekan Analog melalui kebijakan yang menghentikan impor dan produksi televisi konvensional, serta mendorong perakitan Set Top Box DVB-T2 buatan dalam negeri. Selain itu, semua lembaga penyiaran sedang bersiap On Air di frekuensi digital terbaru.

Bahkan, sebagian stasiun televisi telah mengudara di beberapa kota besar seluruh Indonesia dan sisanya menyusul kemudian, sambil mempersiapkan sumber daya. Disisi lain, masyarakat mulai mempraktekan cara pasang TV digital gratis, lalu berhasil memperoleh banyak saluran televisi.

Tentang TV Digital

Tentang TV Digital

Siaran televisi berbasis digital mulai dikembangkan semenjak tahun 90-an untuk menggantikan sistem Analog yang boros spektrum serta penuh gangguan. Seiring dengan kemajuan teknologi, generasi kedua pun lahir membawa perbaikan dan pengoptimalan dari berbagai sisi.

Standar Digital Video Broadcating gelombang dua atau biasa dikenal sebagai "DVB-T2", telah diadaptasi oleh sebagian besar negara - negara di dunia, termasuk Asia Tenggara. Lantas, Indonesia menjadi yang paling tertinggal bahkan dibandingkan kompetitor seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Vietnam dan Thailand.

Namun, titik terang muncul usai penggodokan legalisasi selama bertahun - tahun yang akhirnya resmi mengudara secara nasional pada tanggal 2 November 2022. Lantas, puluhan stasiun televisi yang telah mengudara pada jalur digital terestrial ini.

Berikut kelebihan TV digital:

  • Sinyal menggunakan jalur UHF sehingga masyarakat tidak perlu membeli antena terbaru.
  • Kualitas gambar dan suara sangat jernih dengan resolusi High Definition (HD) nyaris tanpa ada noise yang terlihat.
  • Siaran akan tetap sama dan kualitas tidak berkurang meskipun pengguna berada di titik terjauh dari pemancar.
  • Tayangan tak akan berubah walaupun pengguna berada di dalam mobil yang bergerak.
  • Frekuensi lebih efisien yang mampu menampung lebih banyak saluran channel.

Kini, mereka yang telah melakukan cara pasang TV Digital mulai merasa nyaman dengan suguhan acara jernih. Selain itu, jumlah channel kian bertambah bahkan di ibukota mencapai 50 saluran televisi.

Persiapan Peralatan Digital

Peralatan TV Digital

Akses tayangan digital baru dapat terlaksana apabila semua peralatan yang dibutuhkan terpenuhi. Ternyata, masyarakat memang belum begitu mengetahui apa saja alat yang harus tersedia serta bagaimana cara pemasangannya.

Mereka mengira bahwa TV Digital itu harus berbayar atau berlangganan, bahkan ada pula yang berfikir bahwa modal migrasi cukup mahal. Padahal sosialiasi dari berbagai pihak cukup optimal, ditambah banyak sekali panduan baik itu melalui website ataupun Youtube.

Berikut peralatan untuk akses TV Digital:

  • Pesawat televisi jenis tabung, LCD dan LED semua seri.
  • Antena UHF seri indoor maupun outdoor disesuaikan dengan lokasi pengguna.
  • Set Top Box bersifat tidak wajib, hanya bagi perangkat yang tidak memiliki tuner DVB-T2 secara built in.
  • Booster apabila dibutuhkan saja, terutama daerah terpencil yang jauh dari pemancar.

Sebagian besar pesawat televisi yang beredar di Indonesia memang masih bersifat analog, tidak disertai tuner digital. Namun, TV LED rakitan tahun 2018 keatas pada umumnya telah terpasang DVB-T2 dari pihak pabrikan secara langsung. Kamu dapat melakukan cek manual di menu pencarian saluran, apabila terdapat opsi DTV berarti perangkat tersebut telah mendukung siaran digital.

Bagi yang belum, silahkan membeli Set Top Box DVB-T2 dari toko terdekat dengan kisaran harga 150 sampai 300 ribuan saja, harga tergantung dari merk. Selain itu, siaran TV Digital itu gratis tanpa iuran bulanan maupun kuota internet, jadi pengguna dapat menonton sepuasnya.

Cara Pasang TV Digital

Panduan Pasang TV Digital

Setelah melengkapi peralatan yang dibutuhkan, selanjutnya kamu perlu memperhatikan cara pasang TV digital yang baik dan benar. Tujuannya agar memperoleh sinyal maksimal sehingga saluran televisi yang diterima cukup banyak.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa letak geografis dan jarak dari pemancar juga menentukan jumlah channel yang tertangkap. Oleh karena itu, kita dapat mengatasinya dengan mengoptimalkan instalasi untuk menangkap kualitas sinyal tertinggi.

Berikut cara pasang TV Digital:

  • Pasang terlebih dahulu antena UHF tipe indoor atau outdoor sesuai kebutuhan.
  • Hubungkan kabel antena langsung ke pesawat televisi tanpa memakai booster.
  • Nyalakan TV LED (built in tuner DVB-T2) lalu masuk ke menu pencarian saluran.
  • Pilih pindai otomatis maka televisi akan meakukan pencarian channel.
  • Tunggu beberapa saat hingga selesai 100 persen.
  • TV LED akan menyimpan channel secara otomatis.

Panduan setting TV diatas, hanya berlaku apabila perangkat kamu telah terpasang tuner digital bawaan pabrik. Namun, jika belum harus memakai alat tambahan berupa receiver digital terestrial.

Cara Pasang TV Digital melalui Set Top Box:

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa pesawat televisi kamu berjenis tabung atau LED tanpa tuner digital.
  • Pasang antena UHF tipe indoor atau outdoor sesuai kebutuhan pengguna.
  • Hubungkan kabel antena UHF ke Set Top Box DVB-T2 tanpa memakai booster.
  • Sambungkan STB digital tersebut ke pesawat televisi.
  • Nyalakan TV beserta Set Top Box secara bersamaan.
  • Siapkan remot kontrol dari decoder DVB-T2, lalu masuk menu pencarian saluran.
  • Lakukan pemindaian otomatis dan tunggu beberapa saat.
  • Channel akan tersimpan secara otomatis.
  • Selesai, kamu dapat menonton siaran digital.

Untuk mendapatkan sinyal maksimum, arahkan antena UHF ke pemancar terdekat yang tidak terhalang oleh gunung. Pasang aplikasi "AntenaTVDigital" atau "Antena Pointer" agar memudahkan kamu mencari lokasi tower stasiun televisi.

Jika diperlukan, tambahkan pula booster untuk penguat sinyal tetapi tidak bersifat wajib. Langkah ini diambil ketika proses instalasi normal belum membuahkan hasil. Disisi lain, selama sinyal UHF analog masuk maka menangkap frekuensi digital tentu juga bisa.

Dengan berbagai kelebihan yang ada, ternyata cara pasang TV digital itu sangat mudah dan nyaris tanpa modal untuk perangkat televisi rakitan terbaru. Jadi tunggu apa lagi, ayo segera migrasi agar bisa menonton tayangan jernih bebas noise.

Penutup

Indonesia tengah bersiap untuk migrasi ke industri pertelevisian yang bersifat digital, dengan sarana dan sumber daya yang mulai dibenahi oleh pemerintah. Hasilnya, saat ini sebagian besar stasiun swasta di berbagai wilayah telah mengudara walaupun secara simulcast.

Masyarakat pun menyambut positif, terlihat di forum dan media sosial banyak yang membahas cara pasang TV digital. Selain itu, meningkatnya permintaan terhadap Set Top Box membuat perusahaan elektronika dalam negeri memproduksi dalam jumlah besar.

Demikian cara pasang TV Digital gratis untuk semua saluran yang dibahas secara lugas, semoga bisa bermanfaat dan membantu kamu menemukan pencerahan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.