Booster TV Digital Terbaik

4 Booster TV Digital Terbaik Untuk Sinyal Maksimum

Sponsor

Pemirsa yang hobi nonton pada umumnya memasang booster TV digital terbaik agar siaran lebih stabil. Terutama bagi pengguna dengan lokasi tempat tinggal jauh dari pusat transmitter.

Di zaman modern seperti ini, hampir semua orang mempunyai pesawat televisi di rumahnya sebagai alat untuk memperoleh informasi maupun hiburan. Sebagian ada yang masih bertahan dengan model tabung, namun sisanya telah beralih ke TV LED.

Siaran televisi sendiri terbagi menjadi dua yaitu analog dan digital, semuanya dipancarkan melalui jalur darat sehingga semakin jauh lokasi pengguna maka kualitas sinyal akan melemah. Hal ini sering terjadi pada orang - orang yang tinggal di daerah pinggiran kota atau pedesaan.

Lemahnya frekuensi UHF membuat siaran mengalami beberapa permasalahan seperti berbintik, gambar cekot - cekot dan jumlah saluran berkurang. Oleh karena itu, perlu adanya perangkat tambahan berupa alat penguat sinyal yang biasa disebut sebagai "booster".

Manfaat Booster

Manfaat Booster TV DIgital

Definisi dari booster adalah sebuah rangkaian elektronika yang bertugas memperkuat dan menstabilkan sinyal UHF sedemikian rupa sehingga dapat dikenali oleh pesawat televisi dengan lebih baik. Perangkat ini semakin populer sejak siaran TV digital mengudara di Indonesia serta wacana mengenai analog swtich off.

Booster TV digital terbaik menggunakan daya sekitar 12 volt agar dapat bekerja secara ideal, dimana tegangan akan disalurkan melalui kabel Coaxial. Penguatan sinyalnya sendiri berada pada kisaran 10 sampai 15 dB dengan frekuensi operasional 400 - 850 MHz.

Berikut manfaat menggunakan booster TV digital terbaik:

  • Meningkatkan kualitas siaran televisi menjadi lebih baik dari sebelumnya.
  • Menambah jumlah saluran stasiun televisi agar semakin banyak.
  • Memperkuat sinyal lemah dan mengolahnya menjadi stabil.

Booster sendiri dapat terpasang langsung pada pesawat televisi, antena UHF atau terpisah dari keduanya. Namun, masyarakat seringkali memasang alat penguat sinyal ini secara terpisah apabila frekuensi yang diterima belum maksimal.

Hasilnya akan terasa apabila lokasi pengguna berjarak minimal 15 kilometer dari stasiun pemancar televisi. Namun, faktor kualitas antena UHD dan kabel juga memperngaruhi besaran sinyal yang diterima.

Daftar Booster TV Digital Terbaik

Banyaknya alat penguat sinyal yang beredar di pasaran seringkali membuat bingung calon pembeli, sehingga mereka kesulitan menentukan perangkat mana yang mempunyai kualitas mumpuni dan tahan lama. Nah, kali ini kami merangkum beberapa booster TV digital terbaik yang dapat menghemat waktu kamu.

1. Booster DX-W9900

Antena TV Digital PF DX W9900

PF antena DX-W9900 termasuk salah satu alat penguat sinyal terbaik yang ada di pasaran untuk frekuensi VHF dan UHF. Selain itu, produk ini dapat dipakai sebagai booster pada jenis siaran analog maupun digital DVB-T2.

Hanya dengan harga seratus ribuan saja, kamu akan memperoleh dua buah perangkat berupa booster outdoor dan power supply indoor. Proses pemasangan unit luar berjarak 1 meter dari antena, begitu pula dengan perangkat bagian dalamnya.

2. Tanaka

Booster TV Digital Tanaka

Tanaka merupakan merk yang sudah cukup terkenal di dunia perangkat pendukung televisi dan banyak digunakan oleh masyarakat. Booster tanaka indoor juga kerap kali menjadi andalan pemirsa untuk memperkuat sinyal UHF terutama daerah pedesaan.

Harga perangkat terbilang murah, mulai dari 25 hingga 30 ribu rupiah saja dengan kemampuan yang cukup memadai. Booster Tanaka dapat berfungsi sebagai power supply yang memiliki input sebesar 220 vlot dan output 24 volt. Namun, perlu kamu ingat bahwa perangkat jenis ini harus berpasangan dengan alat penguat sinyal outdoor.

3. Toyosaki TYS-99G

Booster TV Digital Toyosaki

Booster Toyosaki TYS-99G siap memperkuat penerimaan sinyal agar lebih stabil sehingga tidak ada lagi permasalahan noise maupun gambar macet. Produk ini juga hadir dengan dua buah unit indoor dan outdoor, cocok untuk segala jenis televisi mulai dari tipe tabung, LCD serta LED.

Booster TV digital terbaik merk toyosaki ini mampu membuat gambar menjadi bening dan bersih, sebagai efek dari kuatnya frekuensi UHF yang diterima. Selain itu, perangkat akan mengontrol frekuensi secara otomatis berkat komponen smart chip yang bekerja dengan kekuatan 40 - 46 desibel.

Hasil akan menjadi lebih maksimal ketika pengguna memakai antena berkualitas dan kabel coaxial 75 ohm, namun tetapi dipengaruhi faktor lingkungan seperti pegunungan maupun gedung tinggi.

4. CATV Signal Amplifier

Booster TV Digital CATV

CATV Signal Amplifier merupakan salah satu komponen booster TV digital terbaik sekaligus memparalelkan sinyal UHF. Artinya, hanya bermodalkan satu buah antena maka pengguna dapat membuat dua jalur yang berbeda untuk pesawat televisi lain.

Apabila dirumah terdapat 2 atau tiga buah pesawat televisi misalnya satu di ruang tamu, area keluarga dan kamar tidur, maka kamu tidak perlu memasang banyak antena UHF. Produk CATV ini dapat menyalurkan sinyal ke beberapa perangkat secara sekaligus tanpa mengurangi kualitas dari siarannya.

Terapat beberapa jenis CATV Signal amplifier mulai dari dual, triple hingga multi output. Selain itu, harga perangkat tergantung jumlah output, dimana semakin banyak dukungan paralel tentunya lebih mahal.

Cara Pasang Booster

Cara Pasang Booster TV Digital

Booster TV digital terbaik pada umumnya terdiri dari dua komponen yaitu bagian atas (outdoor) dan bawah (indoor). Unit yang berada di dalam rumah biasanya berfungsi sebagai power supply dan dapat di sambungkan ke arus listrik.

Saat ini, pemancar stasiun televisi umumnya menggunakan sinyal Ultra High Frequency, jadi kita hanya perlu memperhatikan port UHF tersebut sebagai input maupun outputnya.

Cara pasang booster TV digital terbaik:

  • Rakit antena UHF dengan benar sampai selesai.
  • Siapkan kabel coaxial 75 ohm dengan panjang 1 sampai 1.5 meter.
  • Hubungkan kabel tersebut dari antena ke booster outdoor.
  • Siapkan kabel coaxial lagi dengan panjang secukupnya, lalu sambungkan dengan booster outdoor tersebut dan ujung kabel di hubungkan ke unit indoor yang ada di dalam rumah.
  • Terakhir buat lagi kabel sepanjang 1 meter untuk mengubungkan televisi dengan unit booster indoor.
  • Proses pemasangan selesai.

Jarak booster unit indoor maupun outdoor idealnya sekitar 1 meter dari perangkat lain seperti yang tertera pada gambar diatas. Namun, apabila kualitas sinyal UHF suadh cukup bagus maka perangkat outdoor bisa kamu kondisikan dengan meletakan di bawah genteng agar tidak terjena hujan.

Dengan demikian, semua set antena UHF beserta booster pendukung dapat berfungsi lebih lama. Selain itu, pemasangan booster tidak selalu membuat sinyal lebih baik, karena terkadang ada sebuah kondisi over gain.

Penutup

Kuat atau lemahnya kualitas sinyal UHF yang diterima oleh pengguna dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti letak geografis, jenis antena yang dipakai, kualitas kabel coaxial sampai pemilihan booster TV digital terbaik sangat menentukan sekali.

Namun, bagi pemirsa yang tinggal di wilayah pedesaan, wilayah pegunungan serta jauh dari pusat transmitter sebaiknya memanfaatkan perangkat tambahan berupa alat penguat sunyal UHF. Banyak orang telah membutktikan dan merasakan perbedaan yang cukup signifikan ketika memasang booster TV. Produk tersedia di berbagai e-commerce populer seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukapalak dan Blibli.

Demikian penjelasan mengenai daftar booster TV digital terbaik beserta cara pemasangan yang benar. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk semua sahabat sabiru dimanapun berada.