Ukuran Kertas A6

Ukuran Kertas A6 Dalam Berbagai Satuan Edisi 2020

Sabiru
Sponsor

Tahukah kamu, bahwa ukuran kertas A6 dapat di konversi ke berbagai macam satuan seperti milimeter, centimeter, inchi, pixel, pica dan point. Kertas merupakan media tulis atau cetak yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari - hari.

Saat ini terdapat beragam jenis kertas yang telah memiliki standar internasional (ISO) dan lokal Amerika Utara, diantaranya yaitu seri A, B, C, F dan R. Sedangkan seri dari Amerika dikenal dengan legal, letter, ANSI, asrtektur serta personal organizer.

Variasi panjang dan lebar dari berbagai seri kertas disesuaikan dengan kebutuhan masing - masing penggunanya. Pasalnya, setiap ukuran memang diperuntukan untuk produk tertentu. Tengok saja besaran buku tulis dan poster pasti berbeda.

Konsumsi bubur kertas dunia cukup banyak meskipun era digital telah kita rasakan. Hal ini tak lepas karena kertas tersebut masih relevan dijadikan media informasi. Disisi lain, sebaiknya setiap elemen masyarakat tetap menjaga keseimbangam alam dalam memanfaatkan pohon, yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan baku produksi.

Tentang Kertas A6

Tentang Kertas A6

Kertas A6 merupakan bagian dari seri A yang telah memiliki lisensi International Organization for Standarization (ISO), yang berarti ukurannya sudah paten sama di seluruh negara. Standar ISO ini cukup penting agar kamu dapat menetapkan panjang dan lebar media kertas dengan tepat.

Karena bentuknya yang kecil, seri A6 pada umumnya dipakai untuk mencatat beragam informasi yang bersifat ringkas saja. Kertas A6 ini memang tidak terlalu populer seperti tipe lain, tetapi masih ada sebagian orang yang memanfaatkannya untuk keperluan sehari - hari.

Contoh penggunaan kertas A6 :

Kartu Pos

Kartu Pos merupakan selembar kertas berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk menulis dan pengiriman tanpa amplop. Saat ini, pemakaian kartu pos memang cukup jarang, karena tergerus oleh perkembangan zaman.

Sekedar menambah pengetahuan, bahwa kartu pos ini umumnya dibuat berdasarkan standar ukuran kertas A6. Walaupun, pada kenyataannya mungkin ada sedikit penyesuaian antara panjang dan lebar dari kartu tersebut.

Buku Memo

Buku Memo merupakan sekumpulan kertas polos berukuran kecil yang digunakan untuk menulis informasi singkat. Tujuan penggunaan hanya sekedar pengingat saja dan bersifat tidak resmi.

Buku memo ini banyak yang dibuat berdasarkan standar A6, karena ukurannya cukup ideal. Modelnya bermacam - macam, bisa kamu beli dengan harga terjangkau.

Nota atau Kuitansi

Nota atau kuitansi belanja merupakan bukti transaksi jual beli yang dilakukan secara tunai. Peran dari struk pembelian ini cukup penting karena menjadi dokumen pembayaran yang sah.

Dengan adanya kuitansi belanja, kita dapat melakukan klaim garansi, retur barang sesuai perjanjian atau dikumpulkan untuk memperoleh diskon tertentu. Nah, buku nota juga banyak yang dibuat dengan standar ukuran kertas A6.

Ukuran Kertas A6

Daftar Ukuran Kertas A6

Standarisasi kertas seri A berjumlah sebelas jenis diantaranya A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10. Setiap nomor dibelakang huruf A menjelaskan setengah ukuran dari angka sebelumnya.

Dengan demikian, bisa kita katakan bahwa ukuran kertas A6 ialah satu per dua (1/2) bagian dari A5. Di Indonesia sendiri satuan yang umum kita pakai yaitu centimeter. Tetapi, konversi ke metrik lain memang penting seperti milimeter, inchi, pica, point dan pixel.

Berikut standar ukuran kertas A6 dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
Milimeter105 mm148 mm
Centimeter10.50 cm14.80 cm
Inchi4.13 inc5.83 inc
Point298 pt420 pt
Pica24.80 pc34.96 pc

Nah, ada pula satuan pixel yang biasa digunakan oleh designer, menitikberatkan pada hasil pencetakan sesuai dengan resolusinya.

Berikut standar ukuran kertas A6 dalam satuan pixel :

SatuanLebarTinggi
A6 - 72 ppi298 px420 px
A6 - 150 ppi620 px874 px
A6 - 300 ppi1240 px1748 px
A6 - 600 ppi2480 px3508 px
A6 - 720 ppi2976 px4195 px
A6 - 1200 ppi4961 px6992 px

Nah, seperti itulah penjelasan dari ukuran kertas terutama seri A6 ini. Kamu dapat memilih salah satu satuan yang ada, sesuai dengan kebutuhan masing - masing.

Cara Cetak di Kertas A6

Cetak di Kertas A6

Mencetak di kertas A6 sangatlah mudah, pada dasarnya pengguna hanya perlu mengatur ukuran berikut batas tepi dari sebuah dokumen. Software komputer yang berfungsi untuk Editing tentunya telah menyediakan pilihan layout untuk A6 ini.

Perlu kamu ingat, satuan pixel sangat direkomendasikan apabila hendak mencetak sebuah gambar atau foto.

Berikut cara mencetak dokumen di kertas A6 :

  • Nyalakan perangkat komputer beserta printer milik kamu.
  • Masukan kertas A6 ke dalam mesin cetak.
  • Buka software editing dokumen atau foto sesuai dengan keperluan kamu.
  • Buka pengaturan pada software editing tersebut, sesuaikan "paper size" atau "canvas size" ke dalam ukuran A6.
  • Atus "margin" atau batas tepi sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Selesai, dokumen siap kamu cetak.

Kesimpulan

Dari informasi diatas, saya berharap semua pembaca dapat mengetahui lebih detail mengenai ukuran kertas A6 ini. Termasuk contoh penggunaan di lingkungan sehari - hari beserta cara mencetak dokumen tersebut.

Apalagi bila kamu bekerja atau mempunyai usahan percetakan, pengetahuan mengenai semua seri kertas sekaligus ukurannya sangatlah diperlukan. Guna memperlancar bisnis agar semakin berkembang dengan baik.

Demikian pembahasan untuk Ukuran Kertas A6 Dalam Berbagai Satuan Edisi 2020. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari konversi dari seri A6 ini.