Kertas B5

Baru: Daftar Ukuran Kertas B5 Dalam Berbagai Satuan

Sabiru
Sponsor

Ukuran Kertas B5 - Dalam industri percetakan, mereka memproduksi berbagai macam barang mulai dari HVS, Koran, Majalah, Buku, Nota, Brosur, Poster dan sebagainya. Semua itu dibuat dari bahan dasar bubur kertas.

Kita tidak dapat membayangkan bagaimana bentuk dunia ini tanpa adanya kertas. Sejarah panjang memang mengiringi perkembangan teknologi pembuatan "pulp" (bubur kertas). Hingga kini, masyarakat telah menerima dan merasakan manfaatnya sebagai media tulis.

Tahukah kamu, bahwa kertas itu ada banyak jenis, model dan ukurannya. Sehingga pengguna dapat menyesuaikan tipe kertas sesuai dengan kebutuhan masing - masing, entah untuk keperluan pribadi atau komersil .

Beberapa seri kertas telah tersertifikasi secara internasional dan sisanya mengacu pada standar lokal Amerika Utara serta Kanada. Kemudian muncul kertas seri A, B, C, F dan R. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai ukuran dari B5 saja.

Tentang Kertas B5

Tentang Kertas B5

Kertas seri B merupakan salah satu tipe yang telah mendapat kelayakan standar internasional berupa ISO 216. Badan International Organization for Standarization menetapkan beragam ukuran kertas termasuk untuk B5 ini.

Kertas seri "B" besarnya sekitar tengah - tengah diantara dua ukuran seri A, yang secara umum digunakan untuk poster dan lukisan dinding. Namun, di pasaran pemanfaatan nya tidak hanya sebatas kedua hal itu saja.

Fungsi dari kertas B5 ini mungkin tidak terlalu umum, karena biasanya dipakai untuk keperluan percetakan. Misalnya pembuatan amplop, sampul buku, passport dan lain - lain.

Berikut contoh penggunaan dimensi kertas B5 dalam kehidupan sehari - hari :

  • Binder, sebuah buku kecil yang dibuat dengan sampul berbahan keras (hard cover) yang mempunyai sekat - sekat, berguna untuk memisahkan catatan berdasarkan kategorinya. Sering disebut juga "Agenda" atau "Diary".
  • Buku Tulis, beberapa jenis buku tulis ada yang memanfaatkan dimensi ukuran kertas B5 ini, modelnya juga bervariasi dan kamu bisa membeli bermacam - macam buku B5 di toko favorit.

Kertas B5 memiliki karekateristik yang tebal, sehingga tidak mudah sobek. Kurang lebih mirip karton serta cocok bagi kalangan professional.

Ukuran Kertas B5

Ukuran Kertas B5

Ukuran kertas merupakan perhitungan luas dimensi dari lebar dan tinggi sebuah media. Agar mudah menentukannya, kita perlu mempresentasikan kertas itu dalam posisi berdiri (potrait).

Keras B5 merupakan salah satu jenis dari seri "B" yang memiliki keseragaman internasional yaitu ISO 216. Tersedia dalam beberapa satuan seperti milimeter, centimeter, inchi dan pixel.

Berikut ukuran kertas B5 dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
milimeter176 mm250 mm
centimeter17.6 cm25 cm
inchi6.93 in9.84 in
pica41.57 pc59.06 pc
point499 pt709 pt
pixel - 300ppi2079 px2953 px

Masyarakat Indonesia lebih populer memakai satuan centimeter dalam metode pengukuran sehari - hari. Jadi, jangan lupa untuk mengubah satuannya terlebih dahulu di software editing ke "cm".

Pixel merupakan satuan yang cocok untuk proses photo editing, agar hasil pencetakan lebih tajam. Ukuran akan berbeda tergantung resolusi yang digunakan, biasanya 300ppi sudah cukup.

Cara Setting Kertas B5

Setting Ukuran Kertas B5

Sebagian besar software editing dokumen maupun foto biasanya telah menyediakan beberapa ukuran kertas seri A, B, C, Legal, Letter, Tablod, Long Bond dan sebagainya. Tetapi, terkadang ada saja seri tertentu yang tidak tercantum pada aplikasi editor tersebut.

Oleh karena itu, kita perlu melakukan pengaturan ukuran kertas B5 secara manual. Dengan cara memasukan angka panjang dan tinggi yang sudah ditentukan standarisasinya.

Berikut beberapa software editing untuk mengatur ukuran kertas :

  • Microsoft Office
  • WPS Office
  • Libre Office
  • Only Office
  • Google Docs
  • Adobe Photoshop
  • Adobe Illustrator
  • Corel Draw
  • Corel PainShop Pro
  • Gimp
  • Inkscape
  • Scribus

Cara mengatur ukuran kertas b5 tidak perlu saya jelaskan satu - persatu untuk setiap software diatas. Karena, pada prinsipnya sama yaitu kita hanya perlu masuk menu "Page Style" kemudian masukan nilai kertas pada "Paper Size".

Kesimpulan

Apabila kamu terjun dan bekerja di percetakan, sangat perlu sekali untuk memahami beragam jenis kertas beserta ukurannya. Pengetahuan akan produk dapat mengantar penggunanya menuju kesuksesan, ditandai dengan terjualnya beragam barang.

Nah, badan internasional membantu menetapkan dimensi kertas melalui lisensi ISO agar seragam di seluruh negara. Hal ini mempermudah pelaku industri untuk memproduksi kertas yang berkualitas.

Ukuran kertas B5 menjadi salah satu tipe yang tercantum di dalam standar ISO 216. Selain itu, pemanfaatannya memang jarang hanya untuk kalangan professional dan percetakan saja.

Demikin pembahasan singkat mengenai Ukuran Kertas B5 Dalam Berbagai Satuan. Semoga bisa menambah wawasan kamu di bidang penerbitan ataupun pendidikan.