Ukuran Kertas A3

Ukuran Kertas A3 dan A3 Plus Dalam Berbagai Satuan

Sabiru
Sponsor

Ukuran Kertas A3 - Kalangan pelajar, pegawai kantor maupun percetakan tentunya sudah familiar dengan kertas seri A, mengingat jenis ini paling banyak digunakan untuk beragam keperluan. Dimensinya telah di standarisasi internasional mulai dari A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9 dan A10.

Dengan adanya standar ISO tersebut, semua pihak akan mempunyai dasar yang sama terhadap satuan dan ketebalan dari sebuah kertas. Dengan demikian, dimanapun kita membeli salah satu jenis kertas seri A maka kualitas maupun ukuran nya akan sama.

Hadirnya printer tentu membawa angin segar bagi dunia percetakan, dimana hampir semua komponen masyarakat telah dapat mencetak dokumen dengan biaya yang murah. Kemajuan teknologi seperti ini membuat konsumsi kertas meningkat setiap tahunnya.

Seri A3 menjadi salah satu dimensi yang cukup populer, namun masih saja ada sebagian orang yang belum tahu bagaimana bentuk dan ukuran kertas A3 ini. Yuk, simak pembahasan selengkapnya!

Tentang Kertas A3

Tentang Kertas A3

Kertas A3 merupakan bagian dari seri A dengan standar internsional ISO 216, yang biasa dipergunakan untuk umum, perkantoran dan penerbitan. Sistem ISO 216 ini dirancang sedemikian rupa sehingga rasio aspeknya akan sama untuk semua ukuran kertas seri A, B dan C.

Kertas ukuran A3 juga sering dipakai oleh notaris, arsitek, desainer, pelajar dan karwayan perusahaan. Dimensinya tepat dua kali lipat dari A4, cukup besar memang.

Berikut beberapa penggunaan dari kertas A3 :

Media Desain

Dengan ukurannya yang begitu ideal, kertas A3 merupakan pilihan tepat dijadikan sebagai media desain oleh kalangan profesional. Kompetisi menggambar juga seringkali menggunakan seri A3 ini.

Kertas A3 memang paling pas, tidak terlalu besar atau kecil. Jadi, bila kamu memiliki pekerjaan atau hobi dibidang desain grafis, jangan ragu untuk memakainya sebagai media dalam menuangkan kreativitas.

Perkantoran

Beragam keperluan perkantoran juga ada yang memakai dasar ukuran kertas A3 seperti agenda, map perusahaan, brosur, laporan keuangan dan buku meeting. Oiya, seri A3 terkadang dipakai untuk media fotocopy dokumen.

Selain itu, salah satu printer merk epson dengan tipe tertentu telah mendukung pencetakan dengan kertas A3. Tak heran bila jumlah konsumsi kertas seri ini cukup banyak.

Media Cetak Selebaran

Ukuran kertas A3 mampu menunjukan gambar maupun tulisan dengan detail yang jelas. Dimensinya cocok bila dimanfaatkan untuk mencetak selebaran, brosur, foto kampanye dan sebagainya.

Perlu kamu perhatikan bahwa menerbitkan selebaran sebaiknya memakai perangkat percetakan yang memadai agar hasilnya lebih maksimal.

Ukuran Kertas A3 dan A3+

Daftar Ukuran Kertas A3

Ukuran kertas merupakan dimensi yang telah ditetapkan secara internasional, untuk memudahkan setiap orang. Seri A3 ini terbagi menjadi dua yaitu A3 biasa dan A3 plus.

Seperti yang kita ketahui bahwa menghitung serta mengingat suatu ukuran bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, saya menyediakan tabelnya dituangkan dalam berbagai satuan.

Berikut ukuran kertas A3 dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
milimeter297420
centimeter29,742,0
inchi11,6916,54
point841,851190,55

Berikut ukuran kertas A3 dalam satuan pixel :

SatuanLebarTinggi
A3 - 72 ppi8421911
A3 - 150 ppi17542480
A3 - 300 ppi35084960
A3 - 600 ppi70169920
A3 - 1200 ppi1403219842

Dimensi kertas A3+ sedikit lebih tinggi daripada A3, biasa digunakan untuk keperluan seperti art paper, art cartoon, stiker, dan sebagainya. Hadir seiring dengan perkembangan teknologi printing laser berskala bisnis.

Berikut ukuran kertas A3+ dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
milimeter329483
centimeter32,948,3
inchi12,919
point932,71369,3

Printer laser kelas bisnis yang memakai ukuran A3 memang memiliki pewarnaan yang hampir sama dengan Mesin Cetak Offset. Namun dari sisi harga masih cukup mahal dibandingkan mencetak sendiri.

Cara Cetak di Kertas A3

Cetak di Kertas A3

Standar kertas yang telah ditetapkan secara internasional dan amerika utara pada umumnya telah tercantum dalam komputer. Pengguna tidak perlu lagi mengukur secara manual, tetapi "opsi" memilih dokumen custom juga memang tersedia.

Pengaturan pada ukuran dokumen sekaligus batas tepi (margin) memang diperlukan, agar hasil print lebih rapi dan tidak terpotong.

Berikut cara mencetak pada kertas A3 di komputer :

  • Buka salah satu software Office atau Desain Grafis sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Atur "Paper Size" dan "Margin" secukupnya (khusus dokumen atau kanvas dengan satuan pixel harap memperhatikan Ppi).
  • Nyalakan printer merk apa saja, masukan kertas A3.
  • Dokumen siap untuk dicetak.

Khusus penggunaan fotocopy dan printing dokumen ukuran A3, sebaiknya kamu memilih merk berkualitas dengan Gramasi sekitar 70 GSM.

Berikut beberapa merk kertas A3 populer :

  • Paper One A3 - 70 GSM
  • Sidu A3 - 70 GSM
  • Bola Dunia A3 - 70 GSM

Kesimpulan

Kertas seri A3 dan A3+ paling banyak digunakan oleh percetakan skala bisnis. Ukuran jenis ini dianggap paling ideal yang mampu menampilkan teks dan gambar secara jelas.

Konversi satuan yang sering di pakai yaitu mm, cm, inc dan pixel. Khusus desain grafis umumnya hanya memakai pixel dengan memperhatika resolusi printing (ppi).

Demikian pembahasan mengenai Ukuran Kertas A3 dan A3+ Dalam Berbagai Satuan. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang berencana memakai rasio seri A3 ini.