Ukuran Kertas A5

Ukuran Kertas A5 Dalam Berbagai Satuan Edisi 2020

Sabiru
Sponsor

Ukuran Kertas A5 - Bisnis penerbitan dan percetakan masih sangat menggiurkan ditengah era digitalisasi saat ini. Karena tidak semua informasi harus dalam bentuk digital, ada kalanya beragam konten memang lebih pas bila diterapkan ke versi media cetak.

Kertas menjadi bahan yang paling berharga sejak ditemukan dalam sejarah perkembangan teknologi. Hingga mampu mengubah gaya hidup dan perekonomian masyarakat di seluruh dunia.

Kini, kita bisa melihat banyak buku tulis, kamus, komik, notes, poster, selebaran dan berbagai kotak boks barang. Semuanya dibuat dari bahan dasar bubur kertas. Tahukah kamu bahwa ukuran kertas telah dilakukan standarisasi internasional (ISO)?

Secara global ada beberapa tipe kertas diantaranya seri A, B, C, R dan F. Ukuran kertas A5 merupakan salah satu hasil dari kesepakatan standar ISO 216 yang sampai sekarang digunakan.

Tentang Kertas A5

Tentang Kertas A5

Dalam kehidupan sehari - hari, sebenarnya kamu sering melihat beragam barang yang berukuran kertas A5. Jumlah konsumsi dan penggunaan produk dengan dasar ukuran A5 tergolong besar, hampir menyamai A4.

Berikut beberapa contoh pemanfaatan ukuran kertas A5 :

Buku

Buku merupakan sekumpulan kertas yang dijilid menjadi satu yang berisi tulisan, gambar atau tempelan. Pada awal kehadirannya, tidak ada nama penulis pada cover depan, karena hanya dianggap sebagai bagian dari seni untuk menarik pelanggan.

Zaman dahulu cover buku tersebut dikemas dengan nilai seni tinggi dari bahan kulit bahkan emas. Produksi buku terus mengalami perkembangan hingga saat ini, mulai dari bahan dasar pembuatan sampai ukuran standarnya.

Kabarnya, Islandia menjadi negara yang paling "kutu buku" di dunia. Peredaran buku tulis, ilmiah, novel, kamus dan sebagainya, kebanyakan memakai standar ukuran kertas A5.

Agenda

Agenda merupakan buku kecil yang dirancang mudah dibawa kemana - mana, biasanya dibuat dengan standar ukuran kertas A5. Seringkali dipakai untuk keperluan pribadi seperti menulis catatan ringkas, kode nomor telepon atau "diary".

Agenda sering disebut juga binder atau notebook, tersedia di toko ATK (alat tulis kantor) terdekat. Selain itu, bagi kamu yang lebih suka belanja online, bisa membelinya di e-commerce.

Kalender

Kalender merupakan sebuah sistem untuk memberikan nama pada periode waktu seperti hari, tanggal, bulan dan tahun. Metode penanggalan sendiri mempunyai sejarah yang panjang hingga akhirnya ditemukan kalender masehi.

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan sistem penanggalan masehi ini, dimana banyak sekali manfaat yang bisa kita raih. Karyawan dan pemerindahan selalu menunggu tanggal gajian, libur dan cuti.

Para pelajar seringkali menghitung kapan tanggal ujian dimulai, waktu libur sekolah atau masuk perguruan tinggi. Nah, bentuk penanggalan sendiri terbagi menjadi dua yaitu kalender dinding dan duduk.

Khusus untuk kalender duduk biasanya dibuat berdasarkan standar ukuran kertas A5. Karena memang cukup ideal, tidak terlalu besar ataupun kecil.

Brosur

Brosur merupakan dokumen yang memuat informasi suatu produk, layanan, fasilitas atau profil lembaga, ditulis dalam bahasa ringkas agar mudah dipahami dalam waktu singkat. Kamu tentunya pernah melihat orang lain yang membagikan selebaran tertentu.

Brosur atau pamflet bersifat portable, umumnya dicetak dengan dasar ukuran kertas A5. Mudah dibawa kemanapun untuk disebarkan sesuai dengan tujuannya.

Ukuran Kertas A5

Ini Ukuran Kertas A5

Kertas seri A memiliki sebelas jenis mulai dari A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8 A9, dan, A10. Dimana setiap angka setelah huruf A menerangkan setengah ukuran dari angka sebelumnya (contoh A1 = 1/2 dari A0).

Kertas A4 yang dilipat menjadi dua bagian sama persis akan menjadi ukuran A5. ISO merupakan sebuah organisasi yang mengatur standarisasi berbagai hal agar setiap orang atau lembaga memiliki keseragaman persepsi.

Salah satu hasil kesepakatan dari ISO yaitu ukuran kertas seri A termasuk A5. Dengan demikian, pihak percetakan akan memiliki hitungan yang sama mengenai panjang dan lebar setiap seri-nya.

Berikut standar ukuran kertas A5 dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
Milimeter148 mm210 mm
Centimeter14,80 cm21 cm
Inchi5,83 inc8,27 inc
Pica34,96 pc49,61 pc
Point420 pt595 pt

Bagi para desainer, pixel merupakan ukuran yang umumnya menjadi patokan dalam pembuatan sebuah karya. Satuan pixel ini, merepresentasikan titik terkecil dalam sebuah gambar yang dihitung per inci.

Berikut standar ukuran kertas A5 dalam satuan pixel :

Satuan PixelLebarTinggi
A5 - 72 ppi420 px595 px
A5 - 150 ppi874 px1240 px
A5 - 300 ppi1748 px2480 px
A5 - 600 ppi3508 px4960 px
A5 - 1200 ppi6992 px9921 px

Nah, itulah gambaran mengenai ukuran kertas seri A5 yang di konversi ke berbagai satuan. Kamu bisa memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan masing - masing.

Cara Cetak di Kertas A5

Cetak di Kertas A5

Software editing dokumen dan grafis telah menyediakan ukuran pasti dari kertas A5 ini. Pengguna hanya perlu melakukan sedikit pengaturan pada bagian "layout" saja.

Jangan lupa pula menentukan batas margin pada setiap sisinya, agar hasil pencetakan tidak terpotong. Dalam kondisi tertentu, batas tepi terkadang tidak diperlukan pada saat printing foto.

Berikut panduan dasar mencetak di kertas A5 :

  • Nyalakan perangkat komputer atau laptop milik kamu.
  • Buka salah satu software editing misalnya Ms. Office, Libre Office, WPS Office, Corel Draw, Gimp, Adobe Photoshop dan sebagainya.
  • Masuk ke pengaturan dokumen atau canvas, kemudian atur "paper size" atau "canvas size" ke dalam ukuran A5.
  • Setelah itu, lakukan pengaturan terhadap margin atau batas tepi apabila diperlukan.
  • Nyalakan printer, maka dokumen siap kamu cetak.

Kesimpulan

Produk yang dibuat dengan standar ukuran kertas A5 kerap kali kita temui dalam kehidupan sehari - hari. Apalagi kalangan pelajar dan mahasiswa seringkali memanfaatkannya untuk mendukung kegiatan belajar meraka.

Konversi satuan yang umum dipakai yaitu mm, cm, inc, pica, point dan pixel. Demikian pembahasan mengenai standarisasi dari kertas seri A terutama A5 ini. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Sabiru.