Ukuran Kertas A1

Ukuran Kertas A1 Dalam Berbagai Satuan Edisi 2020

Sabiru
Sponsor

Ukuran Kertas A1 - Bagi kamu yang terjun di dunia percetakan, pengetahuan mengenai mesin cetak, komputer dan beragam jenis kertas tentunya harus dikuasai, baik sebagai karyawan atau pelaku usaha. Karena tanpa ilmu, mustahil bisnis akan berjalan dengan lancar.

Percetakan merupakan suatu proses industri untuk memproduksi tulisan maupun gambar secara massal, dengan memanfaatkan kertas sebagai medianya. Dalam prakteknya, International Organization for Sandarization (ISO) menetapkan sebuah aturan pasti mengenai berbagai tipe kertas beserta ukurannya.

Standarisasi ini sangatlah penting agar setiap negara di dunia mempunyai pemikiran yang seragam mengenai panjang, lebar dan berat kertas. Dengan demikian, pelaku usaha atau industri percetakan tinggal menerapkan saja dalam kegiatan produksi.

Hasil dari kesepakatan ISO menetapkan beberapa standar kertas diantaranya seri A, B, C, F dan R. Dengan demikian, dimanapun kamu berada maka ukuran dan jenis kertas akan sama untuk setiap serinya.

Tentang Kertas A1

Tentang Kertas A1

Tahukah kamu bahwa kertas A1 merupakan bagian dari seri "A" yang memiliki sebelas ukuran yaitu A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10. Dimana secara resmi lebar dan tingginya telah diputuskan melalui standar ISO 216.

Kertas seri A ini paling populer di seluruh dunia, karena cukup ideal digunakan oleh kalangan profesional. Namun, khusus tipe A1 memang jarang dan hanya bermanfaat untuk kepentingan tertentu saja.

Berikut contoh penggunaan kertas ukuran A1 :

Surat Kabar

Surat kabar biasa disebut juga "Koran", merupakan sebuah penerbitan ringan yang dituangkan ke dalam kertas, berisi berita - berita terkini dalam beragam topik. Ukurannya memakai standar kertas A1, cukup ideal karena tulisan dan gambar akan terlihat jelas.

Berikut beberapa surat kabar terkenal di Indonesia :

  • Jawa Pos
  • Sindonews
  • Kompas
  • Pikiran Rakyat

Biaya pembuatan kertas koran relatif rendah karena tidak mengutamakan kualitas. Bobotnya tipis dan sedikit buram, sehingga mudah untuk di daur ulang atau dibuat pembungkus barang.

Surat kabar sendiri seringkali terbit setiap hari, di era digital saat ini masih tetap eksis. Terutama perkantoran dan pemerintahan cenderung berlangganan setiap bulannya.

Poster

Pengertian dari poster ialah sebuah desain publikasi yang memuat gambar, tulisan atau kombinasi keduanya. Biasanya bersifat periklanan baik yang bertipe indoor maupun outdoor.

Poster ini pada umumnya memakai standar ukuran kertas A1, dengan dimensi yang besar tersebut maka informasi yang tersampaikan cukup jelas.

Art Design

Sebagian orang memakai kertas dengan dimensi A1 untuk membuat "Art Design" atau seni lukis. Dimana beratnya cukup tebal antara 85 gram sampai dengan 300 gram.

Kertas dengan berat 160 gram keatas dinamakan juga sebagai "ketebalan kartu". Terkadang pengguna memotong kertas A1 karton menjadi lebih kecil untuk dijadikan cover atau sampul depan.

Ukuran Kertas A1

Daftar Ukuran Kertas A1

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa dengan ketetapan standar ISO, maka kertas A1 ukuran nya akan sama dimanapun kamu berada. Yang membedakan hanyalah koversi satuannya saja seperti milimeter, centimeter, inchi, pica, point dan pixel.

Kertas A1 memiliki dimensi yang cukup besar yaitu hampir 1 meter, analogi simpel sekitar besaran surat kabar atau koran. Jadi, sudah terbayang kan perkiraan panjang dan lebarnya.

Berikut ukuran kertas A1 dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
milimeter594 mm841 mm
centimeter59.4 cm84.1 cm
inchi23.39 inc33.11 inc
point1684 pt2384 pt
pica140.3 pc298.6 pc

Berbicara mengenai satuan kertas tentu banyak ragamnya, media kertas ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari - hari. Baik itu untuk keperluan pribadi, pekerjaan maupun bisnis.

Berikut ukuran kertas A1 dalam satuan pixel :

ResolusiLebarTinggi
A1 - 72 ppi1684 px2384 px
A1 - 150 ppi3508 px4967 px
A1 - 300 ppi7016 px9933 px
A1 - 600 ppi14043 px19866 px
A1 - 1200 ppi28066 px30732 px

Ukuran kertas A1 juga bisa kamu peroleh dengan berpedoman pada satuan pixel. Teknik ini biasanya dibutuhkan ketika proses editing digital dengan bantuan software komputer.

Kesimpulan

Kertas A1 ini memang jarang digunakan secara pribadi, karena lebih diperuntukan untuk penerbitan bisnis. Hanya pelaku usaha yang cenderung memanfaatkan dimensi A1 tersebut.

Beberapa contoh penerapan ukuran kertas A1 dalam kehidupan sehari hari diantaranya Koran, Poster, dan Lukisan. Semuanya memiliki potensi komersil yang menikiberatkan benefit bagi pengusaha.

Demikian pembahasan singkat mengenai Ukuran Kertas A1 Dalam Berbagai Satuan. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kamu yang terjun di dunia penerbitan.