Ukuran Kertas HVS Terbaru

Ukuran Kertas HVS Dalam Berbagai Satuan Edisi 2021

Sabiru
Sponsor

Mengenal ukuran kertas HVS yang mungkin belum kita ketahui. Tahukah kamu mengenai sebuah benda tipis, lentur dan mudah ditekuk yang bermana "kertas"? Ternyata benda ini memiliki nilai manfaat tinggi sejak pertama kali ditemukan.

Kertas menjadi kebutuhan primer dalam berbagai aspek kehidupan mulai dari pendidikan, pemerintahan, perkantoran, dan sektor wirausaha. Tak dapat dibayangkan bagaimana jadinya dunia ini tanpa media kertas tersebut.

Memang, belum jelas asal usulnya mengenai pertama kali kertas ditemukan dimana dan oleh siapa. Namun, dalam sejarah panjang kertas ini terus berkembang ke dalam berbagai ukuran dan beratnya.

Hingga saat ini telah ada lembaga khusus yang menetapkan standarisasi ukuran kertas di dunia. Kita mengenalnya dengan sebutan International Organization For Standarization (ISO), beranggotakan negara - negara dari seluruh wilayah bumi.

Ada banyak jenis kertas populer diantaranya HVS, manila, duplex, buffalo, fancy, jasmin dan sebagainya. Semua itu mempunyai fungsi yang berbeda - beda, tidak hanya untuk menulis saja.

Kamu bisa memanfaatkan kertas untuk keperluan menggambar, mencetak, mengcopy, menulis dan membuat barang jenis lain. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang ukuran kertas HVS saja.

Tentang Kertas HVS

Tentang Kertas HVS

Kertas HVS terbilang paling populer jika dibandingkan dengan seri lainnya. Kertas ini dibuat dari pulp yang tidak mengandung perekat antar serat di dalam pohon (lignin), sehingga tidak berubah warna menjadi kekuningaan saat berada di bawah sinar matahari ataupun lampu.

Penamaan HVS konon berasal dari bahasa Belanda yang berarti bebas dari serat kayu. Memiliki beragam ukuran dan berat yang berbeda - beda, serta mudah ditemukan pada toko percetakan, alat tulis atau online shop.

Pada saat dipegang, tekstur kertas HVS ini begitu halus, putih dan bersih. Sering digunakan untuk beragam keperluan seperti membuat laporan kerja, tugas sekolah, media fotocopy atau cetak dokumen, dan bahan pembuatan buku.

Berikut bobot atau berat kertas HVS yang beredar di pasaran :

  • 60 gsm, tipis tetapi masih stabil ketika dipakai untuk berbagai keperluan.
  • 70 gsm, standar terbaik dengan ketebalan yang pas.
  • 80 gsm, lebih tebal dan bagus tetapi harga sedikit mahal

Pada saat kamu akan membeli kertas HVS, sebaiknya perhatikan juga berat yang tertera pada dus. Usahakan hanya memilih kertas dengan bobot minimal 70 gsm saja.

Ukuran Kertas HVS

Ukuran Kertas HVS

Seperti yang sudah saya informasikan sebelumnya bahwa ukuran kertas HVS terbagi menjadi beberapa macam. Kertas jenis ini paling umum dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dan tersedia di toko terdekat.

Kertas HVS A3

Kertas HVS A3 termasuk bagian dari seri "A" dengan standar internasional ISO 216. Cenderung dipakai untuk penggunaan media desain, media cetak dan perkantora.

Berikut ukuran kertas HVS A3 dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
milimeter297 mm420 mm
centimeter29.7 cm42 cm
inchi11.69 in16.54 in
point841.85 pt1190.55 pt

Kertas HVS A4

Kertas HVS A4 sangat populer di seluruh dunia, menjadi satu - satunya seri yang terkenal hingga saat ini. Konsumsi kertas jenis ini paling banyak tidak hanya Indonesia saja. Dimensinya memang paling ideal untuk dipakai beragam kebutuhan.

Berikut ukuran kertas HVS A4 dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
milimeter210 mm297 mm
centimeter21 cm29.7 cm
inchi8.27 in11.9in
pica49.61 pc70.16 pc
point595 pt842 pt

Kertas HVS F4

Kertas HVS F4 atau biasa disebut "Folio" dibuat secara De Facto berdasarkan ukuran kertas A4 dengan dimensi yang sedikit lebih panjang. Seri ini tergolong populer di Asia Tenggara terutama negara Indonesia dan Filipina.

Berikut ukuran kertas HVS F4 dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
milimeter210 mm330 mm
centimeter21 cm33 cm
inchi8.27 in12.99 in
pica49.61pc77.95 pc
point595 pt935 pt

Kertas HVS B5

Kertas HVS B5 merupakan bagian dari seri "B" yang memiliki standar internasional ISO 216. Penggunaan nya memang tidak terlalu umum, karena hanya diperlukan untuk keperluan percetakan saja.

Berikut ukuran kertas HVS B5 dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
milimeter176 mm250 mm
centimeter17.6 cm25 cm
inchi6.93 in9.84 in
pica41.57 pc59.06 pc
point499 pt709 pt

Kesimpulan

Jenis kertas HVS banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan. Pemanfaatannya cukup luas meliputi sektor pendidikan, perkantoran, pemerintahan dan percetakan.

Kertas HVS terdiri dari beberapa ukuran seperti A3, A4, F4 dan B5, dengan berat berkisar 60 gsm sampai 100 gsm. Pengukuran dimensi kertas bisa kamu implementasikan pada software editing dokumen.

Demikian pembahasan mengenai Ukuran Kertas HVS Dalam Berbagai Satuan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk semua sahabat Sabiru.