Ukuran Kertas A0

Ukuran Kertas A0 Dalam Berbagai Satuan Edisi 2020

Sabiru
Sponsor

Ukuran Kertas A0 - Informasi berupa gambar maupun tulisan dapat disampaikan melalui dua metode yaitu percetakan dan digital. Meskipun era digitalisasi konten tengah populer merambah hampir semua lini kehidupan, namun media cetak masih tumbuh subur hingga saat ini.

Dalam kehidupan sehari - hari, kita sering menggunakan segala sesuatu yang dibuat dari bahan dasar bubur kertas. Pelajar, karyawan kantor dan pelaku usaha tidak bisa lepas dari alat tulis serta berbagai barang dari olahan kertas tersebut.

Buku sering dipakai oleh semua orang yang menempuh pendidikan, kertas HVS mampu membantu karyawan kantor dalam setiap pekerjaannya. Selain itu, nota pembelian menjadi barang yang wajib disediakan oleh pelaku usaha.

Begitu pentingnya kertas membantu kehidupan manusia, mendorong perekonomian dan teknologi di seluruh dunia. Nah, pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan pengenai kertas A0 dan penggunaannya.

Tentang Kertas A0

Tentang Kertas A0

Kertas A0 merupakan bagian dari seri "A" yang dimensinya telah dipatenkan melalui standarisasi internasional ISO 216. Dengan demikian, setiap negara akan memiliki pandangan yang sama mengenai luas dan berat dari A0 ini.

Kertas seri "A" sendiri, terdiri dari sebelas bagian diantaranya mulai dari A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9 dan A10. Dimana penggunaan jenis tipe A ini termasuk yang paling banyak di dunia.

Berikut beberapa keunikan dari kertas A0 :

  • Ukuran kertas A0 paling besar dibandingkan dengan seri A lainnya.
  • Sering dijadikan bahan dasar untuk pembuatan kertas seri "A" lain yang berukuran lebih kecil.
  • Telah di patenkan melalui standarisasi internasional ISO 216.
  • Pemanfaatannya cenderung untuk keperluan komersial oleh industri percetakan atau penerbitan.

Kertas A0 pada umumnya jarang digunakan, hanya kalangan tertentu saja yang memanfaatkan seri ini seperti industri percetakan. Mengingat ukuran nya memang sangat besar.

Kertas A0 berfungsi sebagai bahan baku untuk pembuatan seri lain misalnya kertas A4 dan A5. Yang nantinya di potong menjadi ukuran yang lebih kecil.

Walaupun penggunaan A0 ini memang jarang, namun pemahaman mengenai beragam jenis kertas serta ukurannya sangat dibutuhkan oleh sebagian orang. Terutama mereka yang sedang menempuh pendidikan atau pelaku usaha penerbitan.

Ukuran Kertas A0

Daftar Ukuran Kertas A0

Ukuran kertas A0 merupakan luas dari media dengan perhitungan lebar di kali tinggi sebesar satu meter persegi. Konversi satuannya tergantung dari kebutuhan pengguna antara milimeter, centimeter, inchi, meter, pica, point dan pixel.

Lembaga International Organization for Standarization (ISO) menetapkan ukuran kertas A0 dengan rasio 1 m persegi. Menghasilkan sebelas jenis seri A yang sudah saya informasikan sebelumnya yaitu A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9 dan A10.

Dasar semua pengukuran seri "A" ialah A0, dimana setiap nomor dibelakang huruf menjelaskan setengah ukuran dari angka sebelumnya. Misalnya ukuran kertas A1 merupakan sebagian atau "1/2" dari A0.

Daftar ukuran kertas A0 dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
milimeter841 mm1189 mm
centimeter84.1 cm118.9 cm
inchi33.11 inc46.81 inc
meter0.8 m1.2 m
pica198.6 pc280.8 pc
point2384.2 pc3370.8 pc
pixel9933 px14043 px

Karena sudah memiliki lisensi internasional, ukuran kertas A0 ini akan sama dimanapun kamu berada. Yang membedakan hanyalah konversi satuan yang digunakan saja.

Kertas A0 di Komputer

Pada dasarnya, belum ada software editing di komputer yang langsung menyediakan ukuran kertas A0. Mungkin karena hanya orang tertentu saja yang membutuhkannya dan jarang diperlukan.

Oleh karena itu, bila ingin memakai kertas A0, pengguna harus melakukan pengaturan sendiri perihal lebar dan tinggi dokumen pada software yang sedang dipakai. Ukuran pastinya telah saya jelaskan pada tabel di atas bab sebelumnya.

Berikut contoh software editing dokumen :

Software desain cenderung memakai satuan pixel ketika mengatur ukuran dimensi canvas. Tujuannya agar hasil pencetakan terlihat lebih tajam dengan pewarnaan yang tidak pudar.

Berikut contoh siftware desain yang populer :

  • Corel Draw
  • Corel PainShop Pro
  • Adobe Illustrator
  • Adobe Photoshop
  • Gimp
  • Inkscape
  • Krita

Dasar pengaturan dokumen maupun kanvas pada software komputer ada di bagian "Paper Size" atau "Image Size", kemudian tentukan pula "Margim" apabila diperlukan. Saat ini, belum ada printer yang mampu mencetak di kertas A0.

Kesimpulan

Pada kertas seri "A", ukuran dimensi A0 dengan luas satu meter persegi menjadi dasar dalam penentuan jenis kertas lainnya. Selain itu, telah memiliki sertifikasi standar ISO 216 secara internasional.

Artinya dimanapun kamu berada, maka ukuran kertas A0 akan sama. Dalam akvtivitas sehari - hari, dimensi A0 ini memang jarang sekali digunakan, hanya terbatas pada industri percetakan saja.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Ukuran Kertas A0 Dalam Berbagai Satuan Edisi 2020. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi semua sahabat Sabiru.